Dr. Jusman Mansyur, M.Si setelah mengajukan patennya pada tahun 2014, akhirnya tahun ini terbit berita paten tentang peneletiannya yang berkaitan dengan Fisika Material. Adalah Aplikasi Device untuk Sensor Medan Magnet. Perlu diketahui, penelitian itu dilakukannya sebelum s2, pada tahun 2007 dan diusulkan setelah s3. Penelitian tersebut digunakan untuk pengayaan materi kuliah fisika zat padat.

Tahun ini, Dr. Jusman akan mengajukan kembali ke dikti untuk mendaftarkan paten penelitiannya pada Hak kekayaan intelektual. Kali ini tentang alat demonstrasi untuk percobaan Hukum 3 Newton pada Kasus Gaya Impuls yang pernah digunakan untuk memberikan pelatihan pada guru SMA di kota palu.

Sejauh ini, penelitian tersebut sudah dilakukan pada mahasiswa angkatan 2014 pendidikan fisika. Berdasarkan hasil yang diperoleh, terdapat perubahan konsepsi sebelum dan sesudah dengan penggunaan alat demonstrasi tersebut, berdasarkan struktur pembalajaran yang didesain.

‘’ Hasil test berupa pre experiment gain ternormalisasi yang diperoleh 72 persen dari 41 orang N gain, pre post di pendidikan fisika. Akan diajukan pada tahun 2015 ini. Alat ini untuk melihat gaya impuls, meskipun ada konsep pegas dan tali di dalamnya’’ ungkapnya.

Menurutnya, alat demontrasi ini memiliki kelebihan mudah dibawa kemana-mana, mudah dirakit sehingga mahasiswa bisa langsung menyaksikan. ‘’Selama ini, Hukum 3 Newton dalam jurnal internasional konsep percobaannya berbasis computer (comp_base experiment) yang selama ini kita gunakan di lab fisika yang menggunakan sensor gaya.

Alat demonstrasi itu menggambarkan dua benda yang berbeda sehingga memiliki massa yang berbeda pula. Saat bertumbukan, akan membuktikan bahwa gaya yang dimiliki sama. Bukan konsep yang sering kita dapati, bahwa gayanya berbeda. Ly

LEAVE A REPLY