
Palu β Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako, melaksanakan Asesmen Lapangan (AL) sebagai bagian dari proses akreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dan dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Tadulako, Prof. Dr. Ir. Amar, S.T., M.T., IPU., ASEAN Eng., pada Selasa pagi (07 Agustus 2025).
Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan apresiasi kepada seluruh tim yang telah mempersiapkan proses akreditasi dengan maksimal. βAsesmen Lapangan ini merupakan momen penting untuk menunjukkan kualitas dan komitmen kita dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi yang unggul dan relevan dengan kebutuhan zaman,β ujarnya.
Pembukaan kegiatan juga dihadiri Dekan FKIP, Dr. Jamaludin, M.Si., serta Koordinator Program Studi Pendidikan Fisika, Dr. Haeruddin, M.Si. Kedua pimpinan fakultas dan prodi tersebut menegaskan kesiapan seluruh sivitas akademika dalam memberikan informasi dan bukti pendukung yang dibutuhkan oleh asesor.
LAMDIK menugaskan dua asesor untuk melakukan asesmen, yaitu Prof. Sukarmin, S.Pd., M.Si., Ph.D. sebagai Asesor 1, dan Prof. Dr. Lia Yuliati, M.Pd. sebagai Asesor 2. Keduanya memiliki pengalaman panjang dalam bidang pendidikan fisika dan pengelolaan mutu pendidikan tinggi.
Rangkaian asesmen dimulai pukul 08.00 WITA dengan sesi pembukaan, pengenalan panel asesor, serta penandatanganan pernyataan pelaksanaan AL. Dilanjutkan dengan sesi bersama Unit Pengelola Program Studi (UPPS) untuk mengonfirmasi rencana pengembangan, sistem tata pamong, dan capaian yang telah dilaporkan.
Sehari penuh, asesor mengadakan pertemuan terfokus dengan berbagai pihak, mulai dari Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPM), tim akreditasi, alumni, pengguna eksternal, tenaga kependidikan, hingga dosen. Mereka memverifikasi dokumen, memeriksa bukti capaian, dan mendengarkan masukan langsung dari para pemangku kepentingan.
Hari berikutnya, asesmen diawali dengan observasi proses pembelajaran di kelas, dilanjutkan sesi dengan mahasiswa untuk menilai keterlibatan, prestasi, dan tingkat kepuasan mereka terhadap layanan pendidikan. Tim asesor juga meninjau langsung sarana, prasarana, dan fasilitas pendukung yang dimiliki Program Studi Pendidikan Fisika.
Menjelang akhir kegiatan, asesor melakukan kerja mandiri untuk menyusun berita acara dan rekomendasi hasil akreditasi. Puncaknya, berita acara disampaikan kepada pimpinan universitas dan fakultas, disertai penandatanganan resmi.
Kegiatan ditutup dengan penyampaian umpan balik dari tim asesor. Mereka memberikan apresiasi atas sejumlah keunggulan yang dimiliki Program Studi Pendidikan Fisika sekaligus menyarankan beberapa langkah strategis untuk pengembangan ke depan.
Dengan selesainya Asesmen Lapangan ini, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan mutu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat demi mencetak lulusan yang kompeten, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan global.