RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATAKULIAH MEKANIKA

Mekanika
  • CPL2: Menguasai konsep fisika klasik dan fisika modern
  • CPL7: Mampu merancang, melaksanakan dan mengembangkan eksperimen fisika 
  • CPMK 1: Menguasai pengetahuan fisika klasik tentang konsep, prinsip dan teori mekanika
  • CPMK 2: Mampu menerapkan analisis fisis dan matematis untuk memformulasikan model mekanik
  • CPMK 3: Menunjukkan kemandirian dalam bekerja ataupun bekerja sama dalam kelompok secara efektif untuk menyelesaikan permasalahan mekanika
  • Sub CPMK 1: Menerapkan konsep vektor dalam operasi perkalian vektor dan perkalian skalar
  • Sub CPMK 2: Menerapkan konsep Gerak menggunakan Hukum Newton pada permasalahan fisika untuk karakteristik gaya konstan, gaya sebagai fungsi waktu, gaya sebagai fungsi posisi dan gaya sebagai fungsi kecepatan.
  • Sub CPMK 3: Menguasai konsep gerak dalam permasalahan gerak proyektil dan gerak jatuh bebas.
  • Sub CPMK 4: Menguasai konsep dari karakteristik gerak osilasi harmonik, osilasi harmonik teredam dan osilasi harmonik terpaksa.
  • Sub CPMK 5: Menguasai konsep gaya gravitasi dan gaya sentral
  • Sub CPMK 6: Mampu menyelesaikan permasalahan fisika meliputi perhitungan pusat massa, momentum linier, momentum sudut, energi kinetik dan tumbukan antar partikel dalam sebuah sistem partikel.
  • Sub CPMK 7: Mampu menerapkan konsep mekanika benda tegar mampu menerapkan konsep
  • mekanika benda tegar dalam menyelesaikan permasalahan tentang momen inersia sistem, impuls dan tumbukan sistem.
  • Sub CPMK 8: Menguasai konsep Lagrangian untuk menyelesaikan permasalahan fisika yang sulit dipecahkan dengan konsep Newtonian.
  • Sub CPMK9: Menguasai konsep Hamiltonian untuk menyelesaikan permasalahan fisika yang sulit dipecahkan dengan konsep Newtonian.

Fisika Dasar 1 dan 2

Kajian tentang konsep, prinsip dan teori mekanika serta penerapannya dalam berbagai kasus nyata di lingkungan mahasiswa, meliputi konsep vector dan ruang vektor, kinematika gerak partikel pada berbagai sistem koordinat, dinamika gerak benda pada berbagai fungsi gaya (kasus gerak benda setiap saat, gerak dalam fluida, gerak berbagai sistem osilator, konservasi momentum, usaha dan energi), kasus gerak di bawah pengaruh gaya sentral, transformasi kerangka acuan, dinamika sistem partikel (mekanika benda tegar), mekanika Lagrangian dan persamaan Hamilton. 

  • Analisis Vektor dan Sistem Koordinat
  • Mekanika Newtonian
  • Gerak Partikel dalam Dua Dimensi
  • Osilasi
  • Gravitasi dan Gaya Sentral
  • Dinamika Sistem Partikel
  • Mekanika Benda Tegar
  • Mekanika Lagrange dan Hamilton

Utama: 

Baca Juga: Kimia Dasar
  • Fowles, G.R., 1986, Analytical Mechanics, 4th Edition, Sanders College Publisher, New York. 
  • Arya, A.P., 1998, Introduction to Classical Mechanics, 2nd Edition, Prentice Hall, New Jersey   

 Pendukung: 

  • Puspitasari, A., Mufida, F., & Setiaji, B. (2024). Analysis of the Influence of Analytical Mechanics Concept on the Development of Modern Physics. JURNAL Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 4(1), 60–88. https://doi.org/10.52434/JPIF.V4I1.4004
  • Epstein, M. (2008). Analytical Mechanics. Encyclopedia of Neuroscience, 107–110. https://doi.org/10.1007/978-3-540-29678-2_212
  • Fowles, G. R., & Whitten, R. C. (1962). Analytical Mechanics. American Journal of Physics, 30(12), 938–938. https://doi.org/10.1119/1.1941872

