Statistik Pendidikan
Mata kuliah “Assesmen Pembelajaran Fisika” di Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Tadulako, dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan dalam merancang, mengembangkan, serta menerapkan berbagai metode asesmen yang relevan dalam pembelajaran fisika. Mata kuliah ini mencakup prinsip-prinsip dasar evaluasi pendidikan, jenis-jenis asesmen (formatif, sumatif, diagnostik), teknik penyusunan instrumen evaluasi, analisis hasil asesmen, serta penerapan asesmen dalam konteks pembelajaran fisika di berbagai jenjang pendidikan.Â
Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menyusun instrumen evaluasi yang valid dan reliabel, menginterpretasi data asesmen secara tepat, serta mengaplikasikan hasil asesmen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fisika. Mata kuliah ini juga membahas tentang penggunaan teknologi dalam asesmen serta pentingnya penilaian berbasis kompetensi untuk mengukur ketercapaian hasil belajar peserta didik secara holistik.Â
PendahuluanÂ
|
Prinsip-prinsip Asesmen Pembelajaran Fisika Baca Juga: Kalkulus
|
Jenis-jenis Asesmen dalam Pembelajaran FisikaÂ
|
 Teknik dan Instrumen Asesmen Pembelajaran Fisika Baca Juga: Bahasa Inggris
|
Pengembangan Instrumen Asesmen FisikaÂ
|
Analisis Hasil Asesmen Baca Juga: Pengantar Pendidikan
|
Asesmen Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran FisikaÂ
|
Isu-isu Kontemporer dalam Asesmen Pembelajaran Fisika Baca Juga: Praktikum Fisika Dasar 1
|
Praktik dan Studi KasusÂ
|
Evaluasi dan Refleksi Baca Juga: Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
Utama:Â
Pendukung:Â
Pert | Kemampuan Yang Diharapkan (SUB-CPMK) | Penilaian | Bentuk Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Penugasan Mahasiswa, [Estimasi Waktu] | Materi Pembelajaran | Bobot Pen (%) |
---|---|---|---|---|---|
1 | Menguasai Konsep Dasar Asesmen dalam Pembelajaran Fisika | Kriteria: … Bentuk Penilaian: … | Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning Metode Pembelajaran: Ceramah dan diskusi Penugasan Mahasiswa: … | Definisi, konsep dasar asesmen, dan tujuan asesmen dalam pembelajaran fisika | 5 |
2 | Menerapkan Prinsip-prinsip Validitas dan Reliabilitas dalam Asesmen Fisika | Kriteria: … Bentuk Penilaian: … | Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning Metode Pembelajaran: Ceramah dan diskusi Penugasan Mahasiswa: … | Validitas, reliabilitas, objektivitas, fairness dalam asesmen | 5 |
3 | Mengidentifikasi dan Membedakan Jenis-jenis Asesmen dalam Pembelajaran Fisika | Kriteria: … Bentuk Penilaian: … | Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning Metode Pembelajaran: Ceramah dan diskusi kelompok Penugasan Mahasiswa: … | Jenis-jenis asesmen: formatif, sumatif, diagnostik | 5 |
4 | Merancang Instrumen Asesmen yang Autentik dan Kontekstual | Kriteria: … Bentuk Penilaian: … | Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning Metode Pembelajaran: Ceramah dan studi kasus Penugasan Mahasiswa: … | Penyusunan kisi-kisi dan penulisan butir soal | 10 |
5 | Mengembangkan Instrumen Asesmen dengan Teknik yang Tepat | Kriteria: … Bentuk Penilaian: … | Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning Metode Pembelajaran: Praktikum Penugasan Mahasiswa: … | Teknik pengembangan dan validasi instrumen asesmen | 10 |
6 | Menganalisis dan Menginterpretasikan Data Hasil Asesmen | Kriteria: … Bentuk Penilaian: … | Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning Metode Pembelajaran: Ceramah dan diskusi Penugasan Mahasiswa: … | Teknik analisis data hasil asesmen, interpretasi skor dan nilai | 10 |
7 | Menggunakan Hasil Asesmen untuk Meningkatkan Pembelajaran Fisika | Kriteria: … Bentuk Penilaian: … | Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning Metode Pembelajaran: Diskusi dan studi kasus Penugasan Mahasiswa: … | Penggunaan hasil asesmen untuk perbaikan pembelajaran | 5 |
8 | Memanfaatkan Teknologi dalam Asesmen Pembelajaran Fisika | Kriteria: … Bentuk Penilaian: … | Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning Metode Pembelajaran: Praktikum Penugasan Mahasiswa: … | Penggunaan simulasi dan e-assessment dalam pembelajaran fisika | 10 |
9 | Menerapkan Asesmen dalam Konteks Kontemporer | Kriteria: … Bentuk Penilaian: … | Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning Metode Pembelajaran: Diskusi dan studi kasus Penugasan Mahasiswa: … | Penerapan asesmen kontemporer, literasi sains dan STEM | 10 |
10 | Melakukan Evaluasi dan Refleksi Terhadap Proses Asesmen | Kriteria: … Bentuk Penilaian: … | Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning Metode Pembelajaran: Diskusi dan Refleksi kelompok Penugasan Mahasiswa: … | Evaluasi dan refleksi terhadap asesmen | 10 |
11 | Melaksanakan Praktik Asesmen melalui Studi Kasus | Kriteria: … Bentuk Penilaian: … | Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning Metode Pembelajaran: Studi kasus dan diskusi kelompok Penugasan Mahasiswa: … | Studi kasus pengembangan instrumen asesmen | 10 |
12 | Melaksanakan Praktik Asesmen melalui Studi Kasus | Kriteria: … Bentuk Penilaian: … | Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning Metode Pembelajaran: Praktikum Penugasan Mahasiswa: … | Implementasi asesmen dalam kelas atau simulasi | 10 |
13 | Menyusun Laporan Asesmen yang Komprehensif | Kriteria: … Bentuk Penilaian: … | Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning Metode Pembelajaran: Diskusi dan presentasi Penugasan Mahasiswa: … | Teknik penyusunan laporan asesmen | 10 |
14 | Mampu Mempertanggungjawabkan Hasil Asesmen | Kriteria: … Bentuk Penilaian: … | Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning Metode Pembelajaran: Diskusi dan presentasi Penugasan Mahasiswa: … | Presentasi hasil asesmen | 5 |
15 | Mengkritisi dan Memberikan Umpan Balik terhadap Laporan Asesmen | Kriteria: … Bentuk Penilaian: … | Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning Metode Pembelajaran: Diskusi dan refleksi Penugasan Mahasiswa: … | Review dan umpan balik laporan | 5 |
16 | Mengintegrasikan Seluruh Pemahaman Tentang Asesmen dalam Pembelajaran Fisika | Kriteria: … Bentuk Penilaian: … | Bentuk Pembelajaran: Classical discussion, Contextual Learning Metode Pembelajaran: Diskusi dan refleksi Penugasan Mahasiswa: … | Evaluasi akhir dan penutupan | 5 |
Bobot PenilaianÂ