Nurjannah, S.pd., M.pd, I Wayan Darmadi, S.Si., M.Pd, danAbdul Rahman, S.pd., M.pd

 


 

Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar dan penelitian Fisika Dasar Berbasis Taxonomyof  Introductoryphsics Problem (TIPP) dan budaya local yang teruji sehingga dapat digunakan oleh mahasiswa calon guru diprogram studi pendidikan Fisika Universitas Tadulako. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar Fisika Dasar berbasis Taxonomy of  Introductoryphsics Problem (TIPP) dan budaya local yang teruji, menghasilkan penilaian Fisika Dasar berbasis Taxonomy of  Introductoryphsics Problem (TIPP)dan budaya local yang teruji, mendapatkan hiptosis tentang penerapan bahan ajar dan penilaian fisika dasar terhadap kemampuan memecahkan masalah melalui pengujian lebih luas, mendapatkan analisis kemampuan pemecshsn masalah mahasiswa calon guru berdasarkan tingkatan Taxonomy of Introductory Physics Problem (TIPP), menganalisis tanggapan mahasiswa terhadap bahan ajar dan penilaian Fisika Dasar.

Pentingnya penelitian  ini disebabkan karena belum adanya bahan ajar dan penilaian Fisika Dasar berbasis TIPP dan budaya local, belum pernah dianalisis kemampuan memecahkan masalah mahasiswa calon guru berdasarkan taksonomi yang khusus digunakan dalam pembelajaran fisika, memberi sumbangan bahan ajar dan penilaian pada pembelajaran mata kuliah Fisika Dasar, membawa budaya local ke dalam pembelajaran Fisika dapat menghapuskan pemikiran mahasiswa bahwa Fisika adalah budaya asing menjadi Fisika ada di lingkungan sekitar mereka.

Target khusus penelitian  ini adalah bahan ajar dalam bentuk cetak dan CD interaktif, penilaian berbasis TIPP dan budaya local, hasil analisis kemampuan memecahkan masalah berdasarkan taksonomi, dan hasil implementasikan diterbitkan dalam jurnal nasional terakreditasi.

Metode penelitian  ini adalah penelitian pengembangan (development research). Subyek penelitian ini adalah mahasiswa yang memprogramkan Fisika Dasar. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama akan dilakukan analisis konsep. Survey budaya local yang berhubungan dengan konsep, tes awal kemampuan pemecahan masalah, menyusun bahan ajar dan penilaian berdasarkan kelemahan mahasiswa, melakukan pengkajian bahan ajar dan penilaian secara teoritik melalui judgement dari 1 orang pakar konten fisika, 1 orang pakar penilaian, uji coba secara terbatas, revisis analisis hasil coba terbatas dan judgementdari para pakar. Hasil akhir dari penelitian ini adalah hasil implementasinya diterbitikan dalam jurnal ilmiah terakreditasi.

Berdasarkan hasil yang dicapai diperoleh bahwa hasil analisis bahan ajar Fisika Dasar dan analisis kebutuhan bahan ajar dibutuhkan bahan ajar menggunakan TIPP dan berbasis budaya palu. Hasil survey memberikan data beberapa budaya local yang dapat dimasukkan ke dalam  bahan ajar untuk menjelaskan konsep Fisika. Nhasil tes awal kemampuan pemecahan masalah menggunakan Taxonomy if Introductory Physics Problem (TIPP) diperoleh bahwa mahasiswa masih mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang rendah dan belum terbiasa dengan tingkatan level soal-soal TIPP.Hasil validasi ahli tiap komponen kualitas bahan ajar (Penyajian, bahasa kelayakan isi) mempunyai kategori Sangat Baik.

LEAVE A REPLY