Nurul Kami Sani, S.Pd., M.Pd

Dosen Pendidikan Fisika

Identitas Diri

  • NIDN : 0018108904
  • Nama : Nurul Kami Sani,S.Pd.,M.Pd
  • Tempat & Tanggal Lahir : Palu, 18 Oktober 1989
  • Agama : Islam
  • Bidang Kehalian : 
  • Email : 
  • Status Dosen : Dosen Tetap PNS
  • Golongan/Pangkat : X
  • Jabatan Fungsional : Asisten Ahli

Riwayat Pendidikan

  • Pendidikan S1 : Pendidikan Fisika (Universitas Tadulako)
  • Pendidikan S2 : Pendidikan Fisika (Universitas Pendidikan Indonesia)

Fisika Dasar I

Thermodinamika

Statistik Pendidikan

Fisika Zat Padat

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Digital

Bahasa Inggris Profesi

Kewirausahaan

Statistik Pendidikan

Matematika Dasar

Pembelajaran Terpadu

Metodologi Penelitian

Scientific Project Learning: Bagaimana Model Pembelajaran Tersebut Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Siswa Terhadap Materi Fisika?

Co-author

Publish on Seminar Nasional Fisika Universitas Negeri Semarang

Pengembangan modul praktikum serli (discovery learning) untuk pembelajaran sains di sekolah dasar

 

Co-author

Pendidikan Dasar 7 (1), 53-64, 2020

The Influence Of Multimedia On Leaning Outcome In Social Studies Subject Of The Grade V Students At Sd Inpres Gunung Sari

Co-author

Jurnal Dikdas 8 (2), 47-57, 2020

Peningkatan Hasil Belajar Fisika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW Berbantuan Animasi Komputer pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 19 Palu

First-author

Jurnal Kreatif Online 8 (3), 2020

Pengembangan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili terhadap Nilai Karakter Cinta Tanah Air

Co-author

Jurnal Moral Kemasyarakatan 5 (2), 43-50, 2020

Pengembangan Metode Pembelajaran Blended e- Learning ViLCon pada Masa Pandemik Covid-19

Co-author

Jurnal Basicedu 5 (6), 6211-6217, 2021

Implementasi Model Pembelajaran Case Metodh Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa

Co-author

EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 8(2), 2022

Meningkatkan Hasil Belajar Mengunakan Model Problem Based Learnig (PBL) Dalam Pembelajaran Tematik Tema Selamatkan Mahluk Hidup

Co-author

Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 5 (1), 1219-1224, 2023

Application of the Guided Discovery Learning Model to Improve Student Learning Outcomes in Fractions Division Material

Co-author

Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA 11(2), 2023

The Impact of Elementary School Number Learning Module Based on Team-Based Project on Critical Thinking Ability

Co-author

Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA 11(3), 2023

The Effectiveness of VILCON'S Blended E-Learning Model in the Covid-19

Co-author

Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA 11(3), 2023

Analysis of Students Scientific Reasoning Ability and the Correlation to Students Cognitive Ability in Physics Learning

Co-author

Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9 (11), 10173-10179, 2023

Development of an Online Two-Tier Test to Explore Students' Conceptions on Objects in Static Fluid.

Co-author

Pegem Journal of Education and Instruction 14 (3), 361-373, 2024

Development of an Online Two-Tier Test on Objects in Static Fluid

Co-author

Pegem Journal of Education and Instruction 14 (3), 363-375, 2024

Pembinaan Kajian Kemuslimahan dan Pengajian Rutinan Pada Majelis Ta’lim Langaleso

Co-author

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa 2 (3), 787-791, 2024

Guided Inquiry Meets Audiovisual Media: Elevating Cognitive and Scientific Reasoning Skills

First-author

Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 7 (3), 1121-1130, 2024

The Critical Thinking Skills of Students Through Guided Inquiry Models in Elementary School

Co-author

Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 7 (3), 1142-1152, 2024

The Impact of Synectics Learning Model Implementation with Mind Mapping Assignments on Reducing Misconceptions and Enhancing Students' Cognitive Learning Outcomes

