IBM RUMAH BACA Untuk Meningkatkan Minat Membaca Bagi Siswa Kurang Mampu Di Desa Toaya Kecamatan Sindue

Nurjannah, S.Pd, M.Pd dan Haeruddin, S.Pd, M.Si


Luaran yang dihasilkan adalah rumah baca yang dilengkapi dengan buku-buku bermutu dan menarik yang dapat meningkatkan minat baca siswa kurang mampu yang sulit mendapatkan buku dan pelatihan manajeman rumah baca. Dalam melaksanakan program ini, akan dibantu oleh dua organisasi pemuda KPA Karama Sindue dan Apastu Community dalam mengelola manajemen rumah baca. Sehingga diperlukan pelatihan terhadap anggota organisasi tersebut tentang manajemen rumah baca. Target dalam program ini adalah semua siswa kurang mampu didesa Toaya sebagai pengunjung tetap dua rumah baca dimasing-masing mitra dan mitra dapat melanjutkan mengelola rumah baca dengan pengetahuan manajemen yang diperoleh dari pelatihan. Metode pelaksanaan program adalah learning by doing. Pertama-tama dilakukan analisis kebutuhan situasi berupa diskusi dengan beberapa anggota organisasi pemuda KPA Karama Sindue dan Apastu Community. Hasil analisis dijadikan sebagai dasar penyususan  materi manajemen rumah baca yang akan dilatihkan kepada mitra. Setelah pelatihan, dilanjutkan dengan pembuatan rumah baca dan pengelolaan bahan bacaan. Diakhir rangkaian kegiatan pengabdian dilakukan lomba mewarnai dan bercerita dimaksutkan untuk menarik minat siswa untuk membaca dan mengenalkan rumah baca pada masyarakat luas kegiatan ini melibatkan KPA Karama Sindue dan Apastu Community secara partisipatoris, baik pada saat persiapan, pelaksanaan, proses pembuatan dan  pengelolaan rumah baca, hingga lomba.  Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan, telah dibuat rumah baca yang dikemas secara menarik dan terkesan lebih merakyat, membangun citra ditengah masyarakat dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat.

Terkait