CPMK 1: Memahami Standar Isi Fisika Kelas X.
CPMK 2: Memahami konsep besaran, satuan, dan vektor
CPMK 3: Memahami konsep gerak lurus dan gerak melingkar.
CPMK 4: Memahami dinamika partikel dan rotasi benda tegar.
CPMK 5: Memahami konsep usaha, energi, impuls, momentum, dan tumbukan.
CPMK 6: Memahami konsep fluida, suhu, dan kalor
CPMK 7: Memahami teori kinetik gas dan termodinamika.
Sub CPMK 1: Mahasiswa mampu memahami Standar Isi, khususnya SK dan KD mata pelajaran Fisika di kelas X
Sub CPMK 2: Mahasiswa mampu memahami konsep besaran dan satuan
Sub CPMK 3: Mahasiswa mampu memahami konsep gerak lurus
Sub CPMK 4: Mahasiswa mampu memahami konsep gerak melingkar
Sub CPMK 5: Mahasiswa mampu memahami konsep dinamika partikel
Sub CPMK 6: Mahasiswa mampu memahami konsep usaha dan energi
Sub CPMK 7: Mahasiswa mampu memahami konsep impuls momentum dan tumbukan
Sub CPMK 8: Mahasiswa mampu memahami dinamika rotasi dan benda tegar
Sub CPMK 9: Mahasiswa mampu memahami konsep fluida
Sub CPMK 10: Mahasiswa mampu memahami konsep suhu dan kalor
Sub CPMK 11: Mahasiswa mampu memahami teori kinetik gas dan termodinamika
I Wayan Darmadi, S.Pd., M.Si
–
Mata kuliah Fisika Sekolah 1 adalah salah satu mata kuliah yang dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dasar dalam konsep-konsep fisika yang umum diajarkan di tingkat sekolah menengah (SMA). Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip dasar fisika serta kemampuan untuk mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam konteks pengajaran di tingkat sekolah
Besaran, satuan, dan dimensi
Pengukuran
Operasi vektor
Jarak dan perpindahan
Kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata
Gerak lurus beraturan (GLB)
Gerak lurus berubah beraturan (GLBB)
Gerak parabola
Komponen-komponen gerak melingkar
Gerak melingkar beraturan (GMB)
Gerak melingkar berubah beraturan (GMBB)
Dinamika partikel pada gerak lurus
Hukum Newton tentang gerak
Diagram gaya
Gaya gesekan
Gaya sentripetal
Usaha
Energi kinetik
Energi potensial
Hukum kekekalan energi
Konsep impuls dan momentum
Hukum kekekalan momentum
Hubungan hukum Newton dan tumbukan
Macam-macam tumbukan
Konsep dan aplikasi dinamika rotasi
Fluida dinamis
Persamaan kontinuitas
Persamaan Bernoulli
Teorema Torricelli
Suhu dan pengukurannya
Kalor dan perubahan suhu
Kalor dan perubahan wujud
Kalor dan pemuaian zat
Perpindahan kalor
Teori kinetik gas
Gas ideal
Bilangan Avogadro
Hukum pertama dan kedua termodinamika
Formulasi usaha dan kalor
Siklus Carnot
Utama:
Pendukung:
Pert | Kemampuan Yang Diharapkan (SUB-CPMK) | Penilaian | Bentuk Pembelajaran | Metode Pembelajaran | Penugasan Mahasiswa | Materi Pembelajaran | Bobot | Referensi |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu memahami Standar Isi, khususnya SK dan KD mata pelajaran Fisika di kelas X | Kriteria Penilaian: – Pemahaman konsep dan penerapan – Ketepatan analisis dan penyelesaian masalah Bentuk Penilaian: – Tes tertulis, diskusi, problem-solving | Tatap Muka Klasikal | Ceramah, Tanya Jawab | – | Kontrak Perkuliahan | – | Ref. 4 |
2-3 | Mahasiswa mampu memahami konsep besaran dan satuan Sub-Kemampuan: | Kriteria Penilaian: – Pemahaman konsep dan penerapan – Ketepatan analisis dan penyelesaian masalah Bentuk Penilaian: – Tes tertulis, diskusi, problem-solving | Tatap Muka Klasikal | Student Center Learning (Ceramah, Presentasi, Diskusi) | Mengkaji materi SMA: – Besaran, satuan, dan pengukuran – Dimensi – Operasi vektor | Besaran, satuan, dan pengukuran Besaran, satuan, dan dimensi Pengukuran Operasi vektor | – | Ref. 1, 2, 3, 4 |
4 | Mahasiswa mampu memahami konsep gerak lurus Sub-Kemampuan: | Kriteria Penilaian: – Pemahaman konsep dan penerapan – Ketepatan analisis dan penyelesaian masalah Bentuk Penilaian: – Tes tertulis, diskusi, problem-solving | Tatap Muka Klasikal | Student Center Learning (Ceramah, Presentasi, Diskusi) | Mengkaji materi SMA: – Gerak lurus | Gerak lurus Jarak dan perpindahan Kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata Gerak lurus beraturan (GLB) Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) | – | Ref. 1, 2, 3, 4 |
