PROFIL LULUSAN | DESKRIPSI PROFIL LULUSAN |
Pendidik Fisika | Memiliki pemahaman yang mendalam tentang fisika klasik dan modern serta teori pendidikan, termasuk pengembangan kurikulum dan pedagogi siswa. Mereka mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran fisika serta mengintegrasikan TIK untuk pengajaran yang inovatif. Mereka menunjukkan sikap religius, etis, dan semangat belajar sepanjang hayat serta berkontribusi dalam manajemen sekolah dan peningkatan kualitas pendidikan. |
Peneliti Muda | Melakukan dan mengomunikasikan penelitian ilmiah. Mereka memiliki pemahaman mendalam tentang fisika teoretis dan ilmu pendidikan serta menerapkan pengetahuan ini untuk mengatasi masalah dunia nyata. Mereka berkomitmen untuk belajar sepanjang hayat dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian mereka berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik pendidikan, menyelesaikan isu-isu kontemporer. |
Konsultan Pendidikan | Mahir dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui desain program dan manajemen sekolah. Mereka menerapkan pengetahuan mereka tentang pedagogi, kurikulum, dan kebijakan pendidikan untuk memberikan solusi strategis. Mereka memastikan penerapan prinsip-prinsip fisika secara praktis dengan mempertimbangkan aspek kesehatan dan keselamatan. Pendekatan mereka didasari oleh standar etika dan komitmen terhadap kesadaran lingkungan. |
Manajer Pendidikan | Memiliki keterampilan dalam mengelola institusi pendidikan, dengan fokus pada desain kurikulum, pengembangan staf, dan pengelolaan sumber daya. Mereka mengintegrasikan teknologi dan strategi inovatif untuk meningkatkan operasional sekolah dan kualitas pendidikan. Mereka menunjukkan nilai-nilai etis yang kuat, kesadaran lingkungan, dan komitmen untuk belajar sepanjang hayat, menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan dinamis. |
Kategori | CPL | Deskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan |
Sikap | CPL1 | Menunjukkan sikap religius, semangat kebangsaan, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, serta bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dan profesi, dengan sikap pembelajar sepanjang hayat. |
Pengetahuan | CPL2 | Menguasai konsep teoretis fisika klasik dan modern. |
 | CPL3 | Menguasai konsep dasar dan teori pendidikan, termasuk kurikulum, perkembangan peserta didik, pedagogi, teori belajar, standar pendidikan, hakikat ilmu pengetahuan, dan pemikiran ilmiah. |
Keterampilan Umum | CPL4 | Mampu merancang, melaksanakan, mengelola, dan mengevaluasi proses pembelajaran sesuai dengan teori dan konsep pedagogi, karakteristik serta kebutuhan peserta didik, dan tujuan pembelajaran. |
 | CPL5 | Mampu merancang, melaksanakan, dan mengomunikasikan penelitian secara lisan dan tulisan sesuai dengan prinsip ilmiah untuk menyelesaikan masalah baik secara individu maupun tim. |
 | CPL6 | Mampu menggunakan TIK untuk pengembangan diri dan pembelajaran fisika yang inovatif. |
 | CPL7 | Mampu merancang program untuk meningkatkan kualitas pendidikan, meningkatkan manajemen sekolah, menerapkan teknologi pendidikan, dan memberikan solusi atas isu kebijakan pendidikan. |
Keterampilan Khusus | CPL8 | Mampu menerapkan prinsip dan hukum fisika untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari dengan mempertimbangkan aspek kesehatan dan keselamatan. |