CPL-1: Menunjukkan sikap religius, semangat kebangsaan, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, serta bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dan profesi, dengan sikap pembelajar sepanjang hayat.
CPL-5: Mampu merancang, melaksanakan, dan mengomunikasikan penelitian secara lisan dan tulisan sesuai dengan prinsip ilmiah untuk menyelesaikan masalah baik secara individu maupun tim.
CPL-6: Mampu menggunakan TIK untuk pengembangan diri dan pembelajaran fisika yang inovatif.
Memiliki kemampuan pemahaman, pengamatan , analisis dan mengaplikasikan pengetahuan bahasa Indonesia dalam penyusunan tugas-tugas kuliah dan tugas akhir
SUB-CPMK: Memahami kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia
Menjelaskan konsep bahasa resmi.
Menguraikan fungsi bahasa.
SUB-CPMK: Menguasai mekanisme bahasa baku
Menjelaskan konsep bahasa baku.
Mengidentifikasi ragam bahasa.
Menyusun kalimat efektif.
SUB-CPMK: Memahami konsep dan jenis-jenis teks
Menjelaskan konsep teks.
Mengidentifikasi jenis teks (deskriptif, eksposisi, naratif, persuasif, argumentatif).
SUB-CPMK: Memahami konsep resensi pustaka
Menjelaskan konsep resensi.
Menyusun resensi pustaka.
SUB-CPMK: Ujian Tengah Semester (UTS)
SUB-CPMK: Memahami artikel populer dan ilmiah
Membedakan artikel populer dan ilmiah.
Menyusun artikel populer/ilmiah.
SUB-CPMK: Memahami proposal kegiatan dan ilmiah
Menjelaskan konsep proposal.
Menyusun proposal kegiatan/ilmiah.
SUB-CPMK: Memahami sistematika laporan penelitian
Menjelaskan struktur laporan penelitian.
SUB-CPMK: Merefleksikan seluruh materi perkuliahan
Menjelaskan pokok-pokok materi yang telah dipelajari.
1. Dr. Sitti Harsana, S.S, M.A
2. Deni Karsana, S.S, M.A
3. Afriansyah, S.Pd, M.Pd
–
Mata kuliah ini merupakan bagian dari pengembangan kepribadian yang bertujuan untuk membekali mahasiswa kemampuan berbahasa Indonesia secara ilmiah, baik dalam berpikir, menyusun gagasan, maupun bersikap akademik melalui penulisan berbagai bentuk karya ilmiah berkualitas.
Hakikat Manusia dan Dimensinya
Hakikat dan Unsur-Unsur Pendidikan
Landasan dan Azas Pokok Pendidikan Nasional
Aliran dan Rintisan Baru Pendidikan Indonesia
Analisis Pendidikan Formal, Nonformal, dan Informal di Sulawesi Tengah
Lingkungan yang Mempengaruhi Proses Pendidikan
Implementasi Konsep Life Skill dan Long Life Education
Mutu Pendidikan dan Upaya Peningkatannya
Permasalahan Pendidikan Nasional dan Solusinya
Utama:
Pendukung:
Pertemuan | Kemampuan yang Diharapkan (SUB-CPMK) | Indikator | Bahan Kajian/Materi Pembelajaran | Pendekatan/Model/Strategi Pembelajaran | Sumber Belajar/Media | Waktu (Menit) | Pengalaman Belajar | Bobot |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Memahami kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia | 1. Menjelaskan konsep bahasa resmi. 2. Menguraikan fungsi bahasa. | – Bahasa resmi dan fungsi bahasa | Student Centered Learning: – Ceramah – Discovery Learning | – Laptop – Modul – Proyektor | 100 | Diskusi kelas | 5% |
2-3 | Menguasai mekanisme bahasa baku | 1. Menjelaskan konsep bahasa baku. 2. Mengidentifikasi ragam bahasa. 3. Menyusun kalimat efektif. | – Ragam bahasa – Kalimat efektif | Student Centered Learning: – Ceramah – Problem Based Learning | – Laptop – Modul – Proyektor | 100 | Latihan praktik | 10% |
4-5 | Memahami konsep dan jenis-jenis teks | 1. Menjelaskan konsep teks. 2. Mengidentifikasi jenis teks (deskriptif, eksposisi, naratif, persuasif, argumentatif). | – Konsep teks – Jenis-jenis teks | Student Centered Learning: – Ceramah – Problem Based Learning | – Laptop – Modul – Proyektor | 100 | Analisis contoh teks | 15% |
6-7 | Memahami konsep resensi pustaka | 1. Menjelaskan konsep resensi. 2. Menyusun resensi pustaka. | – Mekanisme resensi pustaka | Student Centered Learning: – Ceramah – Problem Based Learning | – Laptop – Modul – Proyektor | 100 | Praktik menulis resensi | 10% |
8 | Ujian Tengah Semester (UTS) | – | – | – | – | – | – | 15% |
9-11 | Memahami artikel populer dan ilmiah | 1. Membedakan artikel populer dan ilmiah. 2. Menyusun artikel populer/ilmiah. | – Mekanisme penulisan artikel | Student Centered Learning: – Ceramah – Problem Based Learning | – Laptop – Modul – Proyektor | 100 | Penulisan artikel | 15% |
12-13 | Memahami proposal kegiatan & ilmiah | 1. Menjelaskan konsep proposal. 2. Menyusun proposal kegiatan/ilmiah. | – Sistematika proposal | Student Centered Learning: – Ceramah – Problem Based Learning | – Laptop – Modul – Proyektor | 100 | Penyusunan proposal | 15% |
14 | Memahami laporan penelitian | 1. Menjelaskan sistematika laporan penelitian. | – Mekanisme laporan penelitian | Student Centered Learning: – Ceramah – Problem Based Learning | – Laptop – Modul – Proyektor | 100 | Diskusi struktur laporan | 10% |
15 | Merefleksikan seluruh materi | 1. Menjelaskan pokok-pokok materi perkuliahan. | – Rekap seluruh materi | Student Centered Learning: – Ceramah – Problem Based Learning | – Laptop – Modul – Proyektor | 100 | Presentasi refleksi | 5% |