RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATAKULIAH PENDIDIKAN AGAMA

PENDIDIKAN AGAMA FISIKA TADULAKO
  • Menunjukkan sikap religius, semangat kebangsaan, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, serta bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dan profesi, dengan sikap pembelajar sepanjang hayat.

Mahasiswa mampu memahami nilai-nilai agama sebagai landasan dalam pembentukan karakter nasionalis, humanis dan bertanggung jawab.

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap professional yang berlandaskan nilai-nilai agama dalam menjalankan peran dan tanggung jawabh sebagai warga negara dan tenaga profesional.

Mahasiswa mampu mengembangakn kemampuan sebagai pembelajar sepanjang hayat yang berbasis nilai-nilai keagamaan untuk menghadapi tantangan kehidupan dan profesi

Mahasiswa mampu menganalisis respon dan koordinasi organisme baik pada tingkat seluler maupun sistem organisme. 

Sub-CPMK 1: Pemahaman Nilai-Nilai Agama sebagai Landasan Karakter

  • Sub-CPMK 1.1: Menjelaskan konsep nilai-nilai agama yang mendasari pembentukan karakter nasionalis.

  • Sub-CPMK 1.2: Mengidentifikasi nilai-nilai agama yang membentuk sikap humanis dalam kehidupan bermasyarakat.

  • Sub-CPMK 1.3: Menganalisis peran nilai-nilai agama dalam membangun tanggung jawab individu dan sosial.

Sub-CPMK 2: Sikap Profesional Berbasis Nilai Agama

  • Sub-CPMK 2.1: Menerapkan nilai-nilai agama dalam bersikap adil dan berintegritas sebagai warga negara.

  • Sub-CPMK 2.2: Mendemonstrasikan etika profesional berbasis nilai keagamaan dalam lingkungan kerja.

  • Sub-CPMK 2.3: Mengevaluasi kasus aktual terkait tanggung jawab sosial dan profesional berdasarkan perspektif agama.

Sub-CPMK 3: Pembelajaran Sepanjang Hayat Berbasis Nilai Agama

  • Sub-CPMK 3.1: Merancang strategi pembelajaran mandiri berbasis nilai-nilai agama untuk pengembangan diri.
  • Sub-CPMK 3.2: Mengintegrasikan prinsip-prinsip keagamaan dalam menghadapi dinamika kehidupan dan tantangan profesi.
  • Sub-CPMK 3.3: Mengevaluasi peran spiritualitas dan nilai-nilai agama dalam membangun ketahanan mental di era global.

Mata kuliah pengantar pendidikan ini merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa sebagai calon guru untuk melaksanakan tugas dengan wawasan ilmu pendidikan yang meliputi komponen pendidikan dan aspek- aspeknya sebagaimana dikembangkan pada RPS ini. 

    1. Konsep Aqidah Islam

    2. Hakikat Manusia dalam Islam

    3. Konsep Hukum Islam

    4. Konsep Akhlak dan Pengaplikasiannya dalam Berperilaku

    5. IPTEKS dalam Islam (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni)

    6. Pluralisme dan Toleransi dalam Islam

    7. Konsep Kebudayaan Islam

    8. Ekonomi Syariah

    9. Sistem Politik dalam Islam

    10. Moderasi Beragama (Perbaikan penulisan dari “Mosderasi”)

Utama: 

  • Tim Dosen Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum, Pendidikan Agama Islam, Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar, 2019
  • Azra, Azyumardi, (2000). Pendidikan Islam. Jakarta: Logos.
  • Nasution, Harun. (2002). Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya. Jakarta: UI- Press.
  • Nurhayati, dkk, (2019). Pendidikan Agama Islam. Tangerang: Sejahtera Kita.
  • Shihab, M. Quraish. (2014). Mujjizat Alquran. Bandung: Mizan.
  • Shihab, M. Quraish. (2014). Wawasan Alquran. Bandung: Mizan.
  • Shihab, M. Quraish. (2013). Kaidah Tafsir. Tangerang: Lentera Hat
  • Shihab, M. Quraish, et. all. (2008) Sejarah dan Ulum Al-Qur’an. Jakarta: Pusataka Firdaus.

Pendukung: 

  •  Hasanah, Mila Pembelajaran Akidah dalam Al-Qur’an. Lhokseumawe: CV Raja Publika.
  • Bakhtiar, Nurhasanah, (2011). Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
  • Soetari, Endan. (2000). Ilmu Hadits : Kajian Riwayah dan Dirayah. Bandung: Amal bakti press,
  • Syu’aib. S.A. (2012). Menjiwai Alquran. Terjemahan Muh. Alif. Yogyakarta: Mumtaz
  • Tafsir. A. (2007c). Filsafat Ilmu. Bandung: PT. Remaja.

