Mahasiswa pendidikan fisika kembali bermain dalam kancah nasional. Muliati Supandi mahasiswa angkatan 2010 dinyatakan lolos sebagai 120 peserta terbaik dalam seleksi nuclear youth summit (NYS) yang diikuti lebih 500 pendaftar yang berasal dari perguruan tinggi negeri (PTN)/perguruan tinggi suasta (PTS) di seluruh Indonesia.

22 s.d 24 dirinya diundang dalam ajang NYS yang digelar di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, dengan mengangkat tema ‘Let’s Start the Future, Today!’

Merupakan suatu kebanggaan bagi Universitas Tadulako karena dirinya adalah satu-satunya perwakilan mahasiswa asal Sulawesi tengah (SulTeng).

Menurut keterangannya, seleksi NYS dilaksanakan setahun sekali. Kegiatan yang akomodasinya ditanggung oleh panitia itu adalah ajang keren yang dinanti-nanti oleh mahasiswa khususnya fisika dan mahasiswa yang bergelut dalam bidang nuklir.

‘’NYS ini diselenggarakan oleh Komunitas Muda Nuklir (KOMMUN) dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Ajang ini adalah perkumpulan pemuda Indonesia yang akan menentukan nasib penggunaan teknologi nuklir di Indonesia kedepannya’’ ungkapnya.

Lebih lanjut muli menjelaskan, keikutsertaannya dalam mengikuti NYS adalah bentuk kepeduliannya terhadap masa depan bangsa ini kedepannya dalam perwujudan pembangunan PLTN.

‘’Sebagaimana diketahui, PLTN memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan PLTU seperti ramah lingkungan, harga murah, serta bahan baku yang melimpah,” ujarnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 120 peserta dari Indonesia dan 30 peserta dari Malaysia, Thailand, Vietnam, Philipina, Australia, Bangladesh, dan Uni Emirat Arab, menghadiri wadah yang diperuntukkan kepada kaum muda yang mempunyai kepedulian dan ketertarikan terhadap perkembangan iptek nuklir baik secara nasional maupun internasional. Sm

LEAVE A REPLY