Amiruddin kade, S.Pd, M.Si dan Supriyatman, S.Si, M.Pd

 


 

Setelah menyelesaikan tahap uji coba yang dilakukan pada tahun pertama (2012) dan melakukan revisi berdasarkan hasil uji coba, maka tahap berikutnya adalah tahap implementasi. Implementasi dilakukan di tiga sekolah SMP SATAP di Kabupaten Parigi Moutong sebagai sampel yang kami anggap dapat mewakili populasi. Implementasi hasil pengembangan perangkat pembelajaran fisika sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran fisika dan mengembangkan kemampuan memecahkan masalah siswa SMP se Kabupaten Parigi Moutong.

Hasil implementasi di tiga sekolah yang menjadi sampel menunjukkan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran berbasis siklus belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik pemahaman konsep maupun kemampuan memecahkan masalah. Penggunaan perangkat juga efektif dalam meningkatkan ketuntasan belajar dalam segi pemahaman konsep baik individu maupun klasikal. Pemecahan masalah yang digunakan siswa umumnya adalah memory based approach.

Tanggapan posisi dari guru maupun siswa terhadap produk pembelajaran ini terlihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa dan antusiasme siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Meskipun demikian pengalaman guru dan kelengkapan sarana laboratorium sangat mendukung implementasi ini.

LEAVE A REPLY