Mampu memahami informasi esensial tentang pendidikan, hakikat manusia dan pendidikan dalam sistem pendidikan nasional, menginternalisasi nilai-nilai pendidikan dan mampu mengimplementasikan unsur-unsur dan lingkungan pendidikan serta mengikuti arah dan kecenderungan pendidikan yang sedang terjadi maupun estimasinya pada masa mendatang serta mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan nasional dan menemukan solusinya secara konseptual.
–
Mata kuliah pengantar pendidikan ini merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa sebagai calon guru untuk melaksanakan tugas dengan wawasan ilmu pendidikan yang meliputi komponen pendidikan dan aspek- aspeknya sebagaimana dikembangkan pada RPS ini.Â
Hakikat Manusia dan Dimensinya
Hakikat dan Unsur-Unsur Pendidikan
Landasan dan Azas Pokok Pendidikan Nasional
Aliran dan Rintisan Baru Pendidikan Indonesia
Analisis Pendidikan Formal, Nonformal, dan Informal di Sulawesi Tengah
Lingkungan yang Mempengaruhi Proses Pendidikan
Implementasi Konsep Life Skill dan Long Life Education
Mutu Pendidikan dan Upaya Peningkatannya
Permasalahan Pendidikan Nasional dan Solusinya
Utama:Â
 Pendukung:Â
Pertemuan | Kemampuan Yang Diharapkan (SUB-CPMK) | Indikator | Bahan Kajian/Materi Pembelajaran | Pendekatan/Model/Strategi Pembelajaran | Pengalaman Belajar |
---|---|---|---|---|---|
1 | Penyampaian Kontrak perkuliahan dan Gambaran Umum MK Pengantar Pendidikan | Â | Â | Â | Â |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat manusia dan dimensinya | Mampu menjelaskan hakikat manusia ditinjau dari berbagai teori dengan tepat | Pengertian hakikat manusia, Hakikat manusia serta potensi, keunikan dan dinamiknya ditinjau dari berbagai teori, Defenisi Manusia, Dimensi Manusia | Case Method dan Interactive Learning | Makalah dan resume hasil diskusi |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat dan unsur-unsur pendidikan | Mampu menjelaskan hakekat pendidikan serta pengaruh unsur-unsur penting dalam pendidikan | Pengertian pendidikan, Unsur-unsur pendidikan, Pendidikan sebagai suatu sistem | Case Method dan Interactive Learning | Makalah dan resume hasil diskusi |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan landasan dan azas pokok pendidikan nasional | Mampu menjelaskan landasan dan azas pokok pendidikan nasional berdasarkan kajian berbagai sumber dengan benar | Landasan pendidikan nasional, Azas-azas pokok pendidikan nasional | Case Method dan Interactive Learning | Makalah dan resume hasil diskusi |
5 | Mahasiswa mampu menganalisis berbagai aliran dan rintisan baru pendidikan indonesia | Mampu menganalisis berbagai aliran pendidikan serta implementasinya dalam bentuk rintisan baru pendidikan indonesia | Aliran pendidikan klasik, Aliran pendidikan modern, Rintisan baru pendidikan indonesia | Case Method dan Interactive Learning | Makalah dan resume hasil diskusi |
6-7 | Mahasiswa mampu menganalisis pendidikan formal, non formal, dan informal yang terdapat di wilayah sulawesi tengah | Mampu menganalisis bentuk pendidikan formal, non formal, dan informal yang terdapat di wilayah sulawesi tengah | Pendidikan formal, Pendidikan informal, Pendidikan nonformal | Case Method dan Interactive Learning | Makalah dan resume hasil diskusi |
8-9 | Mahasiswa mampu menguraikan lingkungan yang dapat mempengaruhi proses pendidikan | Mampu menguraikan lingkungan yang dapat mempengaruhi proses pelaksanaan pendidikan berdasarkan kajian dengan benar | Pengertian dan Fungsi Lingkungan, Tripusat Pendidikan, Pengaruh Timbal-balik Tripusat Pendidikan | Case Method dan Interactive Learning | Makalah dan resume hasil diskusi |
10 | Ujian Tengah Semester (UTS) | Â | Â | Â | Â |
11 | Mahasiswa mampu menganalisis implementasi konsep life skill dan long life education | Mampu menganalisis implementasi konsep life skill dan long life education berdasarkan kajian UNESCO | Life skill, Long life education | Case Method dan Interactive Learning | Makalah dan resume hasil diskusi |
12-13 | Mahasiswa mampu menganalisis mutu pendidikan dan upaya peningkatannya | Mampu menganalisis mutu pendidikan dan upaya peningkatannya berdasarkan kajian terhadap kurikulum yang berlangsung pada berbagai jenjang pendidikan | Pengertian Mutu pendidikan, Upaya peningkatan mutu pendidikan | Case Method dan Interactive Learning | Makalah dan resume hasil diskusi |
14-16 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan nasional dan menemukan solusinya secara konseptual | Mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan nasional dan menemukan solusinya secara konseptual dengan benar. | Berbagai permasalahan pendidikan di indonesia, Solusi berbagai permasalahan pendidikan di indonesia. | Case Method dan Interactive Learning | Makalah dan resume hasil diskusi |
16 | Presentasi Hasil Proyek Observasi Disekolah tentang masalah-masalah dalam pendidikan (UAS) | Â | Â | Â | Â |
Bobot Penilaian :