RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATAKULIAH FISIKA DASAR 1

Mata Kuliah Fisika Dasar 1
  • CPL2:  Menguasai konsep fisika klasik dan fisika modern 
  • CPL8: Mampu menerapkan prinsip dan hukum fisika untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari dengan mempertimbangkan aspek kesehatan dan keselamatan.
  • CPMK-1: Menganalisis konsep fisika klasik dalam menyelesaikan masalah-masalah  yang kompleks secara kuantitatif dan kualitatif.
  • CPMK-2: Menilai alternatif penyelesaian masalah-masalah fisika dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence.
  • CPMK-3: Membandingkan penyelesaian masalah-masalah fisika dengan cara konvensional dan memanfaatkan Artificial Intelligence
  • CPMK-4: Menerapkan metode matematika dalam analisis konsep fisika
  • Sub CPMK 1: Mahasiswa mampu mengaitkan konsep gerak lurus beraturan dalam pemecahan masalah dengan memanfaatkan Artificial Intelligence.
  • Sub CPMK 2:Mahasiswa mampu menilai konsep gerak lurus berubah beraturan dalam suatu fenomena dari berbagai alternatif penjelasan Artificial Intelligence.
  • Sub CPMK 3: Mahasiswa mampu menghubungkan konsep gerak vertikal pada suatu peristiwa dalam kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan Artificial Intelligence.
  • Sub CPMK 4: Mahasiswa mampu membandingkan solusi masalah yang melibatkan konsep gerak parabola dan menggunakan Artificial Intelligence.
  • Sub CPMK 5: Mahasiswa mampu menguraikan konsep hukum Newton tentang gerak dalam pemecahan masalah yang kompleks dengan memanfaatkan Artificial Intelligence.
  • Sub CPMK 6: Mahasiswa mampu menghubungkan konsep usaha dan energi dalam pemecahan masalah dengan memanfaatkan Artificial Intelligence.
  • Sub CPMK 7: Mahasiswa mampu membandingkan penyelesaian masalah tentang kinematika rotasi dan memanfaatkan Artificial Intelligence.
  • Sub CPMK 8: Mahasiswa mampu membandingkan penyelesaian masalah tentang dinamika rotasi dan memanfaatkan Artificial Intelligence.
  • Sub CPMK 9: Mahasiswa mampu menelaah alternatif penyelesaian masalah tentang kesetimbangan benda tegar dengan memanfaatkan Artificial Intelligence.
  • Sub CPMK 10: Mahasiswa mampu membandingkan solusi masalah kompleks tentang fluida statis dan memanfaatkan Artificial Intelligence.
  • Sub CPMK 11: Mahasiswa mampu membandingkan solusi masalah kompleks tentang fluida dinasmis dan memanfaatkan Artificial Intelligence.
  • Sub CPMK 12: Mahasiswa mampu membandingkan hasil pemecahan masalah tentang suhu dan kalor dan memanfaatkan Artificial Intelligence.
  • Prof. Dr. Jusman Mansyur, M.Si. 
  • Delthawati Isti Ratnaningtyas, M.Pd. 
  • Nurul Kami Sani, S.Pd., M.Pd.  
  • Andi Ulfah Khuzaimah, S.Pd., M.Pd. 
  • Rizki Ilmianih, S.Pd., M.Sc. 

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang diberikan kepada mahasiswa strata satu (S1) pendidikan fisika yang berada pada semester 1. Fokus mata kuliah ini adalah mengkaji tentang mekanika klasik (kinematika, dinamika, usaha dan energi), suhu dan kalor. Aspek penting yang harus menjadi perhatian adalah penguasaan konsep fisika. Pembahasan ditekankan pada konsep dasar dan aplikasinya. Penguasaan terhadap konsep dalam matakuliah ini akan mendukung penguasan terhadap konsep-konsep fisika lanjut (advanced). 

  • Gerak Lurus Beraturan
  • Gerak Lurus Berubah Beraturan
  • Gerak Vertikal
  • Gerak Parabola
  • Hukum Newton Tentang Gerak
  • Usaha dan Energi
  • Gerak Melingkar
  • Dinamika Gerak Rotasi
  • Kesetimbangan Benda Tegar
  • Fluida Statis
  • Fluida Dinamis
  • Suhu dan Kalor

Utama: 

Baca Juga: Kimia Dasar
  1. Giancoli, D. C. (2005). Physics: Principles with applications (6th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc. 
  2. Haliday, D., Resnick, R., &  Walker, J. (2011). Fundamental of physics (9th ed.). Hoboken, NJ: John Wiley & Sons, Inc. 
  3. Serway, R. A. & Jewett, J. W. (2013). Principles of physics: A calculus-based text (5th ed.). Boston, MA: Brooks/Cole Cengage Learning.  
  4. Young, H. D. & Freedman, R. A. (2014). Sears and Zemansky’s university physics with modern physics technology update (13th ed.). Essex, England: Pearson Education Limited. 

