RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATAKULIAH FISIKA DASAR 2

FISIKA DASAR 2
  • CPL1: Menunjukkan sikap religious, semangat kebangsaan, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, serta bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dan profesi, dengan sikap pembelajar sepanjang hayat.
  • CPL2:  Menguasai konsep fisika klasik dan fisika modern.
  • CPL6: Mampu menggunakan TIK untuk pengembangan diri dan pembelajaran fisika yang inovatif.

CPMK-1: Menerapkan konsep fisika klasik dan fisika modern terhadap fenomena alam.
CPMK-2: Menganalisis konsep fisika klasik dan fisika modern secara kualitatif.
CPMK-3: Menyelesaikan masalah-masalah fisika klasik dan fisika modern.
CPMK-4: Menilai alternatif penyelesaian masalah-masalah fisika dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence.
CPMK-5: Membandingkan penyelesaian masalah-masalah fisika dengan cara konvensional dan memanfaatkan Artificial Intelligence.

Sub CPMK 1: Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah konsep muatan listrik.

Sub CPMK 2: Mahasiswa mampu menilai penyelesaian masalah konsep muatan listrik dari hasil penggunaan Artificial Intelligence.

Baca Juga: Fisika Sekolah 1

Sub CPMK 3: Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah konsep gaya listrik.

Sub CPMK 4: Mahasiswa mampu menilai penyelesaian masalah konsep gaya listrik dari hasil penggunaan Artificial Intelligence.

Sub CPMK 5: Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah konsep medan listrik, potensial listrik, dan kapasitansi.

Sub CPMK 6: Mahasiswa mampu menilai penyelesaian masalah medan listrik, potensial listrik, dan kapasitansi dari hasil penggunaan Artificial Intelligence.

Sub CPMK 7: Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah konsep percobaan Oersted dan hukum Biot-Savart.

Sub CPMK 8: Mahasiswa mampu menilai penyelesaian masalah konsep Oersted dan hukum Biot-Savart dari hasil penggunaan Artificial Intelligence.

Baca Juga: Biologi Umum

Sub CPMK 9: Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah konsep hukum Ampere.

Sub CPMK 10: Mahasiswa mampu menilai penyelesaian masalah konsep hukum Ampere dari hasil penggunaan Artificial Intelligence.

Baca Juga: Bahasa Indonesia

Sub CPMK 11: Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah konsep induksi elektromagnetik.

Sub CPMK 12: Mahasiswa mampu menilai penyelesaian masalah konsep induksi elektromagnetik dari hasil penggunaan Artificial Intelligence.

Baca Juga: Kimia Dasar

Sub CPMK 13: Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah konsep rangkaian listrik.

Sub CPMK 14: Mahasiswa mampu menilai penyelesaian masalah konsep rangkaian listrik dari hasil penggunaan Artificial Intelligence.

Baca Juga: Kalkulus

Sub CPMK 15: Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah konsep gelombang elektromagnetik.

Sub CPMK 16: Mahasiswa mampu menilai penyelesaian masalah konsep gelombang elektromagnetik dari hasil penggunaan Artificial Intelligence.

Baca Juga: Bahasa Inggris

Sub CPMK 17: Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah konsep optika geometri dan optika fisis.

Sub CPMK 18: Mahasiswa mampu menilai penyelesaian masalah konsep optika geometri dan optika fisis dari hasil penggunaan Artificial Intelligence.

Sub CPMK 19: Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah konsep teori relativitas.

Sub CPMK 20: Mahasiswa mampu menilai penyelesaian masalah konsep teori relativitas dari hasil penggunaan Artificial Intelligence.

Sub CPMK 21: Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah konsep sifat-sifat atom dan radioaktivitas.

Sub CPMK 22: Mahasiswa mampu menilai penyelesaian masalah konsep sifat-sifat atom dan radioaktivitas dari hasil penggunaan Artificial Intelligence.

