RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATAKULIAH FISIKA SEKOLAH 1

Menguasai konsep-konsep dasar dan teori-teori pendidikan, termasuk kurikulum, perkembangan siswa, pedagogi, teori belajar, standar pendidikan, h
  • CPL2: Menguasai konsep teoretis fisika klasik dan modern.
  • CPL 3: Menguasai konsep-konsep dasar dan teori-teori pendidikan, termasuk kurikulum, perkembangan siswa, pedagogi, teori belajar, standar pendidikan, hakikat sains, dan cara berpikir ilmiah

CPMK 1: Memahami Standar Isi Fisika Kelas X.
CPMK 2: Memahami konsep besaran, satuan, dan vektor
CPMK 3: Memahami konsep gerak lurus dan gerak melingkar.
CPMK 4: Memahami dinamika partikel dan rotasi benda tegar.
CPMK 5: Memahami konsep usaha, energi, impuls, momentum, dan tumbukan.
CPMK 6: Memahami konsep fluida, suhu, dan kalor
CPMK 7: Memahami teori kinetik gas dan termodinamika.

Sub CPMK 1: Mahasiswa mampu memahami Standar Isi, khususnya SK dan KD mata pelajaran Fisika di kelas X
Sub CPMK 2: Mahasiswa mampu memahami konsep besaran dan satuan
Sub CPMK 3: Mahasiswa mampu memahami konsep gerak lurus
Sub CPMK 4: Mahasiswa mampu memahami konsep gerak melingkar
Sub CPMK 5: Mahasiswa mampu memahami konsep dinamika partikel
Sub CPMK 6: Mahasiswa mampu memahami konsep usaha dan energi
Sub CPMK 7: Mahasiswa mampu memahami konsep impuls momentum dan tumbukan
Sub CPMK 8: Mahasiswa mampu memahami dinamika rotasi dan benda tegar
Sub CPMK 9: Mahasiswa mampu memahami konsep fluida
Sub CPMK 10: Mahasiswa mampu memahami konsep suhu dan kalor
Sub CPMK 11: Mahasiswa mampu memahami teori kinetik gas dan termodinamika

I Wayan Darmadi, S.Pd., M.Si

Mata kuliah Fisika Sekolah 1 adalah salah satu mata kuliah yang dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dasar dalam konsep-konsep fisika yang umum diajarkan di tingkat sekolah menengah (SMA). Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip dasar fisika serta kemampuan untuk mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam konteks pengajaran di tingkat sekolah

MP 1: Besaran, Satuan, dan Pengukuran

  • Besaran, satuan, dan dimensi

  • Pengukuran

  • Operasi vektor

MP 2: Gerak Lurus

  • Jarak dan perpindahan

  • Kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata

  • Gerak lurus beraturan (GLB)

  • Gerak lurus berubah beraturan (GLBB)

MP 3: Gerak Melingkar dan Parabola

  • Gerak parabola

  • Komponen-komponen gerak melingkar

  • Gerak melingkar beraturan (GMB)

  • Gerak melingkar berubah beraturan (GMBB)

MP 4: Dinamika Partikel

  • Dinamika partikel pada gerak lurus

  • Hukum Newton tentang gerak

  • Diagram gaya

  • Gaya gesekan

  • Gaya sentripetal

MP 5: Usaha dan Energi

  • Usaha

  • Energi kinetik

  • Energi potensial

  • Hukum kekekalan energi

MP 6: Impuls, Momentum, dan Tumbukan

  • Konsep impuls dan momentum

  • Hukum kekekalan momentum

  • Hubungan hukum Newton dan tumbukan

  • Macam-macam tumbukan

MP 7: Dinamika Rotasi

  • Konsep dan aplikasi dinamika rotasi

MP 8: Fluida

  • Fluida dinamis

  • Persamaan kontinuitas

  • Persamaan Bernoulli

  • Teorema Torricelli

MP 9: Suhu dan Kalor

  • Suhu dan pengukurannya

  • Kalor dan perubahan suhu

  • Kalor dan perubahan wujud

  • Kalor dan pemuaian zat

  • Perpindahan kalor

MP 10: Teori Kinetik Gas dan Termodinamika

  • Teori kinetik gas

  • Gas ideal

  • Bilangan Avogadro

  • Hukum pertama dan kedua termodinamika

  • Formulasi usaha dan kalor

  • Siklus Carnot

Utama:

  • Resnick, Robert dan Halliday, David. Physics I, John Willey & Sons, USA  
  • Sutrisno, (1986). Seri Fisika Fisika Dasar, ITB, Bandung. 
  • Tipler,A.Paul . (1991). Fisika untuk Sains dan Teknik II. Erlangga, Jakarta. 
  • Buku Fisika SMA Kelas X dan XI

Pendukung:

  • Widyaparamita, Darmadi, I.W., & Saehana, S. (2021). The effect of physics learning with the use of gasing and boat toys media on student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1760(1), 012055.

Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

PertKemampuan Yang Diharapkan (SUB-CPMK)PenilaianBentuk PembelajaranMetode PembelajaranPenugasan MahasiswaMateri PembelajaranBobotReferensi
1Mahasiswa mampu memahami Standar Isi, khususnya SK dan KD mata pelajaran Fisika di kelas XKriteria Penilaian:
– Pemahaman konsep dan penerapan
– Ketepatan analisis dan penyelesaian masalah
Bentuk Penilaian:
– Tes tertulis, diskusi, problem-solving
Tatap Muka KlasikalCeramah, Tanya JawabKontrak PerkuliahanRef. 4
2-3

Mahasiswa mampu memahami konsep besaran dan satuan

Sub-Kemampuan:
– Menjelaskan besaran pokok dan turunan
– Memahami dimensi
– Menjelaskan operasi vektor

Kriteria Penilaian:
– Pemahaman konsep dan penerapan
– Ketepatan analisis dan penyelesaian masalah
Bentuk Penilaian:
– Tes tertulis, diskusi, problem-solving
Tatap Muka KlasikalStudent Center Learning (Ceramah, Presentasi, Diskusi)Mengkaji materi SMA:
– Besaran, satuan, dan pengukuran
– Dimensi
– Operasi vektor
Besaran, satuan, dan pengukuran
Besaran, satuan, dan dimensi
Pengukuran
Operasi vektor
Ref. 1, 2, 3, 4
4

Mahasiswa mampu memahami konsep gerak lurus

Sub-Kemampuan:
– Menjelaskan jarak dan perpindahan
– Menganalisis kelajuan dan kecepatan rata-rata
– Memahami GLB dan GLBB

Kriteria Penilaian:
– Pemahaman konsep dan penerapan
– Ketepatan analisis dan penyelesaian masalah
Bentuk Penilaian:
– Tes tertulis, diskusi, problem-solving
Tatap Muka KlasikalStudent Center Learning (Ceramah, Presentasi, Diskusi)Mengkaji materi SMA:
– Gerak lurus
Gerak lurus
Jarak dan perpindahan
Kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata
Gerak lurus beraturan (GLB)
Gerak lurus berubah beraturan (GLBB)
Ref. 1, 2, 3, 4
5

Mahasiswa mampu memahami konsep gerak melingkar

Sub-Kemampuan:
– Memahami besaran gerak melingkar
– Menjelaskan kecepatan sudut
– Hubungan kecepatan linear (v) dan kecepatan anguler (ω)
– Memahami percepatan sentripetal
– Memahami GMB dan GMBB

Kriteria Penilaian:
– Pemahaman konsep dan penerapan
– Ketepatan analisis dan penyelesaian masalah
Bentuk Penilaian:
– Tes tertulis, diskusi, problem-solving
Tatap Muka KlasikalStudent Center Learning (Ceramah, Presentasi, Diskusi)Mengkaji materi SMA:
– Gerak melingkar
Gerak Melingkar:
– Komponen gerak melingkar
– Gerak Melingkar Beraturan (GMB)
– Gerak melingkar berubah beraturan (GMBB)
Ref. 1, 2, 3, 4
6

Mahasiswa mampu memahami konsep dinamika partikel

Sub-Kemampuan:
– Memahami jenis-jenis gaya
– Menganalisis gaya pada sistem
– Aplikasi hukum Newton
– Memahami gaya gesek dan sentripetal

Kriteria Penilaian:
– Pemahaman konsep dan penerapan
– Ketepatan analisis dan penyelesaian masalah
Bentuk Penilaian:
– Tes tertulis, diskusi, problem-solving
Tatap Muka KlasikalStudent Center Learning (Ceramah, Presentasi, Diskusi)Mengkaji materi SMA:
– Dinamika partikel gerak lurus
Dinamika partikel gerak lurus:
– Hukum Newton tentang gerak
– Diagram gaya
– Gaya gesekan
– Gaya sentripetal
Ref. 1, 2, 3, 4
7

Mahasiswa mampu memahami konsep usaha dan energi

Sub-Kemampuan:
– Memahami konsep usaha
– Menganalisis energi kinetik dan potensial
– Memahami hukum kekekalan energi

