RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATAKULIAH PRAKTUIKUM FISIKA DASAR 2

PRAKTIKUM FISIKA 2
  • CPL2 Menguasai konsep teoretis fisika klasik dan modern.
  • CPL8 Mampu menerapkan prinsip dan hukum fisika untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari dengan mempertimbangkan aspek kesehatan dan keselamatan.

CPMK 1 : Mahasiswa mampu melaksanakan eksperimen fisika dasar sesuai dengan prosedur ilmiah CPMK 2 : Mahasiswa menguasai metode analisis matematika dalam memecahkan masalah dan menerapkan konsep-konsep dasar fisika yang relevan dalam tiap eksperimen

  • Sub CPMK 1 : Memahami konsep Pemantulan dan pembiasan cahaya melalui percobaan
  • Sub CPMK 2 : Memahami dan menyelidiki peristiwa dan perubahan fase suatu benda
  • Sub CPMK 3 : Memahami prinsip kerja Gelombang
  • Sub CPMK 4 : Memahami prinsip kerja Hukum Ohm
  • Sub CPMK 5 : Memahami prinsip kerja jembatan Wheatstone
  • Sub CPMK 6 : Memahami konsep arus dan tegangan serta hambatan pada arus searah (DC)
  • Sub CPMK 7 : Memahami konsep arus bolak – balik dari resonansi.
  • Sub CPMK 8 : Memahami konsep Hukum Kirchhoff
  • Muhammad Jarnawi, S.Pd., M.Pd
  • Rudi Santoso, S.Pd., M.Pd.
  • Ielda Paramita, S.Pd., M.Pd

Matakuliah Praktikum Fisika Dasar II bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penguatan kepada mahasiswa mengenai teori dan konsep yang mereka pelajari di dalam kelas. Topik-topik yang dibahas pada matakuliah ini meliputi pengenalan berbagai alat ukur dan melatih cara menggunakannya, mengenalkan dasar-dasar eksperimen dan melatih menerapkannya dalam praktikum, serta mengembangkan strategi kognitif yang menunjang pemahaman matakuliah Fisika Dasar II. Selain itu, matakuliah ini juga membahas mengenai beberapa topik praktikum yang mencakup bidang Gelombang, Optik, dan Elektronika.

Baca Juga: Biologi Umum

MP 1: Cermin dan Lensa
MP 2: Balok Kaca dan Prisma
MP 3: Gelombang Tali
MP 4: Hukum Ohm
MP 5: Jembatan Wheatstone
MP 6: Amperemeter dan Voltmeter Arus Searah (DC)
MP 7: Arus Bolak Balik
MP 8: Hukum Kirchoff

Utama:

Baca Juga: Bahasa Indonesia
  • David Halliday & Robert Resnick (Pantur Silaban Ph.D & Drs. Erwin Sucipto). (1989). FISIKA, Erlangga-Jakarta.
  • Paul A. Tipler (Dr. Bambang Soegijono). (2001). FISIKA, Untuk Sains dan Teknik, Erlangga-Jakarta
  • Douglas C. Giancoli. (2001). FISIKA, Erlangga-Jakarta
  • Sutrisno. (1983), Seri Fisika Dasar: Gelombang dan Optik. ITB, Bandung.

Pendukung:

  • Lestari, P. D., & Mansyur, J. (2021). The influence of the online PhET simulation-assisted using direct instruction on student’s conceptual understanding of parabolic motion. Journal of Physics: Conference Series, 2126(1), 012013.

