Setelah sebelumnya, mahasiswa pendidikan fisika pada tahun 2012 Nurgan Tadeko menjadi penerima Beasiswa Djarum Plus (Beswan), Made mahasiswa angkatan 2011 kembali membawa harum nama program studi pendidikan fisika sebagai penerima Beswan tahun 2013.

            Made mengungkapkan total beasiswa yang diterimanya adalah sebesar 9 juta yang diperolehnya dalam setahun. Pada saat presentasi, dirinya menjadi pemenang juga sehingga mendapatkan uang tambahan sebesar Rp. 750.000.

Untuk menjadi penerima Beswan, mahasiswa angkatan 2011 itu melewati serangkaian tahap seleksi yang dimulai dari seleksi berkas yang dikirim ke pusat melewati lewat pos, dilanjutkan dengan tes pengetahuan awal (TPA) dan berujung pada tes wawancara yang akan menentukan peserta layak atau tidak untuk menjadi penerima beasiswa.

Perasaan Made diungkapkannya saat dinyatakan menjadi salah satu penerima dari 2 orang yang terpilih pada bulan juli lalu. ‘’Puji Tuhan, saya sangat bersyukur bisa menjadi penerima Beswan tahun ini. Selain mendapatkan bantuan untuk biaya pendidikan, soft skill saya juga bertambah karena diberikan pelatihan,’’ ungkapnya.

Dengan menjadi penerima Beswan, banyak pengalaman yang diperoleh oleh mahasiswa yang kesehariannya aktif di lab. ‘’Adanya kegiatan yang dipelopori oleh beswan membuat saya mengenal teman-teman dari seluruh universitas di Indonesia, bertukar pikiran, serta mengerti arti kepemimpinan yang sebenarnya. Kegiatan tersebut diantaranya adalah Nation Building yang dilaksanakan di semarang, karakter building yang berlangsung di Bandung dan terakhir adalah Leadership Development yang diselenggarakan di Jogja.’’ Imbuhnya.

Sebelum menutup, Made memberikan tips agar bisa lolos Beswan. ‘’Mulailah aktif di organisasi sejak mulai kuliah. Ikuti event-event positif sebanyak-banyaknya dan belajar yang rajin agar IPKnya bagus. Pada saat mengikuti seleksi, usahakan bersikap jujur, tenang sehingga bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan benar. Terakhir, setelah melakukan itu semua kita harus banyak berdoa.’’ Pesannya. Ly

 

LEAVE A REPLY