Kriteria Penilaian:
– Pemahaman konsep dan penerapan
– Ketepatan analisis dan penyelesaian masalah
Bentuk Penilaian:
– Tes tertulis, diskusi, problem-solving
Tatap Muka KlasikalStudent Center Learning (Ceramah, Presentasi, Diskusi)Mengkaji materi SMA:
– Usaha dan energi
Usaha dan Energi:
– Usaha
– Energi Kinetik
– Energi Potensial
– Hukum kekekalan energi
Ref. 1, 2, 3, 4
8UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
9

Mahasiswa mampu memahami konsep impuls, momentum, dan tumbukan

Sub-Kemampuan:
– Hubungan impuls dan momentum
– Hukum kekekalan momentum
– Hukum Newton dalam momentum
– Memahami tumbukan
– Menganalisis jenis tumbukan

Kriteria Penilaian:
– Pemahaman konsep dan penerapan
– Ketepatan analisis dan penyelesaian masalah
Bentuk Penilaian:
– Tes tertulis, diskusi, problem-solving
Tatap Muka KlasikalStudent Center Learning (Ceramah, Presentasi, Diskusi)Mengkaji materi SMA:
– Impuls, momentum, dan tumbukan
Impuls, momentum, dan tumbukan:
– Konsep impuls dan momentum
– Hukum kekekalan momentum
– Hubungan hukum Newton dan tumbukan
– Macam-macam tumbukan
Ref. 1, 2, 3, 4
10

Mahasiswa mampu memahami dinamika rotasi dan benda tegar

Sub-Kemampuan:
– Memahami benda tegar
– Memahami torsi dan inersia
– Hubungan torsi dan percepatan sudut
– Hukum kekekalan momentum sudut

Kriteria Penilaian:
– Pemahaman konsep dan penerapan
– Ketepatan analisis dan penyelesaian masalah
Bentuk Penilaian:
– Tes tertulis, diskusi, problem-solving
Tatap Muka KlasikalStudent Center Learning (Ceramah, Presentasi, Diskusi)Mengkaji materi SMA:
– Dinamika rotasi
Dinamika Rotasi:
– Konsep benda tegar
– Torsi dan inersia
– Momentum sudut
Ref. 1, 2, 3, 4
11

Mahasiswa mampu memahami konsep fluida

Sub-Kemampuan:
– Memahami fluida dinamis
– Menganalisis persamaan kontinuitas
– Daya oleh debit fluida
– Hukum Bernoulli
– Teorema Torricelli

Kriteria Penilaian:
– Pemahaman konsep dan penerapan
– Ketepatan analisis dan penyelesaian masalah
Bentuk Penilaian:
– Tes tertulis, diskusi, problem-solving
Tatap Muka KlasikalStudent Center Learning (Ceramah, Presentasi, Diskusi)Mengkaji materi SMA:
– Fluida
Fluida:
– Fluida dinamis
– Persamaan kontinuitas
– Persamaan Bernoulli
– Teorema Torricelli
Ref. 1, 2, 3, 4
12-13

Mahasiswa mampu memahami konsep suhu dan kalor

Sub-Kemampuan:
– Diagram perpindahan kalor
– Sistem pengukuran suhu
– Analisis perpindahan kalor

Kriteria Penilaian:
– Pemahaman konsep dan penerapan
– Ketepatan analisis dan penyelesaian masalah
Bentuk Penilaian:
– Tes tertulis, diskusi, problem-solving
Tatap Muka KlasikalStudent Center Learning (Ceramah, Presentasi, Diskusi)Mengkaji materi SMA:
– Suhu dan kalor
Suhu dan kalor:
– Suhu dan pengukurannya
– Kalor dan perubahan suhu/wujud
– Pemuaian zat
– Perpindahan kalor
Ref. 1, 2, 3, 4
14

Mahasiswa mampu memahami teori kinetik gas dan termodinamika

Sub-Kemampuan:
– Konsep gas ideal
– Hukum termodinamika I & II
– Proses termodinamika gas
– Siklus Carnot

Kriteria Penilaian:
– Pemahaman konsep dan penerapan
– Ketepatan analisis dan penyelesaian masalah
Bentuk Penilaian:
– Tes tertulis, diskusi, problem-solving
Tatap Muka KlasikalStudent Center Learning (Ceramah, Presentasi, Diskusi)Mengkaji materi SMA:
– Teori kinetik gas
Teori Kinetik Gas:
– Gas ideal
– Bilangan Avogadro
– Hukum termodinamika I & II
– Usaha dan kalor
– Siklus Carnot
Ref. 1, 2, 3, 4, 5
15Review materi keseluruhan
16UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)