Rencana Pembelajaran Fisika Dasar 2

PertemuanKemampuan yang Diharapkan (SUB-CPMK)IndikatorBahan Kajian/Materi PembelajaranPendekatan/Model/Strategi PembelajaranSumber Belajar/MediaWaktu (Menit)Pengalaman Belajar
1Memahami konsep listrik statis dan hukum Coulomb1. Menjelaskan muatan listrik.
2. Menerapkan hukum Coulomb dalam perhitungan gaya elektrostatik.
– Muatan listrik
– Hukum Coulomb
Pendekatan: Kontekstual
Model: Problem Based Learning (PBL)
Metode: Diskusi, simulasi PhET
– Buku teks
– Simulasi PhET
– Slide presentasi
100Analisis kasus, kuis online
2Menganalisis medan listrik dan potensial listrik1. Menghitung medan listrik.
2. Menjelaskan hubungan potensial dan energi.
– Medan listrik
– Potensial listrik
Pendekatan: Inquiry
Model: Discovery Learning
Metode: Eksperimen virtual (Labster)
– Labster
– Video demonstrasi
100Eksperimen virtual, presentasi kelompok
3Memahami kapasitor dan dielektrik1. Menjelaskan prinsip kapasitansi.
2. Menganalisis rangkaian kapasitor seri/paralel.
– Kapasitor
– Dielektrik
Model: Project Based Learning
Metode: Perancangan rangkaian (Simulasi Circuit Lab)
– Simulasi Circuit Lab
– Modul praktikum
100Desain rangkaian, laporan mini
4Menerapkan hukum Kirchhoff1. Menyelesaikan masalah rangkaian listrik DC.
2. Mengukur arus dan tegangan.
– Hukum Kirchhoff
– Rangkaian DC
Strategi: Collaborative Learning
Metode: Praktikum (kit elektronik)
– Kit praktikum
– Lembar kerja
150Praktikum lab, analisis data
5Memahami magnetostatika1. Menjelaskan medan magnet.
2. Menghitung gaya Lorentz.
– Magnet permanen
– Gaya Lorentz
Pendekatan: STEM
Metode: Demonstrasi, eksperimen
– Magnet dan kawat
– Sensor Gauss meter
100Observasi fenomena, diskusi
6Menganalisis induksi elektromagnetik1. Menjelaskan hukum Faraday.
2. Mengaplikasikan hukum Lenz.
– Induksi
– Transformator
Model: Case Study
Metode: Simulasi Faraday (PhET)
– PhET simulation
– Transformator nyata
100Simulasi interaktif, studi kasus
7Ujian Tengah Semester (UTS)
8Memahami osilasi dan gelombang mekanik1. Menganalisis gerak harmonik.
2. Menghitung frekuensi gelombang.
– Osilasi
– Gelombang bunyi
Pendekatan: Kontekstual
Metode: Eksperimen resonansi
– Tali, osiloskop
– Aplikasi pengukur frekuensi
150Eksperimen, pengolahan data
9Mempelajari gelombang elektromagnetik1. Mengidentifikasi spektrum EM.
2. Menjelaskan aplikasi gelombang EM.
– Spektrum EM
– Aplikasi (radio, MRI)
Model: Flipped Classroom
Metode: Presentasi proyek
– Video edukasi
– Artikel ilmiah
100Presentasi, debat aplikasi
10Memahami optik geometri1. Menjelaskan pemantulan/pembiasan.
2. Menghitung pembentukan bayangan.
– Cermin
– Lensa
Strategi: Hands-on Learning
Metode: Percobaan optik kit
– Lens kit
– Laser pointer
100Percobaan, analisis gambar
11Menganalisis interferensi dan difraksi1. Menjelaskan pola interferensi.
2. Mengamati difraksi celah tunggal.
– Interferensi cahaya
– Difraksi
Model: Inquiry Lab
Metode: Eksperimen Young
– Laser, celah ganda
– Layar proyeksi
150Pengamatan pola, laporan
12Memahami dasar termodinamika1. Menjelaskan hukum termodinamika.
2. Menganalisis siklus Carnot.
– Hukum Termodinamika
– Mesin kalor
Pendekatan: Kontekstual
Metode: Simulasi mesin (Wolfram)
– Simulasi Wolfram
– Diagram PV
100Analisis siklus, diskusi
13Menerapkan konsep kalor dan perpindahan panas1. Menghitung konduktivitas termal.
2. Membandingkan konduksi/konveksi.
– Kalor
– Perpindahan panas
Strategi: Problem Solving
Metode: Eksperimen termal
– Sensor suhu
– Bahan isolator
100Eksperimen, penyelesaian masalah
14Ujian Akhir Semester (UAS)

Baca Juga: Kimia Dasar