CPMK 1: Mampu memahami konsep dasar biologi sebagai ilmu dasar untuk mempelajari hubungan antara organisme dan lingkungannya.
CPMK 2: Mampu menganalisis proses biologi pada tingkat seluler, organisme, dan ekosistem serta implementasinya dalam pengelolaan lingkungan.
CPMK 3: Mahasiswa mampu menerapkan konsep biologi dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah secara holistik
–
Mata kuliah Biologi Umum menganalisis berbagai konsep dan teori biologi tentang sejarah kehidupan yang mencakup Biologi sebagai sains dan ciri-ciri makhluk hidup; Tingkat organisasi kehidupan, membahas tentang Hirarkhi kehidupan (atom, molekul, senyawa, organel, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, biosphere); Biologi Sel membahas tentang organisasi dan fungsi sel; Struktur dan Fungsi hewan dan tumbuhan, membahas tentang Struktur dan fungsi bagian luar tumbuhan (daun, akar, batang, bunga, buah, biji); Struktur dan Fungsi Jaringan Penyusun Organ) serta Histologi Dasar; Anatomi Hewan; Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan dan Tumbuhan, membahas tentang Perkembangan, Reproduksi Hewan dan Reproduksi Tumbuhan; Keanekaragaman Hayati, membahas tentang Biosistematik organisme, hewan dan tumbuhan; Genetika dan Evolusi, membahas tentang variasi, mutasi dan evolusi; Ekologi dan Etologi, membahas tentang Ekosistem, Komunitas, Populasi; Etologi (perilaku sebagai akibat pengaruh : genetis dan lingkungan; proses belajar; refleksi sosial); Bioteknologi, membahas mengenai Bioteknologi Tradisonal (fermentasi alkoholik dan non alkoholik), Bioteknologi Modern (kultur jaringan, kloning, rekayasa genetika); Mikrobiologi, membahas tentang Prinsip-prinsip Mikrobiologi (bakteri, virus, khamir, jamur) serta Lingkungan hidup Mikrobia.
PB 1 : Ruang lingkup dan sejarah perkembangan biologi sebagai ilmu pengetahuan
PB 2 : Sel sebagai unit dasar kehidupan
PB 3 : Struktur organisasi kehidupan dalam kajian biologi
PB 4 : Struktur dan fungsi sistem organisasi tubuh mahluk hidup
PB 5 : Konsep dan mekanisme fotosintesis
PB 6 : Konsep dan mekanisme respirasi mahluk hidup
PB 7 : Menjelaskan konsep dan mekanisme proses respon dan koordinasi pada mahluk hidup
PB 8 : Konsep genetika dan perannanya dalam kehidupan manusia
PB 9 : Konsep dan mekanisme sistem reproduksi mahluk hidup
PB 10 : Konsep dan sejarah klasifikasi mahluk hidup
PB 11 : Konsep dan azas-azas lingkungan dan peranannya dalam ilmu lingkungan
PB 12 : Konsep dan sejarah perkembangan evolusi
PB 13 : Konsep Bioteknologi dan Penerapannya
Utama :
Jasin, M., 1989. Biologi Umum. Bina Aksara Utama, Surabaya
Kasim, A, Jamhari, Nurdin, M, 2011, Modul Biologi Umum, Prodi Biologi FKIP UNTAD
Kasim, A, 2015. Revisi I, Modul Biologi Umum, Prodi Biologi FKIP UNTAD
Sasmitamihardja, D.1974. Biologi Untuk TPB. ITB University Press. Bandung.
Wildam, Y. 1987. Biologi Modern. Tarsito, Bandung.
Pendukung :
Johnson, 1984. Biology An Introduction. Publishing Company, Menlo Park.
Keton, W. T., 1980. Biological Science. W.W. Norton Company, USA.
Kimbal, J. W., 1989. Bologi (terjemahan jilid 1, 2, 3) Erlangga, Jakarta.
