Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Web Interaktif untuk mengatasi Miskonsepsi Fisika

Haerudin, S.pd, M.Si dan Muhammad Jarnawi, S.Pd, M.Pd


 

Tujuan jangka pendek pnelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis web interaktif untuk mengatasi miskonsepsi fisika, selanjtnyadikaji mengenai keunggulan dan klemahan perangkat, berdasarkan tanggapan dari berbagai sumber seperti dosen mahasiswa, siswa serta guru-guru. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah dihasilkannya perangkat pembelajran berbasis web interaktif untuk mengatasi miskonsepsi fisika. Perangkat pembelajran ini diharapkan dapat digunakan oleh guru-guru, siswa, dosen, dan mahasiswa, serta semua pihak yang terkait, dalam mengurangi tingkat perangkat pembelajaran berbasis web interkatif ini dirancang khusus untuk mengatasi miskonsepsi fisika.Metode penelitian ini, menggunakan metode pengembangan (developmental research). Penelitian ini akan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama akan dilakukan identifikasi miskonsepsi fisika pada mahasiswa, pembuatan story board, penyusunan kode program web, upload web, uji coba skala leb, uji coba ahl, dan uji coba terbatas. Tahap kedua, merupakan tahap implementasi yang terdiri dari uji coba secara lebih luas dan evaluasi perangkat pembelajaran berbasis web. Hasil akhir dari penelitian ini adalah diperoleh perangkat pembelajaran berbasis web interaktif untuk mengatasi miskonsepsi miskonsepsi fisika dan hasil implementasinya diterbitkan dalam jurnal internasional

Terkait