RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATAKULIAH ELEKTRONIKA 1

ELEKTRONIKA I
  • CPL2: Menguasai konsep fisika klasik dan fisika modern
  • CPL7: Mampu merancang, melaksanakan dan mengembangkan eksperimen fisika 
  • CPMK1: Mampu  menjelaskan dan memahami rangkaian DC dan AC, Rangkaian Pengganti Thevenin dan Norton, komponen pasif, komponen aktif, diode, transistor, penguat op amp, osilator. 
  • CPMK2: Mampu menganalis  persoalan rangkaian DC dan AC, Rangkaian Pengganti Thevenin dan Norton, komponen pasif, komponen aktif, diode, transistor, penguat op amp, osilator. 
  • CPMK3: Mampu  melakukan eksperimen dan percobaan terkait komponen pasif, komponen aktif, diode, transistor, penguat op amp,  osilator  

SubCPMK1: Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami rangkaian DC dan AC 

SubCPMK2: Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami rangkaian Thevenin dan Norton 

SubCPMK3: Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami komponen aktif dan pasif 

Baca Juga: Kimia Dasar

SubCPMK4: Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami karakteristik diode, transistor, op amp, osilator 

 SubCPMK5: Mahasiswa mampu menganalisis rangkaian DC, AC 

Baca Juga: Kalkulus

SubCPMK6: Mahasiswa mampu menganalisis rangkaian Thevenin, Norton 

SubCPMK7: Mahasiswa mampu menganalisis rangkaian dengan menggunakan diode dan transistor 

Baca Juga: Bahasa Inggris

SubCPMK8: Mahasiswa mampu menganalisis rangkaian op amp dan osilator. 

SubCPMK9:  Mahasiswa mampu melakukan eksperimen  dan menyusun laporan dengan menggunakan komponen aktif, pasif, diode dan transistor. 

Mata kuliah ini merupakan matakuliah wajib bersyarat dengan materi menyangkut pemahaman rangkaian DC dan AC, Rangkaian Pengganti Thevenin dan Norton, komponen pasif, komponen aktif, dioda, transistor, penguat op amp, osilator. pada matakuliah ini penilaian dilakukan dengan tagiah diskusi, tugas, teskinerja, dan ujian akhir sehingga mahasiswa diharapkan menguasai pemahaman konsep fisika khusunya dibidang elektronika dasar. 

  • Konsep dan teori rangkaian DC dan AC, Rangkaian Pengganti Thevenin dan Norton, komponen pasif, komponen aktif, dioda, transistor, penguat op amp, osilator  
  • Menganalisis persoalan tentang rangkaian DC dan AC, Rangkaian Pengganti Thevenin dan Norton, komponen pasif, komponen aktif, diode, transistor, penguat op amp, osilator; dan 
  • Melakukan eksperimen terkait rangkaian DC dan AC, Rangkaian Pengganti Thevenin dan Norton, komponen pasif, komponen aktif, diode, transistor, penguat op amp, osilator. 
  • Sedra A.S, Smith K.C, 2004. Microelectronic Circuits, Oxford University Press. 
  • Millman, J., Grabel, A. 2008 Microelectronics, Mc Graw Hill. 
  • Robert Boylestad, Louis Nashelsky. Electronic Devices and Circuit Theory, Prentice Hall. 
  • Richard C. Jaeger, Travis N. Blalock. Microelectronic Circuit Design, McGraw-Hill. 
  • Neamen D.A 2010. Microelectronics Circuit Analysis and Design, Mc-Graw Hill. 

