Tracer Study

No.

JenisKemampuan

TanggapanPihakPengguna

Rencana Tindak Lanjut oleh Program Studi

SangatBaik

Baik

Cukup

Kurang

(%)

(%)

(%)

(%)

1

Integritas (etika dan moral)

75,49

24,51

0

0

Penguatan aspek etika dan moral melalui proses pembelajaran, terutama pada mata kuliah pendidikan agama, pendidikan pancasila, pendidikan kewarganegaraan, dan pendidikan karakter dan anti korupsi serta Penguatan soft skill, melalui pembinaan dalam perkuliahan, dan bimbingan dosen wali

2

Keahlian berdasarkan bidang ilmu (profesionalisme)

50,98

49,02

0

0

Penguatan kompetensi keilmuan lebih lanjut, khususnya pada perkuliahan bidang keilmuan dan PPLyang terintegrasi dengan KKN

3

BahasaInggris

9,80

60,80

 24,50

4,90

Mengintensifkan perkuliahan berbahasa Inggris, pemberian tugas-tugas, penelusuran artikeldan jurnal menggunakan referensi berbahasa inggris, peningkatan mutu pembelajaran mata kuliah bahasa inggris (Bahasa inggris profesi).

4

Penggunaan Teknologi Informasi

(Perlu data baru)

58,82

29,41

11,77

0

Meningkatkan intensitas praktek komputer dengan perangkat lunak dan perangkat keras terkini, pemanfaatan ICT untuk komunikasi, dan penggunaan media pembelajaran berbasis ICT, serta menambah fasilitas pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi.

5

Komunikasi

34,31

65,69

0

0

Penguatan keterampilan berkomunikasi (soft skill) pada matakuliah dan Peningkatan animo berorganisasi.

6

Kerjasama tim

58,82

41,18

0

0

Mengoptimalkan penerapan metode dan strategi pembelajaran yang berbasis kerjasama kelompok dan Penguatan lebih lanjut mengenai kemampuan alumni dalam mengenal lingkungan dunia kerja (telah dilakukan melalui program PPL Terpadu)dan penguatan peran HIMAFI

7

Pengembangan diri

29,41

70,59

0

0

Peningkatan animo berlembaga baik di tingkat jurusan/program studi, fakultas, maupun universitas dan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan bakat dan minat melalui kegiatan ekstra kurikuler dibawah bimbingan dosen serta penguatan peran HIMAFI.

Total

45.38

48.74

5.18

0.70