5 | Mahasiswa mampu memahami konsep gerak melingkar Sub-Kemampuan: | Kriteria Penilaian: – Pemahaman konsep dan penerapan – Ketepatan analisis dan penyelesaian masalah Bentuk Penilaian: – Tes tertulis, diskusi, problem-solving | Tatap Muka Klasikal | Student Center Learning (Ceramah, Presentasi, Diskusi) | Mengkaji materi SMA: – Gerak melingkar | Gerak Melingkar: – Komponen gerak melingkar – Gerak Melingkar Beraturan (GMB) – Gerak melingkar berubah beraturan (GMBB) | – | Ref. 1, 2, 3, 4 |
6 | Mahasiswa mampu memahami konsep dinamika partikel Sub-Kemampuan: | Kriteria Penilaian: – Pemahaman konsep dan penerapan – Ketepatan analisis dan penyelesaian masalah Bentuk Penilaian: – Tes tertulis, diskusi, problem-solving | Tatap Muka Klasikal | Student Center Learning (Ceramah, Presentasi, Diskusi) | Mengkaji materi SMA: – Dinamika partikel gerak lurus | Dinamika partikel gerak lurus: – Hukum Newton tentang gerak – Diagram gaya – Gaya gesekan – Gaya sentripetal | – | Ref. 1, 2, 3, 4 |
7 | Mahasiswa mampu memahami konsep usaha dan energi Sub-Kemampuan: | Kriteria Penilaian: – Pemahaman konsep dan penerapan – Ketepatan analisis dan penyelesaian masalah Bentuk Penilaian: – Tes tertulis, diskusi, problem-solving | Tatap Muka Klasikal | Student Center Learning (Ceramah, Presentasi, Diskusi) | Mengkaji materi SMA: – Usaha dan energi | Usaha dan Energi: – Usaha – Energi Kinetik – Energi Potensial – Hukum kekekalan energi | – | Ref. 1, 2, 3, 4 |
8 | UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) | – | – | – | – | – | – | – |
9 | Mahasiswa mampu memahami konsep impuls, momentum, dan tumbukan Sub-Kemampuan: | Kriteria Penilaian: – Pemahaman konsep dan penerapan – Ketepatan analisis dan penyelesaian masalah Bentuk Penilaian: – Tes tertulis, diskusi, problem-solving | Tatap Muka Klasikal | Student Center Learning (Ceramah, Presentasi, Diskusi) | Mengkaji materi SMA: – Impuls, momentum, dan tumbukan | Impuls, momentum, dan tumbukan: – Konsep impuls dan momentum – Hukum kekekalan momentum – Hubungan hukum Newton dan tumbukan – Macam-macam tumbukan | – | Ref. 1, 2, 3, 4 |
10 | Mahasiswa mampu memahami dinamika rotasi dan benda tegar Sub-Kemampuan: | Kriteria Penilaian: – Pemahaman konsep dan penerapan – Ketepatan analisis dan penyelesaian masalah Bentuk Penilaian: – Tes tertulis, diskusi, problem-solving | Tatap Muka Klasikal | Student Center Learning (Ceramah, Presentasi, Diskusi) | Mengkaji materi SMA: – Dinamika rotasi | Dinamika Rotasi: – Konsep benda tegar – Torsi dan inersia – Momentum sudut | – | Ref. 1, 2, 3, 4 |
11 | Mahasiswa mampu memahami konsep fluida Sub-Kemampuan: | Kriteria Penilaian: – Pemahaman konsep dan penerapan – Ketepatan analisis dan penyelesaian masalah Bentuk Penilaian: – Tes tertulis, diskusi, problem-solving | Tatap Muka Klasikal | Student Center Learning (Ceramah, Presentasi, Diskusi) | Mengkaji materi SMA: – Fluida | Fluida: – Fluida dinamis – Persamaan kontinuitas – Persamaan Bernoulli – Teorema Torricelli | – | Ref. 1, 2, 3, 4 |
12-13 | Mahasiswa mampu memahami konsep suhu dan kalor Sub-Kemampuan: | Kriteria Penilaian: – Pemahaman konsep dan penerapan – Ketepatan analisis dan penyelesaian masalah Bentuk Penilaian: – Tes tertulis, diskusi, problem-solving | Tatap Muka Klasikal | Student Center Learning (Ceramah, Presentasi, Diskusi) | Mengkaji materi SMA: – Suhu dan kalor | Suhu dan kalor: – Suhu dan pengukurannya – Kalor dan perubahan suhu/wujud – Pemuaian zat – Perpindahan kalor | – | Ref. 1, 2, 3, 4 |
14 | Mahasiswa mampu memahami teori kinetik gas dan termodinamika Sub-Kemampuan: | Kriteria Penilaian: – Pemahaman konsep dan penerapan – Ketepatan analisis dan penyelesaian masalah Bentuk Penilaian: – Tes tertulis, diskusi, problem-solving | Tatap Muka Klasikal | Student Center Learning (Ceramah, Presentasi, Diskusi) | Mengkaji materi SMA: – Teori kinetik gas | Teori Kinetik Gas: – Gas ideal – Bilangan Avogadro – Hukum termodinamika I & II – Usaha dan kalor – Siklus Carnot | – | Ref. 1, 2, 3, 4, 5 |
15 | Review materi keseluruhan | – | – | – | – | – | – | – |
16 | UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) | – | – | – | – | – | – | – |