RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATAKULIAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI​

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATAKULIAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI​
  • CPL6: Mampu menggunakan TIK untuk pengembangan diri dan pembelajaran fisika yang inovatif.
  • CPMK1 Mahasiswa mampu mengusai aplikasi komputer pengelolaan kata, agka, data dan grafis di bidang pendidikan sebagai upaya menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 
  • CPMK2 Mahasiswa mampu menerapkan keterampilan penggunaan aplikasi komputer di bidang pendidikan sebagai bentuk upaya menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri 
  • CPMK 3 Mahasiswa mampu menganalisis jenis jenis aplikasi komputer di bidang pendidikan sebagai bentuk upaya menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri 
  • Mahasiswa dapat memahami mata kuliah aplikasi komputer 
  • Mahasiswa mampu menerapkan aplikasi pengolah kata pada topik membuat daftar isi otomatis 
  • Mahasiswa mampu menerapkan aplikasi pengolah kata pada topik membuat daftar tabel dan daftar gambar otomatis 
  • Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi komputer untuk menelusuri berbagai referensi karya ilmiah  
  • Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi komputer untuk membuat daftar kutipan dan daftar pustaka otomatis 
  • Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi komputer pengolah kata untuk penulisan proposal berdasarkan pedoman penulisan karya tulis ilmiah FKIP UNTAD 
  • Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi komputer pengolah kata untuk membuat bahan presentasi 
  • Mahasiswa mampu menerapkan aplikasi pengolah angka pada operasi dasar 
  • Mahasiswa mampu menerapkan aplikasi pengolah angka dan data pada operasi statistik 
  • Mahasiswa mampu menerapkan aplikasi pengolah angka dan data pada operasi statistik 
  • Mahasiswa mampu menerapkan aplikasi pengolah angka dan data pada operasi statistik 
  • Mahasiswa mampu menerapkan aplikasi pengolah grafis pada bidang pendidikan 
  • Mahasiswa mampu menerapkan aplikasi pengolah grafis pada bidang pendidikan 
  • Mahasiswa mampu menerapkan aplikasi pengolah grafis pada bidang pendidikan 

Mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari berbagai aplikasi komputer yang digunakan untuk mengelola kata, angka, data, dan grafis di bidang pendidikan. 

  • Membuat Daftar Isi Otomatis
  • Membuat Daftar Tabel dan Daftar Gambar
  • Menelusuri Referensi
  • Membuat daftar kutipan dan pustaka otomatis
  • Aplikasi Komputer bidang Pengolahan angka
  • Aplikasi Komputer bidang Pengolahan data
  • Aplikasi Komputer bidang Pengolahan desain grafis
  1. Adi, S. (2020). Panduan Lengkap Microsoft Word: Membuat Daftar Isi, Daftar Tabel, dan Daftar Gambar Secara Otomatis. Jakarta: Penerbit Informatika.
  2. Budiarto, A. (2019). Teknik Menelusuri Referensi dan Membuat Daftar Pustaka Otomatis dengan Mendeley. Yogyakarta: Penerbit Andi.
  3. Cahyono, T. (2021). Aplikasi Komputer untuk Pengolahan Angka: Microsoft Excel dan Google Sheets. Bandung: Penerbit Media Karya.
  4. Dewi, R. (2018). Pengolahan Data dengan Aplikasi Komputer: SPSS, Python, dan R. Surabaya: Penerbit Surya Gemilang.
  5. Firdaus, M. (2022). Desain Grafis untuk Pemula: Menguasai Adobe Photoshop dan CorelDRAW. Malang: Penerbit Kreatif Media.
  6. Handayani, D. (2020). Membuat Daftar Kutipan dan Daftar Pustaka Otomatis dengan Zotero. Semarang: Penerbit Aplikasi Cerdas.
  7. Pratama, H. (2019). Pengantar Aplikasi Komputer dalam Pengolahan Data dan Desain Grafis. Jakarta: Penerbit Buku Komputasi.
  8. Sari, N. (2021). Mengoptimalkan Microsoft Word untuk Penulisan Skripsi dan Laporan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
  9. Setiawan, E. (2020). Aplikasi Komputer dalam Pengolahan Angka: Analisis Data dengan Excel. Surakarta: Penerbit Cerdas Digital.
  10. Wijaya, B. (2022). Desain Grafis Modern: Teknik dan Aplikasi dengan Adobe Illustrator. Bandung: Penerbit Media Kreatif.