Simpson, G. G., 1965. Life an Introduction to Biology. B. Race and World Inc. New York.
Weisz, P. B. 1969. Element of Biology, McGraw Hill, Tokyo.
Minggu Ke- | SUB-CPMK | Indikator | Kriteria & Bentuk Penilaian | Metode Pembelajaran | Materi Pembelajaran |
---|---|---|---|---|---|
1 | Memahami ruang lingkup dan sejarah perkembangan biologi | – Menjelaskan ruang lingkup biologi – Menjelaskan pentingnya ilmu biologi – Menjelaskan manfaat biologi dalam kehidupan | Penilaian diri (self assessment) | Ceramah, Tanya jawab | Ruang lingkup dan sejarah perkembangan biologi |
2 | Memahami konsep sel sebagai unit dasar kehidupan | – Menjelaskan sel sebagai unit dasar kehidupan – Mendeskripsikan sel sebagai satuan fungsional, struktural, dan hereditas | Penilaian diri, refleksi, tes | Ceramah, diskusi kelompok kecil, penugasan | Sel |
3 | Memahami konsep struktur organisasi kehidupan | – Membedakan komposisi kimia sel – Menjelaskan fungsi garam mineral, karbohidrat, protein – Memberikan contoh protein | Penilaian diri | Ceramah, diskusi kelompok kecil, penugasan | Organisasi tubuh makhluk hidup |
4 | Memahami struktur dan fungsi sistem organ | – Menjelaskan fungsi sistem organ – Mendeskripsikan jaringan tumbuhan & hewan | Penilaian diri, refleksi, tes | Ceramah, diskusi kelompok kecil, penugasan | Struktur dan fungsi organ tumbuhan/hewan |
5 | Memahami konsep dan mekanisme fotosintesis | – Menjelaskan anabolisme/katabolisme – Menguraikan faktor fotosintesis – Membandingkan reaksi terang & gelap | Penilaian diri | Ceramah, diskusi kelompok kecil, penugasan | Fotosintesis |
6 | Memahami mekanisme respirasi | – Menjelaskan alat pernapasan hewan/tumbuhan – Mendeskripsikan respirasi aerob/anaerob | Penilaian diri | Ceramah, diskusi kelompok kecil, penugasan | Respirasi makhluk hidup |
7 | Memahami respon dan koordinasi | – Mengidentifikasi organ koordinasi – Menjelaskan mekanisme hormon & saraf | Penilaian diri | Ceramah, diskusi kelompok kecil, penugasan | Respon dan koordinasi |
8 | Ujian Tengah Semester | – | – | – | – |
9-10 | Memahami klasifikasi makhluk hidup | – Menjelaskan prinsip klasifikasi – Membedakan dasar klasifikasi tumbuhan/hewan | Penilaian diri | Ceramah, diskusi, case method | Klasifikasi |
11 | Memahami genetika | – Menjelaskan hukum genetika – Mendeskripsikan DNA, RNA, persilangan | Penilaian diri, tes | Ceramah, diskusi, penugasan | Genetika |
12-13 | Memahami sistem reproduksi | – Membedakan reproduksi vegetatif/generatif – Menjelaskan sistem reproduksi manusia | Penilaian diri, tes | Ceramah, diskusi, penugasan | Reproduksi |
13 | Memahami ekosistem | – Menjelaskan komponen ekosistem – Membuat skema aliran energi | Penilaian diri, tes | Ceramah, team-based project | Ekosistem |
14 | Memahami asas lingkungan | – Menjelaskan prinsip-prinsip lingkungan | Penilaian diri | Ceramah, discovery learning | Asas lingkungan |
15 | Memahami bioteknologi | – Memberikan contoh aplikasi bioteknologi | Penilaian diri, tes | Ceramah, team-based project | Bioteknologi |
16 | Ujian Akhir Semester | – | – | – | – |