Pelaksanaan ujian akhir semester (UAS) di FKIP Universitas Tadulako akan mulai dilakukan pada tanggal 12 s.d. 24 juni tahun ini. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP Universitas Tadulako: Dr. H. Ansyari Syafar, M.Sc dalam pertemuan dengan para ketua jurusan, koordinator prodi, kepala bagian dan kepala sub bagian di lingkungan FKIP kemarin (29 Mei 2017). Pengumpulan DPNA juga ditetapkan paling lambat 30 Juni 2017. Perkuliahan di FKIP akan memasuki minggu tenang pada rentang 5 s.d. 11 Juni 2017. Adanya bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri tidak menyurutkan semangat civitas akademika untuk menghelat agenda ini sesuai kalender akademik.

Rapat yang dilaksanakan di ruang pertemuan FKIP tersebut juga membicarakan penyelesaian studi mahasiswa angkatan 2010 yang telah memasuki masa kritis. Koordinator program studi pendidikan fisika, Dr. Sahrul Saehana, menyampaikan bahwa pada minggu ini sejumlah mahasiswa angkatan 2010 dari prodi pendidikan fisika akan segera melakukan ujian. Hal ini merupakan upaya prodi untuk membantu penyelesaian studi akhir mahasiswa. Beliau juga meminta kepada pimpinan fakultas agar mahasiswa yang telah memprogramkan skripsi bisa disetujui untuk ujian akhir (sidang skripsi) walaupun beberapa mata kuliah yang diprogramkan, seperti PPLT, masih sementara berjalan. Hal ini untuk membantu mahasiswa agar tidak perlu membayar SPP pada semester berikutnya. Usul tersebut mewacana di FKIP sejak kedatangan tim asesor yang mengunjungi Program Studi Pendidikan Matematika dalam rangka penilaian kembali akreditasi prodi dua pekan lalu, lanjutnya.

Menanggapi hal tersebut, Dr. Anshari, menginginkan agar perubahan dilakukan dulu pada Panduan Akademik FKIP agar fakultas punya dasar untuk menjalankan sebuah regulasi baru. Semoga hal ini bisa segera terealisasi agar masa studi dan beban mahasiswa bisa berkurang.

LEAVE A REPLY