 

Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam

PertemuanKemampuan yang Diharapkan (Sub-CPMK)IndikatorBahan Kajian/Materi PembelajaranPendekatan/Model/Strategi PembelajaranPengalaman BelajarBobot Penilaian
1Memahami visi, misi, dan proses pembelajaran PAI di PTU1. Menjelaskan gambaran umum perkuliahan.
2. Menguraikan pengertian dan ruang lingkup PAI.
– Kontrak Perkuliahan dan RPS.
– Pengantar PAI: Teori dan Ruang Lingkup.
Metode: Ceramah, diskusi, presentasi.
Strategi: Case study.
Tugas: Tes awal baca Al-Qur’an (1×50 menit).
Partisipasi aktif, kuis.5%
2Menganalisis konsep Akidah Islam1. Menjelaskan pengertian, sumber hukum, dan tingkatan akidah.
2. Menganalisis iman, rukunnya, dan tantangan di era modern.
– Konsep Akidah Islam.
– Teori Iman dan Tantangan Modern.
Metode: Ceramah, diskusi kelompok.
Tugas: Membuat makalah Akidah Islam (1×50 menit).
Partisipasi, kuis.10%
3Menganalisis konsep manusia dalam Islam1. Menguraikan proses penciptaan manusia.
2. Membedakan dimensi manusia.
3. Mengaitkan manusia sebagai khalifah dan hamba Allah.
– Proses penciptaan manusia.
– Struktur dimensi manusia.
– Peran khalifah.
Metode: Team-based project.
Tugas: Mind mapping dimensi manusia (2×50 menit).
Presentasi, diskusi.10%
4Mengaplikasikan konsep hukum Islam1. Menjelaskan ruang lingkup hukum Islam.
2. Mengimplementasikan fungsi hukum Islam.
3. Menganalisis aktualisasi di Indonesia.
– Ruang lingkup hukum Islam.
– Fungsi dan aktualisasi.
Metode: Case study.
Tugas: Analisis kasus hukum Islam (2×50 menit).
Partisipasi, kuis.10%
5-6Menganalisis akhlak dalam Islam1. Membedakan etika, moral, dan akhlak.
2. Menelaah dasar akhlak (Al-Qur’an & Hadits).
3. Merealisasikan akhlak dalam kehidupan.
– Konsep akhlak.
– Hubungan akhlak-tasawuf.
– Hak Asasi Manusia.
Metode: Diskusi, presentasi.
Tugas: Studi kasus akhlak (2×50 menit).
Kuis, proyek kelompok.15%
7Menganalisis IPTEKS dalam Islam1. Menjelaskan IPTEKS dalam perspektif Islam.
2. Mengintegrasikan ilmu, iman, dan amal.
3. Menilai tantangan IPTEKS.
– IPTEKS dalam Islam.
– Peradaban Islam.
Metode: Team-based project.
Tugas: Karya seni Islami (2×50 menit).
Presentasi, partisipasi.10%
8UTS
9-10Menganalisis pluralisme dan toleransi1. Menguraikan pluralisme dan toleransi.
2. Menelaah konsep ukhuwah Islamiyah.
– Pluralisme dan toleransi.
– Ukhuwah Islamiyah.
Metode: Case study.
Tugas: Makalah toleransi (2×50 menit).
Diskusi, kuis.15%
11Menguraikan kebudayaan Islam1. Menjelaskan hakikat kebudayaan Islam.
2. Mengidentifikasi unsur-unsur budaya Islam.
– Kebudayaan Islam.
– Nilai-nilai budaya.
Metode: Presentasi kelompok.
Tugas: Analisis budaya (2×50 menit).
Partisipasi, kuis.10%
12-13Menganalisis ekonomi syariah1. Menjelaskan prinsip ekonomi syariah.
2. Membandingkan ekonomi syariah-konvensional.
– Ekonomi syariah.
– Perbedaan dengan konvensional.
Metode: Diskusi, studi kasus.
Tugas: Analisis ekonomi syariah (2×50 menit).
Presentasi, esai.15%
14Mendeskripsikan politik Islam1. Menjelaskan nilai dasar politik Islam.
2. Menganalisis politik era Nabi dan sahabat.
– Politik dalam Islam.
– Hubungan agama-politik.
Metode: Proyek, debat.
Tugas: Esai politik Islam (2×50 menit).
Partisipasi, presentasi.10%
15-16UAS/
Presentasi “Moderasi Beragama”
1. Membuat video pembelajaran.
2. Presentasi kelompok.
– Moderasi beragama.Strategi: Project-based learning.
Tugas: Video dan presentasi (2×50 menit).
Penilaian proyek.15%