  • Prof. Dr. Jusman Mansyur, M.Si.
  • Syamsuriwal, M.Pd.
  • Delthawati Isti Ratnaningtyas, M.Pd.
  • Nurul Kami Sani, M.Pd.
  • Wahyuni N Laratu, M.Pd.
  • Andi Ulfah Khuzaimah, M.Pd.
  • Rizki Ilmianih, S.Pd., M.Sc.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang diberikan kepada mahasiswa strata satu (S1) pendidikan fisika yang berada pada semester 2. Fokus mata kuliah ini adalah mengkaji tentang fisika klasik dan fisika modern mencakup topik muatan listrik, gaya listrik, medan listrik, potensial listrik, kapasitansi, percobaan Oersted dan Hukum Biot-Savart, Hukum Ampere, Induksi Elektromagnetik, Rangkaian Listrik, Gelombang Elektromagnetik, optikal geometri dan fisis, teori relativitas, sifat-sifat atom dan radioaktivitas. Aspek penting yang harus menjadi perhatian adalah penguasaan konsep fisika. Pembahasan ditekankan pada konsep dasar dan aplikasinya. Penguasaan terhadap konsep dalam matakuliah ini akan mendukung penguasan terhadap konsep-konsep fisika lanjut. Pada perkuliahan ini juga melibatkan penggunaan Artificial Intelligence.

MP 1: Muatan Listrik (Pertemuan 1)
MP 2: Gaya Listrik (Pertemuan 2)
MP 3: Medan Listrik, Potensial Listrik, dan Kapasitansi (Pertemuan 3–4)
MP 4: Percobaan Oersted dan Hukum Biot–Savart (Pertemuan 5)
MP 5: Hukum Ampere (Pertemuan 6)
MP 6: Induksi Elektromagnetik (Pertemuan 7–8)
MP 7: Rangkaian Listrik (Pertemuan 9–10)
MP 8: Gelombang Elektromagnetik (Pertemuan 11)
MP 9: Optika Geometri dan Optika Fisis (Pertemuan 12–13)
MP 10: Teori Relativitas (Pertemuan 14)
MP 11: Sifat-Sifat Atom dan Radioaktivitas (Pertemuan 15)

Utama:

  1. Giancoli, D. C. (2005). Physics: Principles with applications (6th).Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc. 
  2. Haliday, D., Resnick, R., &  Walker, J. (2011). Fundamental of physics (9th). Hoboken, NJ: John Wiley & Sons, Inc.
  3. Serway, R. A. & Jewett, J. W. (2013). Principles of physics: A calculus-based text (5th).Boston, MA: Brooks/Cole Cengage Learning.  
  4. Young, H. D. & Freedman, R. A. (2014). Sears and Zemansky’s university physics with modern physics technology update (13th).Essex, England: Pearson Education Limited. 

Pendukung:

  1. Ewen, D., Schurter, N., & Gundersen, P. E. (2012). Applied physics (10th).Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.
  2. Giambattista, A., Richardson, B. M. & Richardson, R. C. (2010). Physics (2nd).New York, NY: McGraw-Hill Companies, Inc. 
  3. Griffith, W. T. & Brosing, J. W. (2009). The physics of everyday phenomena:A conceptual introduction to physics (6th).New York, NY: McGraw-Hill. 
  4. Mansyur, J. 2016. Enhancing Direct Instruction on Introductory Physics for Supporting Students’ Mental-Modeling Ability, International Education Studies; Vol. 9, No. 6.
  5. Mansyur, J. Teachers’ and Students’ Preliminary Stages in Physics Problem Solving. International Education Studies; Vol. 8, No. 9; 2015. ISSN 1913-9020 E-ISSN 1913-9039. Published by Canadian Center of Science and Education.
Pertemuan Ke-Kemampuan yang Diharapkan (SUB-CPMK)PenilaianBentuk Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Penugasan Mahasiswa [Estimasi Waktu]Materi PembelajaranBobot Penilaian
1-2Mahasiswa mampu mengaitkan Listrik Statis dalam pemecahan masalah dengan memanfaatkan Artificial Intelligence.Indikator:
• Ketepatan mengidentifikasi jenis-jenis muatan listrik serta cara muatan dapat diperoleh.
• Ketepatan menganalisis medan listrik yang dihasilkan oleh satu atau lebih muatan serta menggambarkan garis-garis medan listrik secara konseptual.
• Ketepatan menganalisis interaksi antara muatan listrik menggunakan Hukum Coulomb dan menyelesaikan permasalahan terkait gaya elektrostatik antara dua atau lebih muatan titik.

