Mahasiswa mampu memahami nilai-nilai agama sebagai landasan dalam pembentukan karakter nasionalis, humanis dan bertanggung jawab. |
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap professional yang berlandaskan nilai-nilai agama dalam menjalankan peran dan tanggung jawabh sebagai warga negara dan tenaga profesional. |
Mahasiswa mampu mengembangakn kemampuan sebagai pembelajar sepanjang hayat yang berbasis nilai-nilai keagamaan untuk menghadapi tantangan kehidupan dan profesi |
Mahasiswa mampu menganalisis respon dan koordinasi organisme baik pada tingkat seluler maupun sistem organisme. |
Sub-CPMK 1.1: Menjelaskan konsep nilai-nilai agama yang mendasari pembentukan karakter nasionalis.
Sub-CPMK 1.2: Mengidentifikasi nilai-nilai agama yang membentuk sikap humanis dalam kehidupan bermasyarakat.
Sub-CPMK 1.3: Menganalisis peran nilai-nilai agama dalam membangun tanggung jawab individu dan sosial.
Sub-CPMK 2.1: Menerapkan nilai-nilai agama dalam bersikap adil dan berintegritas sebagai warga negara.
Sub-CPMK 2.2: Mendemonstrasikan etika profesional berbasis nilai keagamaan dalam lingkungan kerja.
Sub-CPMK 2.3: Mengevaluasi kasus aktual terkait tanggung jawab sosial dan profesional berdasarkan perspektif agama.
–
Mata kuliah pengantar pendidikan ini merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa sebagai calon guru untuk melaksanakan tugas dengan wawasan ilmu pendidikan yang meliputi komponen pendidikan dan aspek- aspeknya sebagaimana dikembangkan pada RPS ini.
Konsep Aqidah Islam
Hakikat Manusia dalam Islam
Konsep Hukum Islam
Konsep Akhlak dan Pengaplikasiannya dalam Berperilaku
IPTEKS dalam Islam (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni)
Pluralisme dan Toleransi dalam Islam
Konsep Kebudayaan Islam
Ekonomi Syariah
Sistem Politik dalam Islam
Moderasi Beragama (Perbaikan penulisan dari “Mosderasi”)
Utama:
Pendukung:
Pertemuan | Kemampuan yang Diharapkan (Sub-CPMK) | Indikator | Bahan Kajian/Materi Pembelajaran | Pendekatan/Model/Strategi Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Bobot Penilaian |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | Memahami visi, misi, dan proses pembelajaran PAI di PTU | 1. Menjelaskan gambaran umum perkuliahan. 2. Menguraikan pengertian dan ruang lingkup PAI. | – Kontrak Perkuliahan dan RPS. – Pengantar PAI: Teori dan Ruang Lingkup. | Metode: Ceramah, diskusi, presentasi. Strategi: Case study. Tugas: Tes awal baca Al-Qur’an (1×50 menit). | Partisipasi aktif, kuis. | 5% |
2 | Menganalisis konsep Akidah Islam | 1. Menjelaskan pengertian, sumber hukum, dan tingkatan akidah. 2. Menganalisis iman, rukunnya, dan tantangan di era modern. | – Konsep Akidah Islam. – Teori Iman dan Tantangan Modern. | Metode: Ceramah, diskusi kelompok. Tugas: Membuat makalah Akidah Islam (1×50 menit). | Partisipasi, kuis. | 10% |
3 | Menganalisis konsep manusia dalam Islam | 1. Menguraikan proses penciptaan manusia. 2. Membedakan dimensi manusia. 3. Mengaitkan manusia sebagai khalifah dan hamba Allah. | – Proses penciptaan manusia. – Struktur dimensi manusia. – Peran khalifah. | Metode: Team-based project. Tugas: Mind mapping dimensi manusia (2×50 menit). | Presentasi, diskusi. | 10% |
4 | Mengaplikasikan konsep hukum Islam | 1. Menjelaskan ruang lingkup hukum Islam. 2. Mengimplementasikan fungsi hukum Islam. 3. Menganalisis aktualisasi di Indonesia. | – Ruang lingkup hukum Islam. – Fungsi dan aktualisasi. | Metode: Case study. Tugas: Analisis kasus hukum Islam (2×50 menit). | Partisipasi, kuis. | 10% |
5-6 | Menganalisis akhlak dalam Islam | 1. Membedakan etika, moral, dan akhlak. 2. Menelaah dasar akhlak (Al-Qur’an & Hadits). 3. Merealisasikan akhlak dalam kehidupan. | – Konsep akhlak. – Hubungan akhlak-tasawuf. – Hak Asasi Manusia. | Metode: Diskusi, presentasi. Tugas: Studi kasus akhlak (2×50 menit). | Kuis, proyek kelompok. | 15% |
7 | Menganalisis IPTEKS dalam Islam | 1. Menjelaskan IPTEKS dalam perspektif Islam. 2. Mengintegrasikan ilmu, iman, dan amal. 3. Menilai tantangan IPTEKS. | – IPTEKS dalam Islam. – Peradaban Islam. | Metode: Team-based project. Tugas: Karya seni Islami (2×50 menit). | Presentasi, partisipasi. | 10% |
8 | UTS | – | – | – | – | – |
9-10 | Menganalisis pluralisme dan toleransi | 1. Menguraikan pluralisme dan toleransi. 2. Menelaah konsep ukhuwah Islamiyah. | – Pluralisme dan toleransi. – Ukhuwah Islamiyah. | Metode: Case study. Tugas: Makalah toleransi (2×50 menit). | Diskusi, kuis. | 15% |
11 | Menguraikan kebudayaan Islam | 1. Menjelaskan hakikat kebudayaan Islam. 2. Mengidentifikasi unsur-unsur budaya Islam. | – Kebudayaan Islam. – Nilai-nilai budaya. | Metode: Presentasi kelompok. Tugas: Analisis budaya (2×50 menit). | Partisipasi, kuis. | 10% |
12-13 | Menganalisis ekonomi syariah | 1. Menjelaskan prinsip ekonomi syariah. 2. Membandingkan ekonomi syariah-konvensional. | – Ekonomi syariah. – Perbedaan dengan konvensional. | Metode: Diskusi, studi kasus. Tugas: Analisis ekonomi syariah (2×50 menit). | Presentasi, esai. | 15% |
14 | Mendeskripsikan politik Islam | 1. Menjelaskan nilai dasar politik Islam. 2. Menganalisis politik era Nabi dan sahabat. | – Politik dalam Islam. – Hubungan agama-politik. | Metode: Proyek, debat. Tugas: Esai politik Islam (2×50 menit). | Partisipasi, presentasi. | 10% |
15-16 | UAS/ Presentasi “Moderasi Beragama” | 1. Membuat video pembelajaran. 2. Presentasi kelompok. | – Moderasi beragama. | Strategi: Project-based learning. Tugas: Video dan presentasi (2×50 menit). | Penilaian proyek. | 15% |