Dr. Supriyatman, S.Si, M.Pd.

Dosen Pendidikan Fisika yang saat ini menjabat sebagai Koordinator Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako

Identitas Diri

  • NIDN : 0013047403
  • Nama : Dr. Supriyatman, S.Si, M.Pd.
  • Tempat & Tanggal Lahir : Ciamis, 13 April 1974
  • Agama : Islam
  • Bidang Keahlian : Pendidikan IPA
  • Email :Ā 
  • Status Dosen : Dosen Tetap PNS
  • Golongan/Pangkat : IV/a / Pembina
  • Jabatan Fungsional : Lektor KepalaĀ 

Riwayat Pendidikan

  • Pendidikan S1 : Fisika (Universitas Hasanuddin)
  • Pendidikan S2 : Pendidikan Fisika Sekolah Lanjut (Universitas Pendidikan Indonesia)
  • Pendidikan S3 : Pendidikan IPA (Universitas Pendidikan Indonesia)
  • Fisika Dasar I dan II
  • Konsep Dasar Fisika Sekolah I dan II
  • Listrik Magnet
  • Pembelajaran IPA/Sains SD dan SMP
  • Standar Pendidik IPA
  • Metodologi Penelitian Pendidikan Fisika
  • Gelombang dan Optik (S1/S2)
  • Statistik Penelitian Pendidikan IPA (S2)
  • Konsep Dasar Sains SD
  • Komprehensip
  • Pengetahuan Bumi dan Antariksa (S2)
  • Statistik Pendidikan

2020

Analyzing the Studentsā€™ Conceptual Change on Kinetic Theory of Gases as a Learning Effect though Computer Simulations-Assisted Conceptual Change Model

8 (2), 25437

Ā 

Universal Journal of Ā Educational

Research

2020

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa

8 (3)

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika

Tadulako Online)

2020

Analisis Soal Higher Order Thinking Skills

(HOTS) Bentuk Essay yang dibuat oleh Guru Fisika SMA di Kota Palu

8 (2)

JPFT (Jurnal

Pendidikan Fisika

Tadulako Online)

2021

Pengaruh Pendekatan Conceptual Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Fisika Siswa

9 (1) 131135

JPFT (Jurnal

Pendidikan Fisika

Tadulako Online)

2021

The analysis of hypothesis-deductive reasoning ability in learning particle dynamics

1760 (1),

012005

IOP Conf.

Series: Journal of Physics: Conference Series

2021

The studentsā€™ approach patterns in thermodynamic problem-solving at SMA lab school UNTAD Palu

1760

(2021)

012036

IOP Conf.Series: Journal of Physics: Conference Series

2021

Effectiveness of Virtual Physics Laboratory (VPL) with Dry Cell Microscopic Simulation (DCMS) to Promote of Inquiry Activity about the Battery

1772 (1), 012006

Journal of Physics: Conference Series

Ā 

Ā 

Ā 

Ā 

2021

Development of Integrated Science Teaching Materials on Energy Materials with a Contextual Approach for Junior High School Students

1 (1), 10-19

JURNAL BANUA OGE TADULAKO

2021

Pengaruh Model Problem based Learning Berbasis Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Palu

1 (1), 20-26

JURNAL BANUA OGE TADULAKO

2021

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together berbantuan Alat Praktikum Sederhana terhadap Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Fluida Dinamis

9 (3), 14-22

Jurnal Kreatif Online

2021

Pengaruh Pendekatan Conceptual Problem Solving (Cps) Terhadap Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Fisika Siswa

9 (1), 7-14

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

2021

Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Fluida Statis Menggunakan Ranking Task Exercise

9 (1), 131-135

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

2022

Pengembangan Strategi Parocs Untuk Mengubah Konsepsi Alternatif Siswa Pada Konsep Kelembaman

29 (2), 226-242

JURNAL TARBIYAH

2022

Analysis of physics education students' difficulties in electricity and magnetic concepts in the covid-19 pandemic

10 (4), 766-777

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia

2022

PENGEMBANGAN STRATEGI PAROCS UNTUK MENGUBAH KONSEPSI ALTERNATIF SISWA PADA KONSEP KELEMBAMAN

29 (2), 226-242

URNAL TARBIYAH

2022

ANALISIS PEMECAHAN MASALAH KONSEP USAHA PADA MAHASISWA CALON GURU FISIKA

10 (3), 20-24

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

2023

Identifying Javanese Students' Conceptions on Fluid Pressure with Wright Map Analysis of Rasch