Kriteria Penilaian:
• Ketepatan
• Kecermatan
• Kelogisan

Bentuk Penilaian:
• Formatif: Tanya jawab di kelas, Tugas individu.
• Sumatif: Tes.
Bentuk Pembelajaran: Kuliah
TM [1x3x50’]:
• Demonstrasi, penjelasan singkat, dan diskusi tentang materi listrik statis.
Pendekatan: Konflik Kognitif.
Metode Pembelajaran: Case Method.

Penugasan Mahasiswa:
BM [1x3x60’]:
• Menelaah kasus.
• Latihan soal.
PT [1x3x60’]:
• Mahasiswa memecahkan masalah menggunakan Listrik Statis dengan memanfaatkan AI (Tugas 1).
• Listrik Statis
– Konsep Muatan
– Garis Gaya
– Gaya Coulomb
3• Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah konsep medan listrik, potensial listrik, dan kapasitansi.
• Mahasiswa mampu menilai penyelesaian masalah medan listrik, potensial listrik, dan kapasitansi dari hasil penggunaan AI.
Indikator:
• Menjelaskan, menganalisis, dan menyelesaikan masalah medan listrik, potensial listrik, dan kapasitansi.
• Membandingkan dan mengevaluasi hasil perhitungan manual dengan AI.

Kriteria & Bentuk Penilaian: Sama seperti Pertemuan 1-2.
Bentuk Pembelajaran: Kuliah
TM [1x3x50’]:
• Demonstrasi, penjelasan singkat, dan diskusi tentang materi medan listrik.
Pendekatan & Metode: Sama.

Penugasan:
BM [1x3x60’]:
• Menelaah kasus.
• Latihan soal.
PT [1x3x60’]:
• Mahasiswa memecahkan masalah menggunakan konsep medan listrik dengan AI (Tugas 2).
• Medan Listrik
– Hukum Coulomb
– Hukum Gauss
4• Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah konsep potensial listrik dan kapasitansi.
• Mahasiswa mampu menilai penyelesaian masalah dari hasil penggunaan AI.
Indikator:
• Menyelesaikan masalah potensial listrik dan kapasitansi.
• Menilai hasil penyelesaian masalah menggunakan AI vs. manual.

Kriteria & Bentuk Penilaian: Sama.
Bentuk Pembelajaran: Kuliah
TM [1x3x50’]:
• Demonstrasi, penjelasan singkat, dan diskusi tentang potensial listrik.

Penugasan:
BM & PT: Struktur sama, tugas terkait potensial listrik (Tugas 3).
• Potensial Listrik
5• Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah kapasitansi.
• Mahasiswa mampu menilai penyelesaian masalah dengan AI.
Indikator:
• Menyelesaikan masalah kapasitansi.
• Menilai keakuratan hasil AI vs. manual.

Kriteria Penilaian: Ditambah “Sistematika”.
Bentuk Penilaian: Ditambah “Tugas kelompok”.
Bentuk Pembelajaran: Kuliah
TM [1x3x50’]:
• Demonstrasi, penjelasan singkat, dan diskusi tentang kapasitor.

Penugasan:
PT [1x3x60’]:
• Tugas 4: Membandingkan solusi manual dan AI.
• Tugas 5: Laporan analisis gerak parabola dengan Tracker.
• Kapasitor
6• Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah percobaan Oersted dan hukum Biot-Savart.
• Mahasiswa mampu menilai penyelesaian masalah dengan AI.
Indikator:
• Menyelesaikan masalah Oersted dan Biot-Savart.
• Menilai keakuratan AI vs. manual.

