RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATAKULIAH PENGANTAR PENDIDIKAN

Pengantar Pendidikan
  • CPL5. Menguasai konsep dasar dan teori kependidikan yang mencakup perkembangan peserta didik, pedagogi, teori-teori belajar, standar-standar pendidikan, hakikat sains dan pola pikir ilmiah. 
  • CPL6. Menguasai teori dan konsep kurikulum dan mampu merancang, mengembangkan, menganalisis dan mengevaluasi kurikulum sekolah. 

Mampu memahami informasi esensial tentang pendidikan, hakikat manusia dan pendidikan dalam sistem pendidikan nasional, menginternalisasi nilai-nilai pendidikan dan mampu  mengimplementasikan unsur-unsur dan lingkungan pendidikan serta  mengikuti arah dan kecenderungan pendidikan yang sedang terjadi maupun estimasinya pada masa mendatang serta  mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan nasional dan menemukan solusinya secara konseptual.

  • Sub CPMK 1: Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat manusia dan dimensinya
  • Sub CPMK 2: Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat dan unsur-unsur pendidikan
  • Sub CPMK 3: Mahasiswa mampu menjelaskan landasan dan azas pokok pendidikan nasional
  • Sub CPMK 4: Mahasiswa mampu menganalisis berbagai aliran dan rintisan baru pendidikan Indonesia
  • Sub CPMK 5: Mahasiswa mampu menganalisis pendidikan formal, non formal, dan informal yang terdapat di wilayah sulwesi tengah
  • Sub CPMK 6: Mahasiswa mampu menguraikan lingkungan yang dapat mempengaruhi proses pendidikan
  • Sub CPMK 7: Mahasiswa mampu menganalisis implementasi konsep life skill dan long life education
  • Sub CPMK 8: Mahasiswa mampu menganalisis mutu pendidikan dan upaya peningkatannya
  • Sub CPMK 9: Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan nasional dan menemukan solusinya secara konseptual

Mata kuliah pengantar pendidikan ini merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa sebagai calon guru untuk melaksanakan tugas dengan wawasan ilmu pendidikan yang meliputi komponen pendidikan dan aspek- aspeknya sebagaimana dikembangkan pada RPS ini. 

Baca Juga: Kimia Dasar
  • Hakikat Manusia dan Dimensinya

    • Definisi manusia.
    • Dimensi manusia: potensi, keunikan, dinamika.
    • Tinjauan berbagai teori tentang hakikat manusia.
  • Hakikat dan Unsur-Unsur Pendidikan

    Baca Juga: Kalkulus
    • Pengertian pendidikan.
    • Unsur-unsur penting dalam pendidikan.
    • Pendidikan sebagai suatu sistem.
  • Landasan dan Azas Pokok Pendidikan Nasional

    • Landasan pendidikan nasional.
    • Azas-azas pokok pendidikan nasional.
  • Aliran dan Rintisan Baru Pendidikan Indonesia

    Baca Juga: Bahasa Inggris
    • Aliran pendidikan klasik.
    • Aliran pendidikan modern.
    • Implementasi rintisan baru dalam pendidikan Indonesia.
  • Analisis Pendidikan Formal, Nonformal, dan Informal di Sulawesi Tengah

    • Pendidikan formal.
    • Pendidikan nonformal.
    • Pendidikan informal.
  • Lingkungan yang Mempengaruhi Proses Pendidikan

    • Pengertian dan fungsi lingkungan.
    • Tripusat pendidikan.
    • Pengaruh timbal-balik tripusat pendidikan.
  • Implementasi Konsep Life Skill dan Long Life Education

    • Konsep life skill.
    • Konsep long life education (UNESCO).
  • Mutu Pendidikan dan Upaya Peningkatannya

    • Pengertian mutu pendidikan.
    • Upaya peningkatan mutu pendidikan melalui kurikulum.
  • Permasalahan Pendidikan Nasional dan Solusinya

    • Identifikasi permasalahan pendidikan di Indonesia.
    • Solusi konseptual untuk permasalahan pendidikan.
  •  

Utama: 

  • Pasaribu, M (2017). Pengantar Pendidikan, Palu. Untad Press 
  • Tirtarahardja, Umar & Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta:PT Rineka Cipta. 
  • Marta, Nengah. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu. 
  • Hengestiningsih,dkk. 2015. Diktat Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta. Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa 
  • Ahmadi, Rulam. 2014. Pengantar Pendidikan, Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media 

 Pendukung: 