6 (2), 173-185

Journal of Natural Science and Integration

2023

Cybergogy Trends in Cognitive Psychology of Physics Learning: A Systematic Literature Review from 2019-2023 with NVivo

9 (2) 126-140

Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK)

2023

Improving Mental Models and Mental Modelling Ability in Electrical Circuit Context: A Problem-Solving Approach with House Installation Model

9 (12), 11422-11428

Jurnal Penelitian Pendidikan IPA

2023

Analisis Hasil Belajar Online Pada Materi Persamaan Keadaan Gas Ideal Siswa Sma Negeri 1 Tikke Raya Saat Wabah Covid 19

11 (3), 142-147

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

2024

Analisis Kesulitan Siswa Kelas XII SMA Labschool Untad Palu Dalam Menguasai Konsep Kelistrikan

12 (3), 185-191

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

2024

Development of DIGaKiT: identifying studentsā€™ alternative conceptions by Rasch analysis model

18 (1), 128-139

Journal of Education and Learning (EduLearn)

2024

Competence of Junior high Schools' Science Teachers in Implementing Laboratory Teaching: A Case Study on Palu, Centre Celebes

10 (6), 3114-3122

Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA)

2024

Exploring Technology-Driven Simulations in Practical Physics: Insights into Mechanical Measurements Concept

4 (3), 429-444

ASEAN Journal of Science and Engineering

2024

Identifikasi Penggunaan Perangkat Pembelajaran Fisika Kelas X SMA di Kota Palu Ditinjau dari Kebutuhan Belajar Abad 21

12 (2), 98-113

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

2024

A Review of Toulmin's Argumentation in Mathematics dan Science Learning: Implementation, Impact and the Role of the Teacher

25 (3), 1199-1213

Jurnal Pendidikan MIPA

2024

Pelatihan Implementasi Problem Based Learning (PBL) Laboratorium di SMP Negeri Kota Palu

5 (6), 918-924

Jurnal Abdidas

2025

Optimizing Differentiated Learning for Independence and Critical Thinking in Fifth Grade Student

10 (1), 521-527

Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru

2020

Pengembangan Perangkat Pembelajaran

Blended Learning Untuk Meningkatkan

Literasi Sains dan Literasi Digital

Mahasiswa

2021

Desain Kurikulum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Sekolah Menengah Atas di Sulawesi Tengah

2021

Analisis Kesulitan Mahasiswa Calon Guru Fisika Dalam Menguasai Materi Listrik Magnet di Masa Pandemi Covid-19

2021

Implementasi Metode Pembelajaran Case Metode Dalam Perkuliahan Metode Penelitian Pendidikan Fisika

2022

Evaluasi Kompetensi Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Guru Dan Siswa Tingkat Sekolah Mengengah Atas di Sulawesi Tengah

2022

Kompetensi Guru IPA SMP Negeri di Kota Palu Dalam Melaksanakan Pembelajaran Laboratorium

2023

Penelusuran Kemampuan Guru Fisika dalam Melakukan Refleksi Pembelajaran di Kota Palu

2023

Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah dan Gaya Belajar Peserta Didik Terhadap Keterampilan Abad 21 Di SMA

2023

Rancang Bangun dan Implementasi Augmented Reality - based Rebuttal Texts (ARaRaT) untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi, Conceptual Change, dan Mental State Towards Physics Siswa Indonesia.

2024

Pengaruh Gaya Belajar dan Pengalaman Belajar Terhadap Prestasi Mahasiswa Pendidikan Fisika Sebagai Deteksi Dini Permasalahan Akademik

2020

Pelatihan Bagi Kelompok Kerja Guru (KKG) SD Model Terpadu Madani Dalam Membuat dan Memanfaatkan Alat Sains Sederhana

2020

Pelatihan Applied Approach (AA) Tahun 2020 Pada Dosen Politeknik Kemenkes (POLTEKKES) Palu

2021

Pelatihan Bagi Kelompok Kerja Guru (KKG) SMP Kecamatan Marawola Dalam Membuat Kelas Daring

2022

Pendampingan pembuatan instrumen evaluasi online menggunakan Quizizz, google form, dan mentimeter bagi guru SD Islam Al-Hidayah Besusu

2023

Pendampingan pembuatan instrumen evaluasi online menggunakan Quizizz, google form, dan mentimeter bagi guru SMP Negeri 18 Palu

2024

Pelatihan kemampuan guru IPA di kota Palu dalam melakukan refleksi pembelajaran

2024

Pelatihan Implementasi Problem Based Learnig (PBL) Laboratorium di SMP Negeri Kota Palu

Ā