 Pendukung: 

  1. Ewen, D., Schurter, N., & Gundersen, P. E. (2012). Applied physics (10th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc. 
  2. Giambattista, A., Richardson, B. M. & Richardson, R. C. (2010). Physics (2nd ed.). New York, NY: McGraw-Hill Companies, Inc. 
  3. Griffith, W. T. & Brosing, J. W. (2009). The physics of everyday phenomena:A conceptual introduction to physics (6th ed.). New York, NY: McGraw-Hill. 
  4. Volfson, A., Eshach, H., & Ben-Abu, Y. (2020). Identifying physics misconceptions at the circus: The case of circular motion. Physical Review Physics Education Research, 16(1), 010134. https://doi.org/10.1103/PHYSREVPHYSEDUCRES.16.010134/FIGURES/3/MEDIUM
Ringkasan RPS

Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

Pertemuan Kemampuan yang Diharapkan Penilaian Materi Pembelajaran Metode Pembelajaran Penugasan
1 Mengaitkan konsep gerak lurus beraturan dengan AI. Formatif: Tanya jawab, tugas individu
Sumatif: Tes
Gerak Lurus Beraturan, Jarak, Perpindahan, Kelajuan, Kecepatan Kuliah, Demonstrasi, Diskusi, Case Method Tugas 1: Memecahkan masalah menggunakan AI
2 Menilai konsep gerak lurus berubah beraturan dengan AI. Formatif: Tanya jawab, tugas individu
Sumatif: Tes
Gerak Lurus Berubah Beraturan, Percepatan Kuliah, Demonstrasi, Diskusi, Case Method Tugas 2: Memecahkan masalah menggunakan AI
3 Menghubungkan konsep gerak vertikal dengan AI. Formatif: Tanya jawab, tugas individu
Sumatif: Tes
Gerak Vertikal ke Atas, ke Bawah, Jatuh Bebas Kuliah, Demonstrasi, Diskusi, Case Method Tugas 3: Memecahkan masalah menggunakan AI
4 Membandingkan solusi masalah gerak parabola dengan AI. Formatif: Tanya jawab, tugas individu/kelompok
Sumatif: Tes
Gerak Parabola, Komponen Gerak Parabola Kuliah, Demonstrasi, Diskusi, Case Method Tugas 4 & 5: Memecahkan masalah dan membuat laporan
5,6 Menguraikan konsep hukum Newton tentang gerak dengan AI. Formatif: Tanya jawab, tugas kelompok
Sumatif: Tes
Hukum Newton, Gaya, Gerak Partikel Kuliah, Demonstrasi, Diskusi, Case Method Tugas 6 & 7: Memecahkan masalah dan membuat video
7 Menghubungkan konsep usaha dan energi dengan AI. Formatif: Tanya jawab, tugas individu
Sumatif: Tes
Usaha, Energi Potensial, Energi Kinetik, Hukum Kekekalan Energi Kuliah, Demonstrasi, Diskusi, Case Method Tugas 8: Memecahkan masalah menggunakan AI
8 Ujian Tengah Semester
9 Membandingkan penyelesaian masalah kinematika rotasi dengan AI. Formatif: Tanya jawab, tugas individu
Sumatif: Tes
Kinematika Gerak Rotasi, GMB, GMBB Kuliah, Demonstrasi, Diskusi, Case Method Tugas 9: Memecahkan masalah menggunakan AI
10 Membandingkan penyelesaian masalah dinamika rotasi dengan AI. Formatif: Tanya jawab, tugas individu
Sumatif: Tes
Dinamika Gerak Rotasi, Torsi, Momen Inersia Kuliah, Demonstrasi, Diskusi, Case Method Tugas 10: Memecahkan masalah menggunakan AI
11 Menelaah alternatif penyelesaian masalah kesetimbangan benda tegar dengan AI. Formatif: Tanya jawab, tugas individu
Sumatif: Tes
Kesetimbangan Benda Tegar, Pusat Massa, Titik Berat Kuliah, Demonstrasi, Diskusi, Case Method Tugas 11: Memecahkan masalah menggunakan AI
12 Membandingkan solusi masalah fluida statis dengan AI. Formatif: Tanya jawab, tugas individu
Sumatif: Tes
Fluida Statis, Tekanan Hidrotatis, Hukum Pascal, Archimedes Kuliah, Demonstrasi, Diskusi, Case Method Tugas 12: Memecahkan masalah menggunakan AI
13 Membandingkan solusi masalah fluida dinamis dengan AI. Formatif: Tanya jawab, tugas individu
Sumatif: Tes
Fluida Dinamis, Hukum Kontinuitas, Persamaan Bernouli Kuliah, Demonstrasi, Diskusi, Case Method Tugas 13: Memecahkan masalah menggunakan AI
14,15 Membandingkan hasil pemecahan masalah suhu dan kalor dengan AI. Formatif: Tanya jawab, tugas individu
Sumatif: Tes
Suhu, Kalor, Pemuaian, Perubahan Wujud, Asas Black Kuliah, Demonstrasi, Diskusi, Case Method Tugas 14: Memecahkan masalah menggunakan AI
16 Ujian Akhir Semester

Baca Juga: Kalkulus