RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATAKULIAH ASESMEN PEMBELAJARAN FISIKA

ASESEMEN PEMBELAJARAN FISIKA
  • CPL3: Menguasai konsep dasar dan teori kependidikan yang mencakup perkembangan peserta didik, pedagogi, teori-teori belajar, standar-standar pendidikan, hakikat sains dan pola pikir ilmiah    
  • CPL4: Mampu merancang, melaksanakan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran yang sesuai dengan teori dan konsep pedagogi, karakteristik dan kebutuhan peserta didik dan tujuan pembelajaran. 
  • CPMK1: Menguasai Konsep dan Teknik Asesmen: Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan berbagai konsep, prinsip, dan teknik asesmen yang relevan dalam pembelajaran fisika, termasuk asesmen formatif, sumatif, diagnostik, dan autentik.
  • CPMK2: Merancang Instrumen Asesmen: Mahasiswa dapat merancang berbagai instrumen asesmen yang valid dan reliabel untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa dalam pembelajaran fisika, baik secara teori maupun praktis.
  • CPMK 3: Menganalisis Data Asesmen: Mahasiswa memiliki keterampilan untuk menganalisis dan menginterpretasikan data hasil asesmen, serta mampu memberikan umpan balik yang konstruktif kepada peserta didik untuk mendukung peningkatan belajar.
  • CPMK 4: Mengintegrasikan Asesmen dalam Pembelajaran: Mahasiswa mampu mengintegrasikan asesmen ke dalam proses pembelajaran fisika untuk mendorong pembelajaran yang lebih efektif dan berpusat pada siswa.
  • CPMK 5: Memanfaatkan Teknologi dalam Asesmen: Mahasiswa dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam pelaksanaan asesmen pembelajaran fisika, termasuk penggunaan aplikasi dan software yang mendukung kegiatan asesmen.
  • Sub CPMK 1:Menguasai Konsep Dasar Asesmen dalam Pembelajaran Fisika
  • Sub CPMK 2: Menerapkan Prinsip-prinsip Validitas dan Reliabilitas dalam Asesmen Fisika
  • Sub CPMK 3: Mengidentifikasi dan Membedakan Jenis-jenis Asesmen dalam Pembelajaran Fisika
  • Sub CPMK 4: Merancang Instrumen Asesmen yang Autentik dan Kontekstual
  • Sub CPMK 5: Mengembangkan Instrumen Asesmen dengan Teknik yang Tepat
  • Sub CPMK 6: Menganalisis dan Menginterpretasikan Data Hasil Asesmen
  • Sub CPMK 7: Mengintegrasikan Teknologi dalam Proses Asesmen

Statistik Pendidikan

Mata kuliah “Assesmen Pembelajaran Fisika” di Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Tadulako, dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan dalam merancang, mengembangkan, serta menerapkan berbagai metode asesmen yang relevan dalam pembelajaran fisika. Mata kuliah ini mencakup prinsip-prinsip dasar evaluasi pendidikan, jenis-jenis asesmen (formatif, sumatif, diagnostik), teknik penyusunan instrumen evaluasi, analisis hasil asesmen, serta penerapan asesmen dalam konteks pembelajaran fisika di berbagai jenjang pendidikan. 

Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menyusun instrumen evaluasi yang valid dan reliabel, menginterpretasi data asesmen secara tepat, serta mengaplikasikan hasil asesmen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fisika. Mata kuliah ini juga membahas tentang penggunaan teknologi dalam asesmen serta pentingnya penilaian berbasis kompetensi untuk mengukur ketercapaian hasil belajar peserta didik secara holistik. 

Baca Juga: Kimia Dasar
  • Pendahuluan 

    • Definisi dan konsep dasar asesmen pembelajaran 
    • Pentingnya asesmen dalam pembelajaran fisika 
    • Tujuan perkuliahan 

    Prinsip-prinsip Asesmen Pembelajaran Fisika 

    Baca Juga: Kalkulus
    • Validitas dan reliabilitas 
    • Objektivitas dan fairness 
    • Autentisitas dan kontekstualitas 

    Jenis-jenis Asesmen dalam Pembelajaran Fisika 

    • Asesmen formatif vs sumatif 
    • Asesmen diagnostik 
    • Asesmen kinerja dan proyek 
    • Asesmen berbasis portofolio 

     Teknik dan Instrumen Asesmen Pembelajaran Fisika 

    Baca Juga: Bahasa Inggris
    • Tes tertulis (pilihan ganda, uraian) 
    • Asesmen praktikum dan eksperimen 
    • Observasi dan rubrik penilaian 
    • Self dan peer assessment 

