CPMK 1 : Mahasiswa mampu melaksanakan eksperimen fisika dasar sesuai dengan prosedur ilmiah CPMK 2 : Mahasiswa menguasai metode analisis matematika dalam memecahkan masalah dan menerapkan konsep-konsep dasar fisika yang relevan dalam tiap eksperimen
–
Matakuliah Praktikum Fisika Dasar II bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penguatan kepada mahasiswa mengenai teori dan konsep yang mereka pelajari di dalam kelas. Topik-topik yang dibahas pada matakuliah ini meliputi pengenalan berbagai alat ukur dan melatih cara menggunakannya, mengenalkan dasar-dasar eksperimen dan melatih menerapkannya dalam praktikum, serta mengembangkan strategi kognitif yang menunjang pemahaman matakuliah Fisika Dasar II. Selain itu, matakuliah ini juga membahas mengenai beberapa topik praktikum yang mencakup bidang Gelombang, Optik, dan Elektronika.
MP 1: Cermin dan Lensa
MP 2: Balok Kaca dan Prisma
MP 3: Gelombang Tali
MP 4: Hukum Ohm
MP 5: Jembatan Wheatstone
MP 6: Amperemeter dan Voltmeter Arus Searah (DC)
MP 7: Arus Bolak Balik
MP 8: Hukum Kirchoff
Utama:
Pendukung:
Pertemuan | Kemampuan yang Diharapkan (SUB-CPMK) | Indikator | Bahan Kajian/Materi Pembelajaran | Pendekatan/Model/Strategi Pembelajaran | Sumber Belajar/Media | Waktu (Menit) | Pengalaman Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Memahami konsep listrik statis dan hukum Coulomb | 1. Menjelaskan muatan listrik. 2. Menerapkan hukum Coulomb dalam perhitungan gaya elektrostatik. | – Muatan listrik – Hukum Coulomb | Pendekatan: Kontekstual Model: Problem Based Learning (PBL) Metode: Diskusi, simulasi PhET | – Buku teks – Simulasi PhET – Slide presentasi | 100 | Analisis kasus, kuis online |
2 | Menganalisis medan listrik dan potensial listrik | 1. Menghitung medan listrik. 2. Menjelaskan hubungan potensial dan energi. | – Medan listrik – Potensial listrik | Pendekatan: Inquiry Model: Discovery Learning Metode: Eksperimen virtual (Labster) | – Labster – Video demonstrasi | 100 | Eksperimen virtual, presentasi kelompok |
3 | Memahami kapasitor dan dielektrik | 1. Menjelaskan prinsip kapasitansi. 2. Menganalisis rangkaian kapasitor seri/paralel. | – Kapasitor – Dielektrik | Model: Project Based Learning Metode: Perancangan rangkaian (Simulasi Circuit Lab) | – Simulasi Circuit Lab – Modul praktikum | 100 | Desain rangkaian, laporan mini |
4 | Menerapkan hukum Kirchhoff | 1. Menyelesaikan masalah rangkaian listrik DC. 2. Mengukur arus dan tegangan. | – Hukum Kirchhoff – Rangkaian DC | Strategi: Collaborative Learning Metode: Praktikum (kit elektronik) | – Kit praktikum – Lembar kerja | 150 | Praktikum lab, analisis data |
5 | Memahami magnetostatika | 1. Menjelaskan medan magnet. 2. Menghitung gaya Lorentz. | – Magnet permanen – Gaya Lorentz | Pendekatan: STEM Metode: Demonstrasi, eksperimen | – Magnet dan kawat – Sensor Gauss meter | 100 | Observasi fenomena, diskusi |
6 | Menganalisis induksi elektromagnetik | 1. Menjelaskan hukum Faraday. 2. Mengaplikasikan hukum Lenz. | – Induksi – Transformator | Model: Case Study Metode: Simulasi Faraday (PhET) | – PhET simulation – Transformator nyata | 100 | Simulasi interaktif, studi kasus |
7 | Ujian Tengah Semester (UTS) | – | – | – | – | – | – |
8 | Memahami osilasi dan gelombang mekanik | 1. Menganalisis gerak harmonik. 2. Menghitung frekuensi gelombang. | – Osilasi – Gelombang bunyi | Pendekatan: Kontekstual Metode: Eksperimen resonansi | – Tali, osiloskop – Aplikasi pengukur frekuensi | 150 | Eksperimen, pengolahan data |
9 | Mempelajari gelombang elektromagnetik | 1. Mengidentifikasi spektrum EM. 2. Menjelaskan aplikasi gelombang EM. | – Spektrum EM – Aplikasi (radio, MRI) | Model: Flipped Classroom Metode: Presentasi proyek | – Video edukasi – Artikel ilmiah | 100 | Presentasi, debat aplikasi |
10 | Memahami optik geometri | 1. Menjelaskan pemantulan/pembiasan. 2. Menghitung pembentukan bayangan. | – Cermin – Lensa | Strategi: Hands-on Learning Metode: Percobaan optik kit | – Lens kit – Laser pointer | 100 | Percobaan, analisis gambar |
11 | Menganalisis interferensi dan difraksi | 1. Menjelaskan pola interferensi. 2. Mengamati difraksi celah tunggal. | – Interferensi cahaya – Difraksi | Model: Inquiry Lab Metode: Eksperimen Young | – Laser, celah ganda – Layar proyeksi | 150 | Pengamatan pola, laporan |
12 | Memahami dasar termodinamika | 1. Menjelaskan hukum termodinamika. 2. Menganalisis siklus Carnot. | – Hukum Termodinamika – Mesin kalor | Pendekatan: Kontekstual Metode: Simulasi mesin (Wolfram) | – Simulasi Wolfram – Diagram PV | 100 | Analisis siklus, diskusi |
13 | Menerapkan konsep kalor dan perpindahan panas | 1. Menghitung konduktivitas termal. 2. Membandingkan konduksi/konveksi. | – Kalor – Perpindahan panas | Strategi: Problem Solving Metode: Eksperimen termal | – Sensor suhu – Bahan isolator | 100 | Eksperimen, penyelesaian masalah |
14 | Ujian Akhir Semester (UAS) | – | – | – | – | – | – |