PENDAMPINGAN PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR DALAM PENGUATAN SEKOLAH PENGGERAK MELALUI OPTIMALISASI PERAN KOMUNITAS BELAJAR DI KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Tim pengabdi dari FKIP Universitas Tadulako telah melakukan pengabdian kepada masyarakat yang berjudul “Pendampingan Platform Merdeka Mengajar dalam penguatan Sekolah Penggerak Melalui Optimalisasi Peran Komunitas Belajar, kegiatan dilaksanakan pada sekolah penggerak angakatan 3 di Kabupaten Parigi Moutong. Tim pengabdi mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalkan peran komunitas belajar dan Meningkatkan motivasi kerja dalam proses belajar mengajar melalui pemanfaatan platform merdeka mengajar.

 

Dalam prosesnya masih terdapat guru guru yang belum memahami terkait dengan penggunaan aplikasi Platform Merdek Mengajar, olehnya tim PKM  melalui kegiatan lokakarya membantu guru memahami fitur dan fungsi dari platform Merdeka Mengajar. Dengan demikian, mereka dapat memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada di platform untuk menunjang proses pembelajaran, seperti modul, video pembelajaran, dan perangkat lainnya, sebagai tindak lanjutnya, Melalui optimalisasi komunitas belajar, lokakarya ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan di mana guru dapat berbagi pengalaman, praktik terbaik, dan tantangan yang dihadapi dalam penggunaan platform. Hal ini memperkuat kolaborasi antar guru, memungkinkan mereka untuk belajar satu sama lain dan menemukan solusi bersama. Dari hal ini pula mencakup peningkatan literasi digital guru, agar mereka lebih mahir dalam memanfaatkan teknologi pendidikan melalui platform Merdeka Mengajar

Tim pengabdi berharap bahwa kegiatan kegiatan melalui komunitas belajar dapat terus dilaksanakan sesuai dengan program yang telah disusun, terutama terkait dengan pemanfaatan digitalisasi berupa Platform Merdeka Mengajar.

 

Terkait