Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:”Table Normal”; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:””; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:”Calibri”,”sans-serif”; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:”Times New Roman”; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:”Times New Roman”; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

2 dosen fisika dalam proses meraih paten. Mereka adalah Dr. Sahrul dan Dr. Syamsu yang namanya tercantum dalam berita paten yang diterbitkan oleh hak kekayaan intelektual.

Menurut Dr. Sahrul, dalam berita patennya, penelitian yang diajukan adalah Metode Pembuatan Sel Surya dengan Penyemprotan TiO2.  

Menurut keteranganya, Keunggulannya metode ini adalah mudah dibuat, sederhana sehingga berbiaya rendah, low cost. Sehingga untuk pembiayaannya sangat dimungkinkan.

Dengan judul penelitian yang berbda Drs. Syamsu, M.Si sejak tahun 2010 namanya sudah ada dalam berita paten. Mengangkat judul Metode Penumbuhan Lapisan Tipis Berbasis Silikon dengan Sistem Hot Wire Plasma Enhanced Chemical Vapor Deposition (HW PECVD) dan Peralatannya.

Menurut keterangan Drs. Syamsu patennya ini telah diajukan sejak tahun 2008 dan baru diterbitkan dalam berita paten pada tahun 2010. Kemudian pada tahun 2014 kemarin sudah dikonfirmasi bahwa tidak ada yang mengklaim karyanya milik orang lain. ‘’Sejauh ini, karya saya tidak ada yang menggap penelitian yang saya buat merupkan plagiasi selama masa 3 tahun yang ditentukan. Sehingga, saat ini saya tinggal menunggu pemanggilan untuk mendapatkan sertifikat serta nomor paten.’’ Ungkapnya.

Lebih lanjut, Syamsu menjelaskan bahwa sel surya yang akan dibuatnya berbeda dengan sel surya yang sering digunakan di jalan-jalan.  Dengan menggunakan metode ini, sl surya yang dibuatnya memiliki keunggulannya dapat menyimpan panas dengan waktu yang lama. Ly

 

LEAVE A REPLY