First-author

2025

Development of a Solar Thermal Power Generator Using Water Lens-Based Thermoelectric Technology

Co-author

2025

Pengembangan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

 

 

Paten

EC00202044332, 26 Oktober 2020

Link: https://drive.google.com/file/d/1av2e2uCWKcDB3sI_k4qVRlZLL7yEEJGt/view?usp=sharing

 

 

Granted

Panduan Model Pembelajaran Nobangan

Paten

EC00202156474, 21 Oktober 2021

Link : https://drive.google.com/file/d/1teCpABiGeGF4MwxXjXX8jLIkCpz7Y9-2/view?usp=sharing

Granted

Pengembangan Modul Praktikum Serli (Discovery Learning) Untuk Pembelajaran Sains Di Kelas VI Sekolah Dasar

Paten

EC00202119981, 15 April 2021

Link :

https://drive.google.com/file/d/15roKznrohkPE38Tj4rtP3iRI_KBIHz4G/view?usp=sharing

Granted

Modul Dilan : Kalor dan Perpindahannya

Paten

EC00202214492, 1 Maret 2022

Link :

https://drive.google.com/file/d/101Oe4lI9yogqA-SnlaSFT495SE5_50ID/view?usp=sharing

Granted

Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Materi Pengurangan Bulat Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD

Paten

EC00202340254, 31 Mei 2023

Link :

https://drive.google.com/file/d/1CqjRryNvUwFC6sNs0TUcvAGRazEoEaoo/view?usp=sharing

Granted

Instrumen Tes Keterampilan Berargumentasi

Paten

EC002024227789, 18 November 2024

Link :

https://drive.google.com/file/d/1xwS--GT_Hrt-adX0mZU9mWBW71W2z87P/view?usp=sharing

Granted

Modul Statistik Pendidikan

Paten

EC002024242327, 3 Desember 2024

Link : https://drive.google.com/file/d/10epsgBJ55xN2WUS4TbRnq4gAvRUg-6vL/view?usp=sharing

Granted

2020

Pengembangan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar (Anggota)

2021

Pengembangan Metode Pembelajaran Blended E-Learning ViLCon Pada Masa Pandemik Covid-19 Di Program Studi PGSD UNTAD (Anggota)

2022

Pengembangan Modul Pembelajaran Bilangan SD Berbasis Team Based Project terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi PGSD (Anggota)

2022

Implementasi Pembelajaran Case Methode Dan Team Based Project Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Mahasiswa (Anggota)

2022

Efektifitas Model Pembelajaran Blended E-Learning Vilcon Pada Masa Pandemik Covid-19 Di Program Studi Pgsd Untad (Anggota)

2023

Pengembangan Online Two-Tier Multiple-Choice Test Untuk Eksplorasi Model Mental Dan Pola Representasi Mahasiswa Tentang Benda Dalam Fluida Statis (Anggota)

2023

Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Di Kota Palu Dan Kabupaten Donggala (Anggota)

2024

The Influence Of Implementing The Synectics Learning Model With Mind Mapping Assignment On The Quantity Of Misconceptions And Improvement Of Cognitive Learning Outcomes For Students

2024

The Influence Of A Guided Inquiry Learning Model Based On Audio Visual Media To Improve Students’ Cognitive Abilities And Scientific Reasoning Skills

 

2020

Pendampingan Pembuatan RPS KKNI Berorientasi Kampus Merdeka Program Studi FKIP Untad.

2020

Penyuluhan Penataan Dan Konservasi Lingkungan

 

2021

Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Guru Sd Di Kecamatan Palu Timur Kota Palu

 

2022

Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Kinemaster dan Telepromter pada Guru SD Kecamatan Palu Utara Kota Palu

 

2023

Sosialisasi Penyembelihan Dan Pembagian Daging Qurban Di Rt.01 Kelurahan Tondo

2023

Sosialisasi Modul Pembelajaran Bilangan Bulat Berbasis Kontekstual Di Sekolah Dasa

2024

Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Matahari Berbasis Lensa Air Termoelektrik Di Smp Negeri 19 Palu