Dr. I Komang Werdhiana, M.Si

Dosen Pendidikan Fisika yang saat ini menjabat sebagai Kepala Pusat Penjaminan Mutu (PPM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako

Identitas Diri

  • NIDN : 0030036806
  • Nama : Dr. I Komang Werdhiana, M.Si
  • Tempat & Tanggal Lahir : Werdhi Agung, 30 Maret 1968
  • Agama : Hindu
  • Bidang Keahlian : Pendidikan IPA
  • Email : 
  • Status Dosen : Dosen Tetap PNS
  • Golongan/Pangkat : IV/a / Pembina
  • Jabatan Fungsional : Lektor Kepala

Riwayat Pendidikan

  • Pendidikan S1 : Pendidikan Fisika (IKIP Manado)
  • Pendidikan S2 : Fisika (Institut Teknologi Bandung)
  • Pendidikan S3 : Pendidikan IPA (Universitas Pendidikan Indonesia)
  • Fisika Dasar I
  • Mekanika
  • Listrik Magnet
  • Penilaian Pendidikan Fisika
  • Pengetahuan Bumi dan Antariksa
  • Asesmen Sains (S-2)

Perbandingan Hasil Tes Pemahaman Konsep dengan Hasil Tes Hitungan Fisika Siswa SMA

Media       Eksata, Jurnal Matematika    dan

Sains

2008

Hubungan Pemahaman Konsep Siswa dengan Kemampuannya dalam   Menyelesaikan   Soal

Hitungan

Media Eksata, Jurnal Matematika dan

Sains

2009

Pengembangan perangkat pembelajaran pemahaman konsep

Fisika Berbasis Kehidupan sehari- hari

Saintifika

Vol.14 No. 1,

2012

Penelusuran Budaya dan Teknologi Lokal Masyarakat Kaili dalam Rangka Mengembangkan Kurikulum

Media Eksakta Jurnal Matematika dan Sains

Vol. 8 No. 2,

2012

Sains Bermuatan Sains Tradisional

 

 

 

Pengembangan Perangkat Laboratorium Ipa Berbasis Energi Alternatif Untuk Sekolah Dasar Di Daerah Terpencil

 

Saintifika

Volume18, Nomor 1, 2016,

hlm. 47 – 58

Students’ Metacognition Skills in Physics Problem Solving Based on Epistemological Beliefs

First Indonesian Communication Forum of Teacher Training and Education Faculty Leaders International Conference on

Education 2017

Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 174

Students’ perceptions of learning processes in schools affected by earthquakes and liquefaction in

Central Sulawesi

Journal of Physics: Conference Series IOP Publishing

1434 (2020)

012022

Diagnosis and Remediation of Physics Students’ Difficulty through the Outdoor Student Remediation

Teaching (OSRT)

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi

Volume 9. Issue

2, 2020. 285-

293

The development of electrical energy conversion tools as learning media for the concept of energy

sources

Journal of Physics: Conference Series IOP Publishing

1760 (2021)

012051

Impacts of direct disaster experience on teachers’ knowledge, attitudes and perceptions of disaster risk reduction curriculum implementation in Central Sulawesi, Indonesia

International Journal of Disaster Risk Reduction

53 (2021)

101992

PENERAPAN PERANGKAT LABORATORIUM IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI DAERAH TERPENCIL

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online

volume 9,

nomor 3, pp. 12-

16, December

2021

Students’ External Representation Patterns of Suspending Objects in Static Fluid

European Journal of Educational Research

Volume 11,

Issue 2, 2022,

805 - 820

Pembelajaran dengan Team Based Project untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Merancang Eksperimen Fisika Berbasis Proyek

Jurnal Kreatif Online (JKO)

Vol 11, No.1, pp. 101-111, March 2023

Online Learning Using PhET Simulation Videos and Real Laboratory Videos

for Students' Understanding of the Hydrostatic Pressure Concept

Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika,

 

11(3), 402-416, 2023

The Influence of Problem-based Learning Models Assisted by Open-ended Worksheets on

Problem-solving Ability and Ability to Ask of Junior High School Students

International Journal of Education, Humaniora, and Social Studies

 

Vol. 1, No. 1, pp. 12-16, 2024

Design of Free Fall Experiment for Helping Students to Calculate Gravity Constant

The 2nd Young Scholar Symposium on Science and Mathematics Education, and Environment AIP Conf. Proc. 3058, 020020-1–020020-4; https://doi.org/10.1063/5.0200918 Published under an exclusive license by AIP Publishing. 978-0-7354-4919-0/$30.00

 

POT CERDAS

2022

Seni Terapan

EC002022106619,

15 Desember

2022/ 000422363

 

2009

Pengembangan perangkat pembelajaran pemahaman konsep fisika berbasis kehidupan sehari-

hari

2010

Penelusuran Budaya dan Teknologi Lokal dalam Rangka mengembangkan Kurikulum

2011

Pemetaan Kompetensi Hasil Ujian Nasional dan Model Pengembangan Mutu Pendidikan SMA di Kabupaten Buol dan Tolitoli Propinsi Sulawesi Tengah

2013

Alternatif Tekonologi Hybrid Untuk Mendukung Pembelajaran Sekolah Terpencil Di Sulawesi Tengah

2015

Pengembangan                   Perangkat Laboratorium IPA Berbasis Energi Alternatif Untuk Sekolah Dasar Di Daerah Terpencil (Tahun I)

2017

Pemahaman Mahasiswa Tentang Rangkaian Listrik Arus Searah Setelah Melakukan Eksperimen

2018

Implementasi                Perangkat Pembelajaran Audio Visual IPA Berbasis Energi Surya Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa SMP Di Daerah Tertinggal

2020

Pengaruh                 Pembelajaran Menggunakan Simulasi Phet Dan Peralatan Praktikum Sebenarnya Terhadap Pemahaman Siswa SMA Tentang Konsep Fisika

2022

Pembelajaran Dengan Tim Base Project Untuk Meningkatkan Kemampuan                Mahasiswa Merancang Eksperimen Fisika Berbasis Proyek

2024

MENILAI KINERJA MAHASISWA MERANCANG ALAT PERAGA DAN ESKPERIMEN FISIKA DALAM PEMBELAJAN TIM BASE PROJECT

2009

Instruktur pada Pendidikan dan Latihan Profesi Guru

2010

Instruktur        pada        pelatihan Menyusun Asesmen Autentik

 

 

2012

Implementasi Kegiatan Pendampingan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SMA di Kabupaten Buol dan Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah

2014

Pemberdayaan Masyarakat Miskin Desa Toboli Barat Kabupaten Parimo Melalui Kemandirian Energi Tenaga Surya

2015

Pemberdayaan Komunitas Adat Tertinggal Lereng Gunung Toposo Dusun Sisere Kabupaten Donggala Melalui Listrik Pikohidro

2019

Meningkatkan Kemampuan Guru IPA Membuat Bahan Ajar Berbasis Audiovisual Dan Hasil Belajar Siswa SMPN 12 Palu

2021

Meningkatkan Kemampuan Guru SDN Model Terpadu Madani Palu Membuat Bahan Ajar Berbasis Audiovisual

2022

Penyiraman Tetes (Drip Irigation) Pada Sekolah Berdampak Likuifaksi Di SMP 21 Petobo

2023

MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU SDN MODEL TERPADU MADANI PALU MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUAL