Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu menganalisis, menerapkan, dan mengkaji teori-teori belajar, prinsip pembelajaran, karakteristik peserta didik, serta pemanfaatan sumber belajar dalam merancang dan mengevaluasi proses pembelajaran yang efektif dan kontekstual.
–
Mata kuliah Fisika Sekolah 1 adalah salah satu mata kuliah yang dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dasar dalam konsep-konsep fisika yang umum diajarkan di tingkat sekolah menengah (SMA). Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip dasar fisika serta kemampuan untuk mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam konteks pengajaran di tingkat sekolah
1. Makna Belajar dan Pembelajaran
2. Azas dan prinsip Belajar dan Pembelajaran
3. Teori Belajar menurut pandangan behaviorisme landasan filosofisnya
4. Teori Belajar menurut pandangan kognitif dan landasan filosofisnya
5. Teori Belajar menurut pandangan konstruktivisme dan landasan filosofisnya
6. Teori Belajar menurut pandangan Humanisme dan landasan filosofisnya
7. Teori Gesalt dan Landasan Filosofisnya
8. Unsur dinamis belajar dan pembelajaran
9. Teori Pengolahan Informasi dalam Memori Manusia dan landasanfilosofisnya
10. Analisis Kasus Pembelajaran di Kelas
rt | Kemampuan yang Diharapkan (SUB-CPMK) | Penilaian | Bentuk Pembelajaran | Metode Pembelajaran | Penugasan Mahasiswa | Materi Pembelajaran | Bobot (%) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Kontrak kuliah & pengenalan mata kuliah | Observasi partisipasi | Tatap Muka | Diskusi interaktif | Tidak ada | Kontrak kuliah | – |
2–3 | Mampu menjelaskan konsep belajar dan pembelajaran | Tanya jawab, tugas analisis | Tatap Muka & Daring | Ceramah, diskusi, studi kasus | Menyusun mind mapping konsep pembelajaran | Konsep belajar dan pembelajaran | 5 |
4 | Mampu menganalisis teori belajar behavioristik | Tugas analisis dan presentasi | Tatap Muka & Daring | Ceramah, diskusi, presentasi | Analisis aplikasi teori behavioristik | Teori belajar behavioristik | 5 |
5 | Mampu menganalisis teori belajar kognitif | Tugas analisis dan presentasi | Tatap Muka & Daring | Ceramah, diskusi, presentasi | Analisis aplikasi teori kognitif | Teori belajar kognitif | 5 |
6 | Mampu menganalisis teori belajar konstruktivistik | Tugas analisis dan presentasi | Tatap Muka & Daring | Ceramah, diskusi, studi kasus | Menganalisis peran aktif siswa dalam konstruktivisme | Teori belajar konstruktivistik | 5 |
7 | Mampu menganalisis teori belajar humanistik | Tugas analisis dan presentasi | Tatap Muka & Daring | Ceramah, diskusi, presentasi | Studi pustaka dan presentasi teori humanistik | Teori belajar humanistik | 5 |
8 | – | UTS | Tes | Tes tertulis | – | Ujian Tengah Semester | 20 |
9 | Mampu menganalisis teori belajar Gestalt | Tugas analisis dan presentasi | Tatap Muka & Daring | Ceramah, diskusi | Analisis fenomena belajar dengan pendekatan Gestalt | Teori belajar Gestalt | 5 |
10 | Mampu mengidentifikasi ciri, tujuan, dan unsur belajar | Tugas individu | Tatap Muka & Daring | Ceramah, diskusi, refleksi | Menyusun refleksi pengalaman belajar pribadi | Ciri, tujuan, dan unsur dinamis belajar | 5 |
11–12 | Mampu menjelaskan motivasi dan evaluasi pembelajaran | Tugas observasi dan laporan | Tatap Muka & Daring | Ceramah, studi kasus, observasi | Observasi motivasi dan evaluasi di kelas | Motivasi belajar & evaluasi pembelajaran | 5 |
13–14 | Mampu menganalisis kasus pembelajaran menggunakan teori yang sesuai | Tugas studi kasus | Tatap Muka & Daring | Diskusi kelompok, presentasi kasus | Menyusun laporan analisis peristiwa pembelajaran | Analisis kasus pembelajaran di kelas | 10 |
15–16 | – | UAS | Tes | Tes tertulis | – | Ujian Akhir Semester | 30 |
Catatan :Â Â