RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATAKULIAH BAHASA INDONESIA

Mata kuliah ini merupakan bagian dari pengembangan kepribadian yang bertujuan untuk membekali mahasiswa kemampuan berbahasa Indonesia secara ilmiah, baik dalam berpikir, menyusun gagasan, maupun bersikap akademik melalui penulisan berbagai bentuk karya ilmiah berkualitas.

CPL-1: Menunjukkan sikap religius, semangat kebangsaan, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, serta bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dan profesi, dengan sikap pembelajar sepanjang hayat.
CPL-5: Mampu merancang, melaksanakan, dan mengomunikasikan penelitian secara lisan dan tulisan sesuai dengan prinsip ilmiah untuk menyelesaikan masalah baik secara individu maupun tim.
CPL-6: Mampu menggunakan TIK untuk pengembangan diri dan pembelajaran fisika yang inovatif.

Memiliki kemampuan pemahaman, pengamatan , analisis dan mengaplikasikan pengetahuan bahasa Indonesia dalam penyusunan tugas-tugas kuliah dan tugas akhir

  • Pertemuan 1

    SUB-CPMK: Memahami kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia

    • Menjelaskan konsep bahasa resmi.

    • Menguraikan fungsi bahasa.

      Baca Juga: Biologi Umum

    Pertemuan 2-3

    SUB-CPMK: Menguasai mekanisme bahasa baku

    • Menjelaskan konsep bahasa baku.

      Baca Juga: Kimia Dasar
    • Mengidentifikasi ragam bahasa.

    • Menyusun kalimat efektif.

      Baca Juga: Kalkulus

    Pertemuan 4-5

    SUB-CPMK: Memahami konsep dan jenis-jenis teks

    • Menjelaskan konsep teks.

      Baca Juga: Bahasa Inggris
    • Mengidentifikasi jenis teks (deskriptif, eksposisi, naratif, persuasif, argumentatif).

    Pertemuan 6-7

    SUB-CPMK: Memahami konsep resensi pustaka

    Pertemuan 8

    SUB-CPMK: Ujian Tengah Semester (UTS)

    Pertemuan 9-11

    SUB-CPMK: Memahami artikel populer dan ilmiah

    Pertemuan 12-13

    SUB-CPMK: Memahami proposal kegiatan dan ilmiah

    Pertemuan 14

    SUB-CPMK: Memahami sistematika laporan penelitian

    Baca Juga: Mekanika
    • Menjelaskan struktur laporan penelitian.

    Pertemuan 15

    SUB-CPMK: Merefleksikan seluruh materi perkuliahan

    Baca Juga: Elektronika I
    • Menjelaskan pokok-pokok materi yang telah dipelajari.

1. Dr. Sitti Harsana, S.S, M.A
2. Deni Karsana, S.S, M.A
3. Afriansyah, S.Pd, M.Pd

Baca Juga: Fisika Dasar 2

Mata kuliah ini merupakan bagian dari pengembangan kepribadian yang bertujuan untuk membekali mahasiswa kemampuan berbahasa Indonesia secara ilmiah, baik dalam berpikir, menyusun gagasan, maupun bersikap akademik melalui penulisan berbagai bentuk karya ilmiah berkualitas.

Baca Juga: Fisika Dasar 1
  • Hakikat Manusia dan Dimensinya

    • Definisi manusia.
    • Dimensi manusia: potensi, keunikan, dinamika.
    • Tinjauan berbagai teori tentang hakikat manusia.
  • Hakikat dan Unsur-Unsur Pendidikan

    • Pengertian pendidikan.
    • Unsur-unsur penting dalam pendidikan.
    • Pendidikan sebagai suatu sistem.
  • Landasan dan Azas Pokok Pendidikan Nasional

    • Landasan pendidikan nasional.
    • Azas-azas pokok pendidikan nasional.
  • Aliran dan Rintisan Baru Pendidikan Indonesia

    Baca Juga: Pendidikan Agama
    • Aliran pendidikan klasik.
    • Aliran pendidikan modern.
    • Implementasi rintisan baru dalam pendidikan Indonesia.
  • Analisis Pendidikan Formal, Nonformal, dan Informal di Sulawesi Tengah

    • Pendidikan formal.
    • Pendidikan nonformal.
    • Pendidikan informal.
  • Lingkungan yang Mempengaruhi Proses Pendidikan

    • Pengertian dan fungsi lingkungan.
    • Tripusat pendidikan.
    • Pengaruh timbal-balik tripusat pendidikan.
  • Implementasi Konsep Life Skill dan Long Life Education

    • Konsep life skill.
    • Konsep long life education (UNESCO).
  • Mutu Pendidikan dan Upaya Peningkatannya

    • Pengertian mutu pendidikan.
    • Upaya peningkatan mutu pendidikan melalui kurikulum.
  • Permasalahan Pendidikan Nasional dan Solusinya

