RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATAKULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Belajar dan Pembelajaran
  • CPL3: Menguasai konsep dasar dan teori pendidikan, termasuk kurikulum, perkembangan peserta didik, pedagogi, teori belajar, standar pendidikan, hakikat ilmu pengetahuan, dan pemikiran ilmiah.
  • CPL4: Mampu merancang, melaksanakan, mengelola, dan mengevaluasi proses pembelajaran sesuai dengan teori dan konsep pedagogi, karakteristik serta kebutuhan peserta didik, dan tujuan pembelajaran.

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu menganalisis, menerapkan, dan mengkaji teori-teori belajar, prinsip pembelajaran, karakteristik peserta didik, serta pemanfaatan sumber belajar dalam merancang dan mengevaluasi proses pembelajaran yang efektif dan kontekstual.

  • Menjelaskan berbagai teori belajar seperti behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, humanisme, dan teori pengolahan informasi, serta implikasinya dalam pembelajaran.
  • Menganalisis asas dan prinsip belajar dan pembelajaran, serta berbagai faktor internal dan eksternal yang memengaruhinya.
  • Mengidentifikasi dan memanfaatkan berbagai sumber belajar, baik yang dirancang (desain) maupun tidak dirancang (non-desain), untuk mendukung proses pembelajaran.
  • Menganalisis berbagai praktik pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar dan prinsip pembelajaran yang sesuai dengan konteks dan karakteristik peserta didik.
  • Menjelaskan karakteristik internal peserta didik, termasuk aspek perkembangan kognitif, fisiologis, dan sosio-emosional, serta merancang pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik tersebut.
  • Melakukan analisis kasus-kasus pembelajaran untuk mengidentifikasi masalah dan merumuskan solusi pembelajaran yang tepat berdasarkan teori belajar dan karakteristik peserta didik.
  • Dr. Marungkil Pasaribu, M.Sc.
  • Muhammad Jarnawi, S. Pd, M.Pd

Mata kuliah Fisika Sekolah 1 adalah salah satu mata kuliah yang dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dasar dalam konsep-konsep fisika yang umum diajarkan di tingkat sekolah menengah (SMA). Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip dasar fisika serta kemampuan untuk mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam konteks pengajaran di tingkat sekolah

Baca Juga: Fisika Sekolah 1

1. Makna Belajar dan Pembelajaran
2. Azas dan prinsip Belajar dan Pembelajaran
3. Teori Belajar menurut pandangan behaviorisme landasan filosofisnya
4. Teori Belajar menurut pandangan kognitif dan landasan filosofisnya
5. Teori Belajar menurut pandangan konstruktivisme dan landasan filosofisnya
6. Teori Belajar menurut pandangan Humanisme dan landasan filosofisnya
7. Teori Gesalt dan Landasan Filosofisnya
8. Unsur dinamis belajar dan pembelajaran
9. Teori Pengolahan Informasi dalam Memori Manusia dan landasanfilosofisnya
10. Analisis Kasus Pembelajaran di Kelas

  1. Marungkil Pasaribu. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Palu, Untad Press 
  2. Mustadji. 2010. Pendekatan konstruktivistik. Surabaya. Unesa University Press 
  3. Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran Jakarta, Rineka Cipta 
  4. Bell Gredler, E. Margaret. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: CV. Rajawali 
  5. Degeng, I Nyoman Sudana. 1989. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variable. Jakarta 
  6. Sardiman. 2011. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

rtKemampuan yang Diharapkan (SUB-CPMK)PenilaianBentuk PembelajaranMetode PembelajaranPenugasan MahasiswaMateri PembelajaranBobot (%)
1Kontrak kuliah & pengenalan mata kuliahObservasi partisipasiTatap MukaDiskusi interaktifTidak adaKontrak kuliah
2–3Mampu menjelaskan konsep belajar dan pembelajaranTanya jawab, tugas analisisTatap Muka & DaringCeramah, diskusi, studi kasusMenyusun mind mapping konsep pembelajaranKonsep belajar dan pembelajaran5
4Mampu menganalisis teori belajar behavioristikTugas analisis dan presentasiTatap Muka & DaringCeramah, diskusi, presentasiAnalisis aplikasi teori behavioristikTeori belajar behavioristik5
5Mampu menganalisis teori belajar kognitifTugas analisis dan presentasiTatap Muka & DaringCeramah, diskusi, presentasiAnalisis aplikasi teori kognitifTeori belajar kognitif5
6Mampu menganalisis teori belajar konstruktivistikTugas analisis dan presentasiTatap Muka & DaringCeramah, diskusi, studi kasusMenganalisis peran aktif siswa dalam konstruktivismeTeori belajar konstruktivistik5
7Mampu menganalisis teori belajar humanistikTugas analisis dan presentasiTatap Muka & DaringCeramah, diskusi, presentasiStudi pustaka dan presentasi teori humanistikTeori belajar humanistik5
8UTSTesTes tertulisUjian Tengah Semester20
9Mampu menganalisis teori belajar GestaltTugas analisis dan presentasiTatap Muka & DaringCeramah, diskusiAnalisis fenomena belajar dengan pendekatan GestaltTeori belajar Gestalt5
10Mampu mengidentifikasi ciri, tujuan, dan unsur belajarTugas individuTatap Muka & DaringCeramah, diskusi, refleksiMenyusun refleksi pengalaman belajar pribadiCiri, tujuan, dan unsur dinamis belajar5
11–12Mampu menjelaskan motivasi dan evaluasi pembelajaranTugas observasi dan laporanTatap Muka & DaringCeramah, studi kasus, observasiObservasi motivasi dan evaluasi di kelasMotivasi belajar & evaluasi pembelajaran5
13–14Mampu menganalisis kasus pembelajaran menggunakan teori yang sesuaiTugas studi kasusTatap Muka & DaringDiskusi kelompok, presentasi kasusMenyusun laporan analisis peristiwa pembelajaranAnalisis kasus pembelajaran di kelas10
15–16UASTesTes tertulisUjian Akhir Semester30

Catatan :  

  1. Penilaian Sumatif: bertujuan untuk menilai pencapaian hasil belajar mahasiswa sebagai dasar penentuan kelulusan mata kuliah dan kelulusan program studi, dengan mengacu pada pemenuhan capaian pembelajaran lulusan (entuk ujian tertulis, ujian lisan, penilaian proyek, penilaian tugas, uji kompetensi, dan/atau bentuk penilaian lain yang sejenis)
  2. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  3. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  4. Bentuk pembelajaran: Kuliah; Responsi dan Tutorial; Seminar; Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan; Penelitian, Perancangan, atau Pengembangan; Pelatihan Militer; Pertukaran Pelajar; Magang; Wirasuaha; dan/atau bentuk lain Pengabdian Kepada Masyarakat.
  5. Metode Pembelajaran: Diskusi kelompok (Small Group Discussion), Simulasi (Role-Play & Simulation), Studi Kasus (Case Study), Pembelajaran kooperatif (Cooperative learning), Pembelajaran kolaboratif (Collaborative Learning), Pembelajaran Berbasis Projek (Project-based Learning), Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-based Learning) atau metode pembelajaran lainnya yang dapat secara efektif memfasilitasi pemenuhan capaian pembelajaran lulusan.
  6. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  7. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.