Pelaksanaan Pembelajaran

PertKemampuan Yang Diharapkan (SUB-CPMK)PenilaianBentuk Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Penugasan Mahasiswa, [Estimasi Waktu]Materi PembelajaranBobot Pen (%)
1Kontrak perkuliahan    
2Menerapkan konsep vektor dalam operasi perkalian vektor dan perkalian skalarKriteria: Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Penilaian: Tes
Interaksi dan forum diskusi
Belajar mandiri
(3 x 50 menit)
Analisis Vektor dan sistem koordinat 2 dan 3 dimensi5
3Menerapkan konsep Gerak menggunakan Hukum Newton pada permasalahan fisika untuk karakteristik gaya konstan, gaya sebagai fungsi waktuKriteria: Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Penilaian: Tes
Interaksi dan forum diskusi
Belajar mandiri
(3 x 50 menit)
Gaya konstan dan gaya sebagai fungsi waktu5
4Menerapkan konsep Gerak menggunakan Hukum Newton pada permasalahan fisika untuk karakteristik gaya sebagai fungsi posisi dan gaya sebagai fungsi kecepatanKriteria: Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Penilaian: Tes
Interaksi dan forum diskusi
Belajar mandiri
(3 x 50 menit)
Gaya sebagai fungsi posisi dan kecepatan10
5Menguasai konsep gerak dalam permasalahan gerak proyektil dan gerak jatuh bebasKriteria: Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Penilaian: Tes
Interaksi dan forum diskusi
Belajar mandiri
(3 x 50 menit)
Gerak proyektil dan gerak jatuh bebas10
6Menguasai konsep dari karakteristik gerak osilasi harmonic sederhana, osilasi harmonik teredamKriteria: Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Penilaian: Tes
Interaksi dan forum diskusi
Belajar mandiri
(3 x 50 menit)
Gerak osilasi harmonic sederhana dan osilasi harmonic teredam10
7Menguasai konsep dari karakteristik gerak osilasi harmonik terpaksaKriteria: Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Penilaian: Tes
Interaksi dan forum diskusi
Belajar mandiri
(3 x 50 menit)
Gerak osilasi harmonic terpaksa5
8UTS   10
9Menguasai konsep gaya gravitasi dan gaya sentralKriteria: Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Penilaian: Tes
Interaksi dan forum diskusi
Belajar mandiri
(3 x 50 menit)
Gerak akibat medan gaya sentral & gerak akibat medan gaya gravitasi10
10Mampu menyelesaikan permasalahan fisika meliputi perhitungan pusat massa, momentum linier, momentum sudut, energi kinetik dan tumbukan antar partikel dalam sebuah sistem partikelKriteria: Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Penilaian: Tes
Interaksi dan forum diskusi
Belajar mandiri
(3 x 50 menit)
Pusat Massa, Momentum Linier, Momentum Sudut dan Energi Kinetik sistem10
11Mampu menerapkan konsep mekanika benda tegar dalam menyelesaikan permasalahan tentang momen inersia sistem, impuls dan tumbukan sistemKriteria: Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Penilaian: Tes
Interaksi dan forum diskusi
Belajar mandiri
(3 x 50 menit)
Gerak planar dan perhitungan momen inersia benda tegar10
12Mampu menerapkan konsep mekanika benda tegar dalam menyelesaikan permasalahan tentang momen inersia sistem, impuls dan tumbukan sistemKriteria: Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Penilaian: Tes
Interaksi dan forum diskusi
Belajar mandiri
(3 x 50 menit)
Tensor momen inersia10
13Menguasai konsep Lagrangian untuk menyelesaikan permasalahan fisika yang sulit dipecahkan dengan konsep NewtonianKriteria: Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Penilaian: Tes
Interaksi dan forum diskusi
Belajar mandiri
(3 x 50 menit)
Persamaan Gerak/ persamaan Lagrange10
14Menggunakan konsep Lagrangian untuk menyelesaikan permasalahan fisikaKriteria: Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Penilaian: Tes
Interaksi dan forum diskusi
Belajar mandiri
(3 x 50 menit)
Mekanika Lagrangian: Sistem Osilator, katrol, Gerak dalam bidang miring5
15Menguasai konsep Hamiltonian untuk menyelesaikan permasalahan fisika yang sulit dipecahkan dengan konsep NewtonianKriteria: Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Penilaian: Tes
Interaksi dan forum diskusi
Belajar mandiri
(3 x 50 menit)
Mekanika Hamilton: Persamaan Gerak/ persamaan Hamilton5
16UAS   5

Bobot Penilaian 

Baca Juga: Kalkulus
  • Penilaian hasil project/penilaian produk: 50 
  • Partisipasi dalam kelas/forum LMS: 10 
  • UTS dan UAS : 40