    • Identifikasi permasalahan pendidikan di Indonesia.
    • Solusi konseptual untuk permasalahan pendidikan.
  •  

Utama: 

  • Pasaribu, M (2017). Pengantar Pendidikan, Palu. Untad Press 
  • Tirtarahardja, Umar & Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta:PT Rineka Cipta. 
  • Marta, Nengah. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu. 
  • Hengestiningsih,dkk. 2015. Diktat Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta. Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa 
  • Ahmadi, Rulam. 2014. Pengantar Pendidikan, Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media 

 Pendukung: 

  • Abdullah, M. (2018). Hakikat Manusia dalam Perspektif Pendidikan Islam . Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(2), 45-60.
  • Anwar, S. (2019). Konsep Unsur-Unsur Pendidikan dalam Perspektif Modern . Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(3), 112-125.
  • Haryanto, B. (2020). Landasan Filosofis Pendidikan Nasional Indonesia . Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 78-92.
  • Indriani, R. (2021). Aliran-Aliran Pendidikan dan Pengaruhnya di Indonesia . Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(4), 201-215.
  • Kusuma, D. W. (2017). Analisis Pendidikan Formal dan Nonformal di Indonesia . Jurnal Pendidikan Masyarakat, 5(2), 89-102.
  • Lestari, I. (2022). Pengaruh Lingkungan terhadap Proses Pendidikan . Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(3), 156-170.
  • Prasetyo, A. (2019). Implementasi Life Skill dalam Pembelajaran Berbasis Kompetensi . Jurnal Pendidikan Profesional, 8(1), 34-48.
  • Rahmawati, Y. (2020). Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Kurikulum 2013 . Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(2), 134-148.
  • Sari, N. P. (2021). Permasalahan Pendidikan di Indonesia: Analisis dan Solusi . Jurnal Kebijakan Pendidikan, 6(4), 256-270.
  • Susanto, E. (2018). Tripusat Pendidikan sebagai Faktor Penentu Keberhasilan Pendidikan . Jurnal Pendidikan Holistik, 11(2), 99-112.
  •  

Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Indonesia

PertemuanKemampuan yang Diharapkan (SUB-CPMK)IndikatorBahan Kajian/Materi PembelajaranPendekatan/Model/Strategi PembelajaranSumber Belajar/MediaWaktu (Menit)Pengalaman BelajarBobot
1Memahami kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia1. Menjelaskan konsep bahasa resmi.
2. Menguraikan fungsi bahasa.
– Bahasa resmi dan fungsi bahasaStudent Centered Learning:
– Ceramah
– Discovery Learning
– Laptop
– Modul
– Proyektor
100Diskusi kelas5%
2-3Menguasai mekanisme bahasa baku1. Menjelaskan konsep bahasa baku.
2. Mengidentifikasi ragam bahasa.
3. Menyusun kalimat efektif.
– Ragam bahasa
– Kalimat efektif
Student Centered Learning:
– Ceramah
– Problem Based Learning
– Laptop
– Modul
– Proyektor
100Latihan praktik10%
4-5Memahami konsep dan jenis-jenis teks1. Menjelaskan konsep teks.
2. Mengidentifikasi jenis teks (deskriptif, eksposisi, naratif, persuasif, argumentatif).
– Konsep teks
– Jenis-jenis teks
Student Centered Learning:
– Ceramah
– Problem Based Learning
– Laptop
– Modul
– Proyektor
100Analisis contoh teks15%
6-7Memahami konsep resensi pustaka1. Menjelaskan konsep resensi.
2. Menyusun resensi pustaka.
– Mekanisme resensi pustakaStudent Centered Learning:
– Ceramah
– Problem Based Learning
– Laptop
– Modul
– Proyektor
100Praktik menulis resensi10%
8Ujian Tengah Semester (UTS)15%
9-11Memahami artikel populer dan ilmiah1. Membedakan artikel populer dan ilmiah.
2. Menyusun artikel populer/ilmiah.
– Mekanisme penulisan artikelStudent Centered Learning:
– Ceramah
– Problem Based Learning
– Laptop
– Modul
– Proyektor
100Penulisan artikel15%
12-13Memahami proposal kegiatan & ilmiah1. Menjelaskan konsep proposal.
2. Menyusun proposal kegiatan/ilmiah.
– Sistematika proposalStudent Centered Learning:
– Ceramah
– Problem Based Learning
– Laptop
– Modul
– Proyektor
100Penyusunan proposal15%
14Memahami laporan penelitian1. Menjelaskan sistematika laporan penelitian.– Mekanisme laporan penelitianStudent Centered Learning:
– Ceramah
– Problem Based Learning
– Laptop
– Modul
– Proyektor
100Diskusi struktur laporan10%
15Merefleksikan seluruh materi1. Menjelaskan pokok-pokok materi perkuliahan.– Rekap seluruh materiStudent Centered Learning:
– Ceramah
– Problem Based Learning
– Laptop
– Modul
– Proyektor
100Presentasi refleksi5%