Bentuk Penilaian: Formatif (tugas kelompok).
TM [2x3x50’]:
• Diskusi hukum Newton tentang gerak (koreksi: harusnya Biot-Savart).

Penugasan:
PT [2x3x60’]:
• Tugas 6: Pemecahan masalah dengan AI.
• Tugas 7: Video analisis soal olimpiade.
• Percobaan Oersted dan Hukum Biot-Savart
7• Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah hukum Ampere.
• Mahasiswa mampu menilai penyelesaian masalah dengan AI.
Indikator:
• Menyelesaikan masalah hukum Ampere.
• Menilai keakuratan AI vs. manual.
TM [1x3x50’]:
• Diskusi usaha dan energi (koreksi: harusnya hukum Ampere).

Penugasan:
PT [1x3x60’]:
• Tugas 8: Pemecahan masalah dengan AI.
• Hukum Ampere
– Kawat panjang
– Penghantar sejajar
– Selenoida
8Ujian Tengah Semester
9• Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah induksi elektromagnetik.
• Mahasiswa mampu menilai penyelesaian masalah dengan AI.
Indikator:
• Menyelesaikan masalah induksi elektromagnetik.
• Menilai keakuratan AI vs. manual.
TM [1x3x50’]:
• Diskusi kinematika gerak rotasi (koreksi: harusnya induksi elektromagnetik).

Penugasan:
PT [1x3x60’]:
• Tugas 9: Analisis gerak rotasi dengan AI.
• Induksi Elektromagnetik
10• Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah rangkaian listrik.
• Mahasiswa mampu menilai penyelesaian masalah dengan AI.
Indikator:
• Menyelesaikan masalah rangkaian listrik.
• Menilai keakuratan AI vs. manual.
TM [1x3x50’]:
• Diskusi dinamika rotasi (koreksi: harusnya rangkaian listrik).

Penugasan:
PT [1x3x60’]:
• Tugas 10: Analisis dinamika rotasi dengan AI.
• Rangkaian Listrik
11• Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah gelombang elektromagnetik.
• Mahasiswa mampu menilai penyelesaian masalah dengan AI.
Indikator:
• Menyelesaikan masalah gelombang elektromagnetik.
• Menilai keakuratan AI vs. manual.
TM [1x3x50’]:
• Diskusi kesetimbangan benda tegar (koreksi: harusnya gelombang EM).

Penugasan:
PT [1x3x60’]:
• Tugas 11: Analisis kesetimbangan benda tegar dengan AI.
• Gelombang Elektromagnetik
12-13• Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah optik geometri dan fisis.
• Mahasiswa mampu menilai penyelesaian masalah dengan AI.
Indikator:
• Menyelesaikan masalah optik geometri/fisis.
• Menilai keakuratan AI vs. manual.
TM [1x3x50’]:
• Diskusi fluida statis (koreksi: harusnya optik).

Penugasan:
PT [1x3x60’]:
• Tugas 12: Analisis fluida statis dengan AI.
• Optik Geometri dan Fisis
14• Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah teori relativitas.
• Mahasiswa mampu menilai penyelesaian masalah dengan AI.
Indikator:
• Menyelesaikan masalah relativitas khusus/umum.
• Menilai keakuratan AI vs. manual.
TM [1x3x50’]:
• Diskusi fluida dinamis (koreksi: harusnya relativitas).

Penugasan:
PT [1x3x60’]:
• Tugas 13: Analisis fluida dinamis dengan AI.
• Teori Relativitas
15• Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah sifat atom dan radioaktivitas.
• Mahasiswa mampu menilai penyelesaian masalah dengan AI.
Indikator:
• Menyelesaikan masalah atom/radioaktivitas.
• Menilai keakuratan AI vs. manual.
TM [2x3x50’]:
• Diskusi suhu dan kalor (koreksi: harusnya atom/radioaktivitas).

Penugasan:
PT [2x3x60’]:
• Tugas 14: Analisis suhu dan kalor dengan AI.
• Sifat-sifat Atom dan Radioaktivitas
16Ujian Akhir Semester100%

Baca Juga: Mekanika