  • Abdullah, M. (2018). Hakikat Manusia dalam Perspektif Pendidikan Islam . Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(2), 45-60.
  • Anwar, S. (2019). Konsep Unsur-Unsur Pendidikan dalam Perspektif Modern . Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(3), 112-125.
  • Haryanto, B. (2020). Landasan Filosofis Pendidikan Nasional Indonesia . Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 78-92.
  • Indriani, R. (2021). Aliran-Aliran Pendidikan dan Pengaruhnya di Indonesia . Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(4), 201-215.
  • Kusuma, D. W. (2017). Analisis Pendidikan Formal dan Nonformal di Indonesia . Jurnal Pendidikan Masyarakat, 5(2), 89-102.
  • Lestari, I. (2022). Pengaruh Lingkungan terhadap Proses Pendidikan . Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(3), 156-170.
  • Prasetyo, A. (2019). Implementasi Life Skill dalam Pembelajaran Berbasis Kompetensi . Jurnal Pendidikan Profesional, 8(1), 34-48.
  • Rahmawati, Y. (2020). Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Kurikulum 2013 . Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(2), 134-148.
  • Sari, N. P. (2021). Permasalahan Pendidikan di Indonesia: Analisis dan Solusi . Jurnal Kebijakan Pendidikan, 6(4), 256-270.
  • Susanto, E. (2018). Tripusat Pendidikan sebagai Faktor Penentu Keberhasilan Pendidikan . Jurnal Pendidikan Holistik, 11(2), 99-112.
  •  

Rencana Pembelajaran

PertemuanKemampuan Yang Diharapkan (SUB-CPMK)IndikatorBahan Kajian/Materi PembelajaranPendekatan/Model/Strategi PembelajaranPengalaman Belajar
1Penyampaian Kontrak perkuliahan dan Gambaran Umum MK Pengantar Pendidikan    
2Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat manusia dan dimensinyaMampu menjelaskan hakikat manusia ditinjau dari berbagai teori dengan tepatPengertian hakikat manusia, Hakikat manusia serta potensi, keunikan dan dinamiknya ditinjau dari berbagai teori, Defenisi Manusia, Dimensi ManusiaCase Method dan Interactive LearningMakalah dan resume hasil diskusi
3Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat dan unsur-unsur pendidikanMampu menjelaskan hakekat pendidikan serta pengaruh unsur-unsur penting dalam pendidikanPengertian pendidikan, Unsur-unsur pendidikan, Pendidikan sebagai suatu sistemCase Method dan Interactive LearningMakalah dan resume hasil diskusi
4Mahasiswa mampu menjelaskan landasan dan azas pokok pendidikan nasionalMampu menjelaskan landasan dan azas pokok pendidikan nasional berdasarkan kajian berbagai sumber dengan benarLandasan pendidikan nasional, Azas-azas pokok pendidikan nasionalCase Method dan Interactive LearningMakalah dan resume hasil diskusi
5Mahasiswa mampu menganalisis berbagai aliran dan rintisan baru pendidikan indonesiaMampu menganalisis berbagai aliran pendidikan serta implementasinya dalam bentuk rintisan baru pendidikan indonesiaAliran pendidikan klasik, Aliran pendidikan modern, Rintisan baru pendidikan indonesiaCase Method dan Interactive LearningMakalah dan resume hasil diskusi
6-7Mahasiswa mampu menganalisis pendidikan formal, non formal, dan informal yang terdapat di wilayah sulawesi tengahMampu menganalisis bentuk pendidikan formal, non formal, dan informal yang terdapat di wilayah sulawesi tengahPendidikan formal, Pendidikan informal, Pendidikan nonformalCase Method dan Interactive LearningMakalah dan resume hasil diskusi
8-9Mahasiswa mampu menguraikan lingkungan yang dapat mempengaruhi proses pendidikanMampu menguraikan lingkungan yang dapat mempengaruhi proses pelaksanaan pendidikan berdasarkan kajian dengan benarPengertian dan Fungsi Lingkungan, Tripusat Pendidikan, Pengaruh Timbal-balik Tripusat PendidikanCase Method dan Interactive LearningMakalah dan resume hasil diskusi
10Ujian Tengah Semester (UTS)    
11Mahasiswa mampu menganalisis implementasi konsep life skill dan long life educationMampu menganalisis implementasi konsep life skill dan long life education berdasarkan kajian UNESCOLife skill, Long life educationCase Method dan Interactive LearningMakalah dan resume hasil diskusi
12-13Mahasiswa mampu menganalisis mutu pendidikan dan upaya peningkatannyaMampu menganalisis mutu pendidikan dan upaya peningkatannya berdasarkan kajian terhadap kurikulum yang berlangsung pada berbagai jenjang pendidikanPengertian Mutu pendidikan, Upaya peningkatan mutu pendidikanCase Method dan Interactive LearningMakalah dan resume hasil diskusi
14-16Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan nasional dan menemukan solusinya secara konseptualMampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan nasional dan menemukan solusinya secara konseptual dengan benar.Berbagai permasalahan pendidikan di indonesia, Solusi berbagai permasalahan pendidikan di indonesia.Case Method dan Interactive LearningMakalah dan resume hasil diskusi
16Presentasi Hasil Proyek Observasi Disekolah tentang masalah-masalah dalam pendidikan (UAS)    

Bobot Penilaian :

  • Partisipasi: 10%
  • Tugas Terstruktur (Makalah): 15%
  • Proyek: 25%
  • Ujian Tengah Semester (UTS): 25%
  • Ujian Akhir Semester (UAS): 25%