    Pengembangan Instrumen Asesmen Fisika 

    • Analisis kompetensi dan indikator 
    • Penyusunan kisi-kisi 
    • Penulisan butir soal dan rubrik 
    • Validasi dan uji coba instrument 

    Analisis Hasil Asesmen 

    • Analisis butir soal (tingkat kesukaran, daya beda) 
    • Interpretasi skor dan nilai 
    • Pemanfaatan hasil asesmen untuk perbaikan pembelajaran 

    Asesmen Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran Fisika 

    • Penggunaan simulasi PhET dalam asesmen 
    • Computer-based testing dan online assessment 
    • Asesmen menggunakan multimedia interaktif 

    Isu-isu Kontemporer dalam Asesmen Pembelajaran Fisika 

    • Asesmen untuk pembelajaran abad 21 
    • Asesmen literasi sains dan STEM 
    • Asesmen berbasis kearifan local 

    Praktik dan Studi Kasus 

    • Pengembangan instrumen asesmen untuk topik-topik fisika tertentu 
    • Analisis hasil asesmen nasional (UN) untuk pemetaan kompetensi siswa 
    • Penerapan asesmen metacognition dalam pemecahan masalah Fisika 

    Evaluasi dan Refleksi 

    • Evaluasi efektivitas asesmen 
    • Refleksi dan perbaikan proses asesmen 

Utama: 

  • Anderson, L.W., & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. 
  • Popham, W.J. (2017). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know. 
  • Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. 

Pendukung: 

  • Haeruddin, Prasetyo, Z.K. (2020). The Development of a Metacognition Instrument for College Students to Solve Physics Problems. International Journal of Instruction, 13(1), 767-782. 
  • Saehana, S., Kasim, S., & Haeruddin. (2011). Studi awal miskonsepsi mekanika pada guru fisika SMA di Kota Palu. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. 
  • Lembah, G., Tellu, A.T., Juraid, J., Mahpudz, A., & Haeruddin, H. (2011). Analisis Kebijakan Hasil Ujian Nasional SMA/MA Untuk Memetakan Tingkat Kompetensi Siswa Dan Mutu Penyelenggaraan Pendidikan Di Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Kreatif Tadulako, 15(1), 1-8. 
  • Haeruddin, Kamaluddin, K., Kade, A., & Pabianan, A.R. (2022). Analysis of Attitudes and Approaches to Problem Solving: Gender Differences and Education Levels. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 15(1), 12-21. 
  • Musyarofah, A.A.S., Anggraini, A.L., Sudarti, S., Jamhari, M., & Haeruddin, H. (2023). Analysis of the Comparison of Science Literacy Skills of Students at MTS Nurul Huda Situbondo in Solving PISA Science Problems. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 2507-2516. 
  • Haeruddin, H., Jusman, J., Nurjannah, N., & Zaky, M. (2023). Instrumen Gaya Berpikir: Membantu Adaptasi Kognitif dalam Penyelesaian Masalah Fisika. Media Eksakta, 19(1), 15-21. 
  • Haeruddin, S., Werdhina, I.K., Jarnawi, M., Syamsuriwal, & Kun, Z. (2023). Metacognition and Thinking Style: Unlocking the Potential of Physics Problem Solving. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 11429-11440. 
  • Haeruddin, P. (2020). The Development of a Metacognition Instrument for College Students to Solve Physics Problems. International Journal of Instruction, 13(1), 767-782. 
  • Suwarto, et al. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja Laboratorium pada Materi Fisika Untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13(2), 75-82. 
  • Nur, M., et al. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Kemampuan Inkuiri Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 168-181. 

