Sample image

Tanggal 22 dan 29 November 2014 yang lalu beberapa dosen Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako bertolak dari kampus bumi tadulako tondo menuju Kelurahan Layana dengan tujuan melaksanakan pengabdian masyarakat yang merupakan kegiatan PS Pendidikan Fisika UNTAD. Bertempat di Sekolah SATAP Layana, tim pengabdian masyarakat yang terdiri dari Syamsu, Sahrul Saehana, dan I Ketut Alit dibantu staf pendukung Nurgan, S.Pd. memberi sosialisasi dan pendampingan kepada guru–guru. Para guru yang tergabung dalam KKG (Kelompok Kerja Guru) SD di Kelurahan Layana Kecamatan Mantikolore mengikuti sosialisasi dan pendampingan dengan sangat antusias.

Sosialisasi dan pendampingan yang dilakukan adalah implementasi Kurukulum 2013 dan demonstrasi penggunaan alat peraga sederhana di bidang pembelajaran sains khususnya fisika SD. Menurut Sahrul Saehana sebagai salah satu anggota tim,”Alat peraga sederhana yang didemontasiskan ini sebagai salah media yang dapat digunakan saat melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintific yang meliputi tahap mengamati, menaya, melakukan, mempredikasi dan mengkomunikasikan’’.
Pengabdian masyarakat mempunyai agenda yang bertujuan untuk sharing informasi dan sharing ilmu. Tujuan pertama untuk sharing informasi tentang PS Pendidikan Fisika agar dikenal lebih luas. Tujuan kedua yaitu sharing ilmu tentang kurikulum 2013 dan alat peraga dalam kegiatan pembelajaran. Dengan kata lain kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan sebagai partisipasi dalam upaya pemecahan problem pembelajaran di daerah khususnya Tingkat sekolah dasar (*).

LEAVE A REPLY