
Dalam rangka meningkatkan kemampuan analitis dan pemahaman literatur ilmiah, mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako mengikuti kegiatan perkuliahan kelompok pada mata kuliah Review Artikel , Selasa (26/4/2025). Kali ini, mahasiswa dikenalkan dengan metode bibliometrik sebagai pendekatan kuantitatif dalam mengevaluasi artikel-artikel ilmiah secara sistematis.
Dibimbing oleh dua dosen pembina, yaitu Dr. Haeruddin dan Nurul Kamisani, M.Pd., para peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk melakukan praktik langsung menggunakan dua perangkat lunak unggulan, yakni Publish or Perish dan VOSviewer . Melalui tools tersebut, mahasiswa belajar cara mengumpulkan data referensi dari berbagai sumber terindeks, menganalisis jumlah sitasi, serta memvisualisasikan pola-pola penelitian yang relevan dengan topik fisika pendidikan.
Kegiatan dimulai dengan pemberian materi singkat oleh Dr. Haeruddin yang menjelaskan pentingnya bibliometrik dalam memetakan tren penelitian dan mengidentifikasi gap atau celah penelitian sebelumnya. Setelah itu, Nurul Kamisani, M.Pd., membimbing mahasiswa dalam praktik penggunaan perangkat lunak, mulai dari unduhan data hingga pembuatan visualisasi jaringan kata kunci dan kolaborasi peneliti.
Salah satu mahasiswa, Andi Pratama, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat membantu dirinya dalam memahami bagaimana cara membaca literatur tidak hanya secara kualitatif tetapi juga kuantitatif. “Dengan VOSviewer, kita bisa melihat visualisasi topik-topik yang sering diteliti, dan Publish or Perish membantu kita mendapatkan data sitasi secara cepat,” ujarnya.
Dr. Haeruddin berharap, melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat lebih mudah dalam merancang penelitian di masa depan dengan memiliki dasar literatur yang kuat dan terstruktur. “Kemampuan membaca dan menganalisis artikel secara bibliometrik menjadi bekal penting bagi calon guru fisika untuk selalu update dan kritis terhadap perkembangan ilmu pengetahuan,” tuturnya.
Kegiatan perkuliahan berakhir dengan presentasi hasil kerja kelompok, di mana setiap tim mempresentasikan temuan mereka tentang tren penelitian dalam bidang pembelajaran fisika selama lima tahun terakhir. Para dosen memberikan apresiasi atas antusiasme dan kerja sama yang ditunjukkan oleh mahasiswa selama sesi berlangsung.