Program Studi Pendidikan Fisika terbentuk berdasarkan Surat Keputusan Dirjen DIKTI Nomor: 313/D2/1989, tertanggal 7 Februari 1989 tentang persetujuan pembukaan Program Studi di UNTAD pada Tahun Ajaran 1989/1990. Terbentuknya Program Studi ini merupakan pengembangan dari Jurusan Pendidikan MIPA yang di awal pembukaannya tahun 1981 hanya terdiri atas dua Program Studi , yaitu Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi. Pembukaan Pendidikan Pendikan Fisika dimaksudkan untuk memenuhi tuntutan kebutuhan tenaga guru fisika di wilayah Propinsi Sulawesi Tengah baik di Tingkat SLTP maupun SLTA yang sangat mendesak karena kurangnya guru fisika yang berkualifikasi S1. Bahkan, sebahagian besar sekolah pada kedua tingkatan tersebut memanfaatkan tenaga guru yang memiliki keahlian di bidang Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi sebagai pengajar mata pelajaran fisika

Sejak didirikan hingga sekarang, Program Studi Pendidikan Fisika masih tetap diminati. Program Studi Pendidikan Fisika memiliki jumlah mahasiswa terbesar dari seluruh Program Studi yang ada di Jurusan Pendidikan MIPA. Saat ini Program Studi Pendidikan Fisika memiliki jumlah dosen sebanyak 30 orang.

Selasa 20 Oktober 2020 Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor : 6564/Sk/Ban-Pt/Akred/S/X/2020 Tentang Peringkat Akreditasi Program Studi Pendidikan Fisika Pada Program Sarjana Universitas Tadulako, Kota Palu melalui Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi, memenuhi syarat untuk memperoleh peringkat Akreditas A.

Saat ini koordinator program studi Pendidikan Fisika adalah Dr. Sahrul Saehana, M.Si