Pembelajaran Asesmen Pembelajaran Fisika

PertKemampuan Yang Diharapkan (SUB-CPMK)PenilaianBentuk Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Penugasan Mahasiswa, [Estimasi Waktu]Materi PembelajaranBobot Pen (%)
1Menguasai Konsep Dasar Asesmen dalam Pembelajaran FisikaKriteria: …
Bentuk Penilaian: …
Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning
Metode Pembelajaran: Ceramah dan diskusi
Penugasan Mahasiswa: …
Definisi, konsep dasar asesmen, dan tujuan asesmen dalam pembelajaran fisika5
2Menerapkan Prinsip-prinsip Validitas dan Reliabilitas dalam Asesmen FisikaKriteria: …
Bentuk Penilaian: …
Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning
Metode Pembelajaran: Ceramah dan diskusi
Penugasan Mahasiswa: …
Validitas, reliabilitas, objektivitas, fairness dalam asesmen5
3Mengidentifikasi dan Membedakan Jenis-jenis Asesmen dalam Pembelajaran FisikaKriteria: …
Bentuk Penilaian: …
Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning
Metode Pembelajaran: Ceramah dan diskusi kelompok
Penugasan Mahasiswa: …
Jenis-jenis asesmen: formatif, sumatif, diagnostik5
4Merancang Instrumen Asesmen yang Autentik dan KontekstualKriteria: …
Bentuk Penilaian: …
Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning
Metode Pembelajaran: Ceramah dan studi kasus
Penugasan Mahasiswa: …
Penyusunan kisi-kisi dan penulisan butir soal10
5Mengembangkan Instrumen Asesmen dengan Teknik yang TepatKriteria: …
Bentuk Penilaian: …
Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning
Metode Pembelajaran: Praktikum
Penugasan Mahasiswa: …
Teknik pengembangan dan validasi instrumen asesmen10
6Menganalisis dan Menginterpretasikan Data Hasil AsesmenKriteria: …
Bentuk Penilaian: …
Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning
Metode Pembelajaran: Ceramah dan diskusi
Penugasan Mahasiswa: …
Teknik analisis data hasil asesmen, interpretasi skor dan nilai10
7Menggunakan Hasil Asesmen untuk Meningkatkan Pembelajaran FisikaKriteria: …
Bentuk Penilaian: …
Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning
Metode Pembelajaran: Diskusi dan studi kasus
Penugasan Mahasiswa: …
Penggunaan hasil asesmen untuk perbaikan pembelajaran5
8Memanfaatkan Teknologi dalam Asesmen Pembelajaran FisikaKriteria: …
Bentuk Penilaian: …
Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning
Metode Pembelajaran: Praktikum
Penugasan Mahasiswa: …
Penggunaan simulasi dan e-assessment dalam pembelajaran fisika10
9Menerapkan Asesmen dalam Konteks KontemporerKriteria: …
Bentuk Penilaian: …
Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning
Metode Pembelajaran: Diskusi dan studi kasus
Penugasan Mahasiswa: …
Penerapan asesmen kontemporer, literasi sains dan STEM10
10Melakukan Evaluasi dan Refleksi Terhadap Proses AsesmenKriteria: …
Bentuk Penilaian: …
Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning
Metode Pembelajaran: Diskusi dan Refleksi kelompok
Penugasan Mahasiswa: …
Evaluasi dan refleksi terhadap asesmen10
11Melaksanakan Praktik Asesmen melalui Studi KasusKriteria: …
Bentuk Penilaian: …
Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning
Metode Pembelajaran: Studi kasus dan diskusi kelompok
Penugasan Mahasiswa: …
Studi kasus pengembangan instrumen asesmen10
12Melaksanakan Praktik Asesmen melalui Studi KasusKriteria: …
Bentuk Penilaian: …
Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning
Metode Pembelajaran: Praktikum
Penugasan Mahasiswa: …
Implementasi asesmen dalam kelas atau simulasi10
13Menyusun Laporan Asesmen yang KomprehensifKriteria: …
Bentuk Penilaian: …
Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning
Metode Pembelajaran: Diskusi dan presentasi
Penugasan Mahasiswa: …
Teknik penyusunan laporan asesmen10
14Mampu Mempertanggungjawabkan Hasil AsesmenKriteria: …
Bentuk Penilaian: …
Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning
Metode Pembelajaran: Diskusi dan presentasi
Penugasan Mahasiswa: …
Presentasi hasil asesmen5
15Mengkritisi dan Memberikan Umpan Balik terhadap Laporan AsesmenKriteria: …
Bentuk Penilaian: …
Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning
Metode Pembelajaran: Diskusi dan refleksi
Penugasan Mahasiswa: …
Review dan umpan balik laporan5
16Mengintegrasikan Seluruh Pemahaman Tentang Asesmen dalam Pembelajaran FisikaKriteria: …
Bentuk Penilaian: …
Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning
Metode Pembelajaran: Diskusi dan refleksi
Penugasan Mahasiswa: …
Evaluasi akhir dan penutupan5

Bobot Penilaian 

  • Bobot Case Method atau Proyek: 50   
  • Partisipasi dalam kelas/forum LMS: 20 
  • UTS atau UAS : 30 

Baca Juga: Mekanika