Pelakasanaan Perkuliahan

PertKemampuan Yang Diharapkan (SUB-CPMK)PenilaianBentuk Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Penugasan Mahasiswa, [Estimasi Waktu]Materi PembelajaranBobot
1Mahasiswa dapat memahami mata kuliah aplikasi komputer1.1. Melakukan kontrak perkuliahan.
1.2. Menjelaskan gambaran umum perkuliahan
PresentasiKontrak perkuliahan dan RPS50
2Mahasiswa mampu menerapkan aplikasi pengolah kata pada topik membuat daftar isi otomatis2.1 Mengetahui cara pembuatan daftar isi otomatis
2.2 Membuat daftar isi otomatis
Demonstrasi dan Simulasi
Penugasan Terstruktur
Daftar Isi Otomatis pada aplikasi pengolah kata50
3Mahasiswa mampu menerapkan aplikasi pengolah kata pada topik membuat daftar tabel dan daftar gambar otomatis3.1 Mengetahui cara pembuatan daftar tabel dan daftar gambar otomatis
3.2 Membuat daftar tabel dan daftar gambar otomatis
Demonstrasi dan Simulasi
Penugasan Terstruktur
Daftar tabel dan daftar gambar Otomatis pada aplikasi pengolah kata50
4Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi komputer untuk menelusuri berbagai referensi karya ilmiah4.1 Mengetahui cara menelusuri referensi untuk penulisan karya ilmiah
4.2 mengumpulkan referensi, membuat daftar kutipan dan daftar pustaka
Demonstrasi dan Simulasi
Penugasan Terstruktur
Menelusuri referensi karya ilmiah, membuat daftar kutipan dan daftar pustaka50
5Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi komputer untuk membuat daftar kutipan dan daftar pustaka otomatis5.1 Mengetahui cara menelusuri menghubungkan aplikasi referensi dan pengolah kata
5.2 Membuat daftar kutipan dan daftar pustaka otomatis
Demonstrasi dan Simulasi
Penugasan Terstruktur
Membuat daftar kutipan dan daftar pustaka Otomatis50
6Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi komputer pengolah kata untuk penulisan proposal berdasarkan pedoman penulisan karya tulis ilmiah FKIP UNTAD6.1 Mengetahui cara menelusuri menghubungkan aplikasi referensi dan pengolah kata
6.2 Membuat daftar kutipan dan daftar pustaka otomatis
Demonstrasi dan Simulasi
Penugasan Terstruktur
Layout, Editing, Drawing, Numbering, Stylish dan Pembuatan Template50
7Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi komputer pengolah kata untuk membuat bahan presentasi7.1 Mengetahui dasar-dasar penggunaan aplikasi presentasi
7.2 Membuat bahan presentasi menggunakan aplikasi pengolah kata
Demonstrasi dan Simulasi
Penugasan Terstruktur
Layout, Editing, Drawing, Numbering, Stylish dan Pembuatan Template bahan presentasi50
8UTSTugasPenugasan TerstrukturUTS25
9Mahasiswa mampu menerapkan aplikasi pengolah angka pada operasi dasarMengetahui cara penggunaan aplikasi pengolah angka dan data pada operasi dasarDemonstrasi dan Simulasi
Penugasan Terstruktur
Operasi dasar aplikasi pengolah angka dan data50
10Mahasiswa mampu menerapkan aplikasi pengolah angka dan data pada operasi statistik10.1 Mengetahui cara penggunaan aplikasi pengolah angka dan data pada operasi statistik
10.2 Membuat dan menggunakan aplikasi pengolah data statistik
Demonstrasi dan Simulasi
Penugasan Terstruktur
Operasi dasar aplikasi pengolah angka dan data pada operasi statistik50
11Mahasiswa mampu menerapkan aplikasi pengolah angka dan data pada operasi statistik11.1 Mengetahui cara penggunaan aplikasi pengolah angka dan data pada operasi statistik
11.2 Membuat dan menggunakan aplikasi pengolah data statistik
Demonstrasi dan Simulasi
Penugasan Terstruktur
Operasi dasar aplikasi pengolah angka dan data pada operasi statistik50
12Mahasiswa mampu menerapkan aplikasi pengolah angka dan data pada operasi statistik12.1 Mengetahui cara penggunaan aplikasi pengolah angka dan data pada operasi statistik
12.2 Membuat dan menggunakan aplikasi pengolah data statistik
Demonstrasi dan Simulasi
Penugasan Terstruktur
Operasi dasar aplikasi pengolah angka dan data pada operasi statistik50
13Mahasiswa mampu menerapkan aplikasi pengolah grafis pada bidang pendidikan13.1 Mengetahui cara penggunaan aplikasi pengolah grafis pada bidang pendidikan
13.2 Membuat dan menggunakan aplikasi pengolah grafis pada bidang pendidikan
Demonstrasi dan Simulasi
Penugasan Terstruktur
Aplikasi komputer pengolahan grafis pada bidang pendidikan50
14Mahasiswa mampu menerapkan aplikasi pengolah grafis pada bidang pendidikan14.1 Mengetahui cara penggunaan aplikasi pengolah grafis pada bidang pendidikan
14.2 Membuat dan menggunakan aplikasi pengolah grafis pada bidang pendidikan
Demonstrasi dan Simulasi
Penugasan Terstruktur
Aplikasi komputer pengolahan grafis pada bidang pendidikan50
15Mahasiswa mampu menerapkan aplikasi pengolah grafis pada bidang pendidikan15.1 Mengetahui cara penggunaan aplikasi pengolah grafis pada bidang pendidikan
15.2 Membuat dan menggunakan aplikasi pengolah grafis pada bidang pendidikan
Demonstrasi dan Simulasi
Penugasan Terstruktur
Aplikasi komputer pengolahan grafis pada bidang pendidikan50
16UAS   25

Penilaian

Baca Juga: Kimia Dasar
  • Bobot Case Method: 20
  • Bobot Proyek: 20
  • Partisipasi dalam kelas/forum LMS: 10
  • UTS atau UAS : 50