Rencana Pembelajaran

Pekan Ke-CPL & CPMKMateri Pembelajaran & Sub-CPMKPenilaian & IndikatorBentuk Pembelajaran & Bobot (%)
1Kontrak kuliah   
2CPL3; CPMK1; CPMK2SubCPMK1: Rangkaian DC dan AC
Teknik Penilaian: Tanya jawab langsung dalam kelas, Tugas
Indikator Penilaian: Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami serta menganalisis rangkaian DC dan AC
Teknik Penilaian: Tes
Kriteria Penilaian: Ketepatan, kecermatan, sistematika, kelogisan
Bentuk Pembelajaran: Kuliah TM: [1 x 3 x 50″], MP1: Team based project BM [1 x 3 x 60″], PT [1 x 3 x 60″]
Bobot Penilaian: 10%
3CPL3; CPMK1; CPMK2SubCPMK2: Rangkaian Pengganti Thevenin
Teknik Penilaian: Tanya jawab langsung dalam kelas, Tugas
Indikator Penilaian: Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami serta menganalisis rangkaian Thevenin
Teknik Penilaian: Tes
Kriteria Penilaian: Ketepatan, kecermatan, sistematika, kelogisan
Bentuk Pembelajaran: Kuliah TM: [1 x 3 x 50″], MP1: Team based project BM [1 x 3 x 60″], PT [1 x 3 x 60″]
Bobot Penilaian: 10%
4,5CPL3; CPMK1; CPMK2SubCPMK2: Rangkaian Pengganti Norton
Teknik Penilaian: Tanya jawab langsung dalam kelas, Tugas
Indikator Penilaian: Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami serta menganalisis rangkaian Norton
Teknik Penilaian: Tes
Kriteria Penilaian: Ketepatan, kecermatan, sistematika, kelogisan
Bentuk Pembelajaran: Kuliah TM: [1 x 3 x 50″], MP1: Team based project BM [1 x 3 x 60″], PT [1 x 3 x 60″]
Bobot Penilaian: 10%
6,7CPL3; CPMK1SubCPMK3: Komponen pasif, Komponen aktif
Teknik Penilaian: Tanya jawab langsung dalam kelas, Tugas
Indikator Penilaian: Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami komponen aktif dan pasif
Teknik Penilaian: Tes
Kriteria Penilaian: Ketepatan, kecermatan, sistematika, kelogisan
Bentuk Pembelajaran: Kuliah TM: [1 x 3 x 50″], MP1: Team based project BM [1 x 3 x 60″], PT [1 x 3 x 60″]
Bobot Penilaian: 10%
8CPL3; CPL7; CPMK1; CPMK2; CPMK3SubCPMK4, SubCPMK7, SubCPMK9: Dioda
Teknik Penilaian: Tanya jawab langsung dalam kelas, Tugas
Indikator Penilaian: Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami, dan menganalisis komponen diode. Mahasiswa mampu melakukan eksperimen dengan menggunakan komponen diode dan transistor.
Teknik Penilaian: Tes
Kriteria Penilaian: Ketepatan, kecermatan, sistematika, kelogisan
Bentuk Pembelajaran: Kuliah TM: [1 x 3 x 50″], MP1: Team based project BM [1 x 3 x 60″], PT [1 x 3 x 60″]
Bobot Penilaian: 10%
9UTS   
10, 11CPL3; CPL7; CPMK1; CPMK2; CPMK3SubCPMK4, SubCPMK7, SubCPMK9: Transistor
Teknik Penilaian: Tanya jawab langsung dalam kelas, Tugas
Indikator Penilaian: Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami, dan menganalisis komponen transistor. Mahasiswa mampu melakukan eksperimen dengan menggunakan komponen transistor.
Teknik Penilaian: Tes
Kriteria Penilaian: Ketepatan, kecermatan, sistematika, kelogisan
Bentuk Pembelajaran: Kuliah TM: [1 x 3 x 50″], MP1: Team based project BM [1 x 3 x 60″], PT [1 x 3 x 60″]
Bobot Penilaian: 20%
12, 13CPL3; CPL7; CPMK1; CPMK2; CPMK3SubCPMK4, SubCPMK8, SubCPMK9: Penguat op amp
Teknik Penilaian: Tanya jawab langsung dalam kelas, Tugas
Indikator Penilaian: Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami, dan menganalisis penguat op amp
Teknik Penilaian: Tes
Kriteria Penilaian: Ketepatan, kecermatan, sistematika, kelogisan
Bentuk Pembelajaran: Kuliah TM: [1 x 3 x 50″], MP1: Team based project BM [1 x 3 x 60″], PT [1 x 3 x 60″]
Bobot Penilaian: 20%
14, 15CPL3; CPL7; CPMK1; CPMK2; CPMK3SubCPMK4, SubCPMK8, SubCPMK9: Osilator
Teknik Penilaian: Tanya jawab langsung dalam kelas, Tugas
Indikator Penilaian: Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami, dan menganalisis osilator
Teknik Penilaian: Tes
Kriteria Penilaian: Ketepatan, kecermatan, sistematika, kelogisan
Bentuk Pembelajaran: Kuliah TM: [1 x 3 x 50″], MP1: Team based project BM [1 x 3 x 60″], PT [1 x 3 x 60″]
Bobot Penilaian: 10%
16UAS   

Catatan:

  • Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  • CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan.
  • Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut. CPMK diturunkan dari CPL.
  • Sub-CPMK adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran. Sub-CPMK bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut dan diturunkan dari CPMK.
  • Penilaian Formatif: Bertujuan memantau perkembangan belajar mahasiswa, memberikan umpan balik agar mahasiswa memenuhi capaian pembelajarannya, dan memperbaiki proses pembelajaran.
  • Penilaian Sumatif: Bertujuan untuk menilai pencapaian hasil belajar mahasiswa sebagai dasar penentuan kelulusan mata kuliah dan kelulusan program studi, dengan mengacu pada pemenuhan capaian pembelajaran lulusan (bentuk ujian tertulis, ujian lisan, penilaian proyek, penilaian tugas, uji kompetensi, dan/atau bentuk penilaian lain yang sejenis).
  • Indikator Penilaian: Pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  • Kriteria Penilaian: Patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kriteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kriteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  • Bentuk Pembelajaran: Kuliah; Responsi dan Tutorial; Seminar; Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan; Penelitian, Perancangan, atau Pengembangan; Pelatihan Militer; Pertukaran Pelajar; Magang; Wirausaha; dan/atau bentuk lain Pengabdian Kepada Masyarakat.
  • Metode Pembelajaran: Diskusi kelompok (Small Group Discussion), Simulasi (Role-Play & Simulation), Studi Kasus (Case Study), Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning), Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning), Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning), Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning), atau metode pembelajaran lainnya yang dapat secara efektif memfasilitasi pemenuhan capaian pembelajaran lulusan.
  • Materi Pembelajaran: Rincian atau uraian dari bahan kajian yang dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  • Bobot Penilaian: Persentase penilaian terhadap setiap pencapaian Sub-CPMK yang besarnya proporsional dengan tingkat kesulitan pencapaian Sub-CPMK tersebut, dengan total 100%.
  • PB = Proses Belajar, PT = Penugasan Terstruktur, KM = Kegiatan Mandiri.